Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

Biaya Bikin ATM Mandiri

Biaya Bikin ATM Mandiri

Biaya Bikin ATM Mandiri – Seiring dengan berkembangnya era digital seperti sekarang ini, semua transaksi perbankan dapat dilakukan hanya melalui smartphone. Meskipun demikian bukan berarti kartu ATM sudah tidak berfungsi atau tidak diperlukan lagi.

Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya masih ada sebagian masyarakat yang lebih nyaman menggunakan fasilitas ATM dibandingkan layanan Mobile Banking ataupun Internet Banking. Dengan ATM, nasabah dapat melakukan berbagai macam transaksi, entah itu non finansial maupun finansial.

Berbicara mengenai kartu ATM, salah satu bank terbesar di Indonesia yang juga pastinya memiliki fasilitas tersebut yaitu bank Mandiri. Tentunya agar bisa menikmati layanan ATM atau kartu debit, nasabah perlu membuka salah satu jenis TABUNGAN MANDIRI terlebih dahulu.

Selain itu, bank Mandiri juga menetapkan ketentuan mengenai biaya atau tarif pada saat nasabah hendak membuat kartu ATM. Nah, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai besaran biaya bikin ATM Mandiri untuk semua jenis-jenisnya.

Jenis ATM Mandiri

Sebelum membahas biaya bikin ATM Mandiri lebih lanjut, alangkah baiknya ketahui terlebih dahulu mengenai jenis-jenisnya. Hingga saat ini setidaknya bank Mandiri memiliki 9 jenis ATM. Setiap jenis kartu ATM tersebut juga memiliki ketentuan berbeda-beda.

ATM GPN Silver

Biaya Bikin ATM GPN Silver

Jenis kartu ATM atau debit bank Mandiri pertama yaitu GPN Silver. ATM GPN Silver ini bisa didapatkan ketika nasabah membuka Tabungan Mandiri Rupiah ataupun Tabungan Now. Jenis ATM tersebut juga memiliki limit atau batas transaksi paling rendah di antara lainnya.

ATM GPN Gold

Biaya Bikin ATM GPN Gold

ATM GPN Gold juga bisa didapatkan ketika nasabah bikin Tabungan Mandiri Rupiah ataupun Tabungan Now. Jenis ini memiliki limit transaksi tarik tunai di mesin ATM sekitar Rp 10.000.000.

ATM GPN Platinum

Biaya Bikin ATM GPN Platinum

ATM GPN Platinum menjadi kartu debit dengan tingkatan paling tinggi di antara kartu GPN lainnya. Jenis ini memiliki batas maksimal transfer ke sesama Mandiri Rp 100.000.000 dan transfer antar bank Rp 25.000.000.

ATM VISA Gold

ATM VISA Gold

Selain berlogo GPN, bank Mandiri juga memiliki jenis kartu ATM atau debit berlogo VISA. Meskipun demikian, ATM VISA Gold memiliki limit transaksi sama dengan ATM GPN Gold. Hanya saja jenis ATM ini dapat digunakan di dalam negeri ataupun luar negeri.

ATM VISA Platinum

ATM VISA Platinum

ATM VISA Platinum juga batas transaksinya tidak jauh berbeda dengan versi GPN. Hanya berbeda pada desain kartu serta biaya pengelolaan bulanannya karena biasanya jenis VISA memiliki nominal sedikit lebih besar.

ATM VISA Mandiri Garuda

ATM VISA Mandiri Garuda

ATM VISA Mandiri Garuda dikhususkan bagi nasabah yang sekaligus member dari Garuda Indonesia. Untuk cara bikin ATM jenis ini yaitu nasabah hanya perlu mengunjungi kantor cabang Mandiri terdekat lalu utarakan tujuan untuk membuat ATM Mandiri Garuda.

ATM TabunganKu

ATM TabunganKu

ATM TabunganKu merupakan program pemerintah yang diterbitkan secara bersama-sama dengan beberapa pihak perbankan lainnya. Sayangnya kartu ATM jenis ini hanya bisa digunakan untuk setor tunai saja, tidak bisa digunakan untuk mengirim dana.

ATM SimPel

ATM SimPel

Tidak jauh berbeda dengan ATM TabunganKu, ATM SimPel atau Simpanan Pelajar Mandiri juga merupakan program terbitan pemerintah. ATM jenis ini dikhususkan bagi para siswa sekolah guna mengedukasi pentingnya menabung sejak dini. Terlebih lagi nasabah pemilik ATM SimPel tidak akan dikenakan biaya bikin ATM Mandiri ataupun biaya admin bulanan.

ATM Mitra Usaha

ATM Mitra Usaha

Jenis terakhir dari Bank Mandiri yaitu ATM Mitra Usaha. Agar bisa menikmati fasilitas ini, nasabah diharuskan membuka rekening Mandiri Tabungan Mitra Usaha terlebih dahulu. Limit transaksi hariannya sendiri sama dengan ATM GPN Silver.

Biaya Bikin ATM Mandiri

Biaya Bikin ATM Mandiri Semua Jenis

Salah satu keuntungan ketika bikin ATM di bank Mandiri yaitu nasabah bebas memilih sesuai keinginan dan kebutuhan. Namun, setiap jenis ATM juga memiliki ketentuan mengenai biaya atau tarif pada saat pembuatannya.

Biasanya biaya bikin ATM Mandiri meliputi setoran awal, biaya admin bulanan serta biaya penggantian materai. Daripada penasaran, langsung saja simak baik-baik tabel daftar biaya pembuatan kartu ATM bank Mandiri di bawah ini.

Setoran Awal

Jenis ATMSetoran Awal
ATM GPN SilverRp 500.000
ATM GPN GoldRp 500.000
ATM GPN PlatinumRp 500.000
ATM VISA GoldRp 500.000
ATM VISA PlatinumRp 500.000
ATM TabunganKuRp 20.000
ATM SimPelRp 5.000
ATM Mitra UsahaRp 50.000

Biaya Admin Bulanan

Jenis ATMBiaya Admin
ATM GPN SilverRp 2.000
ATM GPN GoldRp 4.500
ATM GPN PlatinumRp 7.500
ATM VISA GoldRp 4.500
ATM VISA PlatinumRp 8.500
ATM TabunganKuGratis
ATM SimPelGratis
ATM Mitra UsahaRp 1.000

Bea Materai

Selain setoran awal dan biaya admin bulanan, nasabah juga diharuskan mempersiapkan biaya bikin ATM Mandiri untuk penggantian materai. Nominal biaya penggantian materai tersebut besarannya mengikuti harga materai saat ini. Jadi, nasabah perlu mempersiapkan biaya lainnya untuk bea materai sebesar Rp 10.500.

Biaya Lainnya

Pada saat proses bikin ATM Mandiri, nasabah juga bisa mengaktivasi layanan e-banking seperti Mobile Banking, Internet Banking serta SMS Banking. Untuk mengaktifkan layanan tersebut nasabah diharuskan memiliki pulsa operator yang mencukupi.

Cara Bikin ATM Mandiri Online

Waktu yang dibutuhkan: 12 menit.

Cara bikin ATM Mandiri kini sudah dapat nasabah lakukan secara online yaitu melalui website https://join.bankmandiri.co.id/. Situs tersebut dapat diakses baik itu melalui ponsel Android ataupun iOs.

  1. Kunjungi Situs Bikin ATM Mandiri Online

    Langkah pertama yaitu kunjungi situs https://join.bankmandiri.co.id/ melalui ponsel Android ataupun iPhone.Kunjungi Situs Bikin ATM Mandiri Online

  2. Pilih Buka Rekening

    Jika sudah berhasil masuk pada halaman utama, akan tersedia beragam pilihan. Cari dan pilihlah menu Buka Rekening.Pilih Buka Rekening

  3. Pilih Produk Tabungan

    Lalu pilihlah produk tabungan bank Mandiri. Produk tersebut juga sudah dilengkapi dengan syarat dan ketentuan mengenai fitur dan biaya layanannya.Pilih Produk Tabungan

  4. Tentukan Jenis ATM

    Kemudian tentukan salah satu jenis kartu ATM Mandiri. Sebaiknya pilihlah sesuai kebutuhan dan keinginan.Tentukan Jenis ATM

  5. Halaman Persetujuan

    Selanjutnya akan muncul beberapa kolom persetujuan bikin ATM Mandiri. Centang semua kolom yang ada lalu tekan Lanjutkan.Halaman Persetujuan

  6. Pengisian Data Diri

    Tahap selanjutnya yaitu pengisian data diri calon nasabah. Isi semua kolom dengan lengkap sesuai kartu identitas diri kalian.Pengisian Data Diri

  7. Unggah Dokumen

    Setelah berhasil mengisi semua data diri, kemudian kalian akan diminta untuk mengunggah dokumen persyaratan seperti KTP dan NPWP.Unggah Dokumen

  8. Konfirmasi Bikin ATM Mandiri

    Langkah berikutnya yaitu konfirmasi bikin ATM Mandiri. Jika semua data yang diinput sudah benar, maka klik Lanjutkan.Konfirmasi Bikin ATM Mandiri

  9. Verifikasi Video Call

    Terakhir lakukan verifikasi bikin ATM Mandiri dengan cara video call (panggilan video) bersama customer service bank Mandiri. Nantinya kalian akan diminta untuk melakukan setoran awal pembuatan ATM. Apabila sudah sampai pada tahap ini, maka ATM Mandiri berhasil dibuat.Verifikasi Video Call

Call Center Bank Mandiri

Di atas sudah kami jelaskan secara lengkap mengenai cara dan biaya bikin ATM Mandiri. Jika masih bingung, kalian juga bisa menanyakan secara langsung dengan cara menghubungi customer service bank Mandiri. Nah, di bawah ini adalah beberapa contact center bank Mandiri yang dapat dihubungi.

  • Mandiri Call : 14000
  • Telepon : +62-21-52997777
  • Fax : +62-21-52997735
  • Email : mandiricare@bankmandiri.co.id
  • Facebook : @bankmandiricare
  • Twitter : @mandiricare
  • Website : https://www.bankmandiri.co.id/

FAQ

Berapa saldo minimal di ATM Mandiri?

Saldo minimal yang harus mengendap di ATM Mandiri yaitu sebesar Rp 100.000.

Bisakah bikin ATM Mandiri tanpa NPWP?

Kini nasabah bisa membuat ATM Mandiri tanpa melampirkan NPWP, asalkan memenuhi syarat dan ketentuan.

Kesimpulan

Dari pembahasan di atas dapat disimpulkan bahwa proses bikin ATM Mandiri memerlukan biaya untuk setoran awal, biaya administrasi bulanan serta biaya penggantian materai. Jadi penerbitan atau pencetakan kartu ATM nasabah tidak akan dikenakan biaya tambahan.

Itulah sekiranya penjelasan seputar biaya bikin ATM Mandiri untuk semua jenisnya beserta tata cara membuatnya versi Biayatarif. Semoga informasi di atas bermanfaat serta bisa kalian jadikan gambaran ketika hendak membuat ATM di bank Mandiri.

Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *