Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

Biaya Ganti Plat Mobil 2021

Biaya Ganti Plat Mobil 2021

Biaya Ganti Plat Mobil 2021 – Penggantian plat nomor mobil merupakan bagian dari pajak kendaraan bermotor yang harus dilakukan oleh setiap pemiliknya. Penggantian plat ini akan dilakukan oleh pemilik kendaraan setiap 5 tahun sekali, terhitung sejak penerbitan STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan) mobil tersebut.

Seperti diketahui, fungsi dari keberadaan plat nomor ini ialah sebagai identitas dari mobil untuk membedakan dengan kendaraan lainnya. Selain itu, melakukan penggantian plat nomor 5 tahun sekali juga menjadi salah satu upaya bagi pemilik kendaraan dalam mematuhi tata tertib berlalu lintas.

Ketika pemilik kendaraan roda 4 hendak mengganti plat nomor, tentunya mereka diwajibkan memenuhi semua syarat serta ketentuan yang berlaku, salah satunya yaitu membayar biaya administrasi layanannya. Selain itu, terdapat beberapa dokumen atau berkas yang juga harus dilengkapi ketika mengajukan penggantian plat nomor mobil.

Oleh sebab itu, sebelum mengganti plat nomor mobil alangkah baiknya ketahui terlebih dahulu apa saja dokumen persyaratannya serta berapa besar biaya administrasinya. Nah, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai rincian biaya ganti plat mobil 2021 beserta syarat dan cara mengurusnya.

Syarat Ganti Plat Mobil 2021

Syarat Ganti Plat Mobil 2021

Seperti dijelaskan di atas, terdapat sejumlah persyaratan yang harus dipersiapkan sebelum berangkat ke kantor Samsat untuk mengurus penggantian nama plat mobil. Sebenarnya syarat ganti plat mobil ini tidak jauh berbeda dengan pembayaran pajak satu tahun sekali, diantaranya yaitu sebagai berikut.

  • KTP asli beserta fotokopi pemilik mobil sesuai dengan STNK.
  • STNK asli beserta fotokopiannya.
  • BPKB asli beserta fotokopiannya.

Apabila kalian membeli mobil bekas dan surat-surat kendaraan seperti STNK atau BPKB masih atas nama pemilik lama, maka kalian harus mengganti nama pemiliknya terlebih dahulu. Oleh sebab itu, sebaiknya cari tahu terlebih dahului mengenai kisaran BIAYA GANTI NAMA BPKB MOBIL sebagai bahan pertimbangan sebelum mengurusnya.

Cara Ganti Plat Mobil 2021

Cara Ganti Plat Mobil 2021

Saat ini proses penggantian plat nomor mobil hanya dapat dilakukan di kantor Samsat sesuai domisili wilayah kepolisian yang tertera di dalam STNK. Nah, sebelum membahas biaya ganti plat mobil 2021 lebih lanjut, ada baiknya ketahui terlebih dahulu bagaimana prosedur atau tata cara mengurusnya.

1. Kunjungi Kantor Samsat

Langkah pertama yaitu kunjungi kantor Samsat sesuai domisili wilayah di STNK kendaraan. Jangan lupa bawa semua dokumen persyaratannya seperti STNK, BPKB hingga identitas diri seperti KTP pemilik mobil. Saran kami sebaiknya lakukan penggantian plat nomor mobil jauh-jauh hari sebelum tenggat waktu pajak kendaraan habis.

2. Mengisi Formulir Pendaftaran

Setelah sampai di kantor Samsat setempat, selanjutnya datangi loket pembayaran pajak kendaraan 5 tahunan. Serahkan semua berkas persyaratan yang sudah disiapkan sebelumnya ke petugas. Nantinya kalian akan diberikan formulir pendaftaran perpanjangan pajak kendaraan. Isilah formulir tersebut dengan lengkap dan tepat sesuai data dari kendaraan tersebut.

3. Lakukan Cek Fisik Kendaraan

Kemudian petugas akan memberikan berkas kepada kalian untuk dilanjutkan dengan melakukan cek fisik kendaraan. Cek fisik kendaraan ini nantinya akan dilakukan oleh petugas dengan cara menggesek nomor rangka dan nomor mesin pada mobil tersebut. Hal ini perlu dilakukan untuk menyesuaikan data pada STNK serta BPKB sebelumnya.

4. Membayar Biaya Ganti Plat Mobil

Setelah tes fisik kendaraan sudah selesai, serahkan bukti cek fisik tersebut ke bagian loket legalisir. Petugas nantinya akan memberikan nomor antrean untuk kalian membayar biaya ganti plat mobil 2021 pada bagian loket pembayaran.

5. Pengambilan Plat Nomor Mobil

Tahap terakhir yaitu pengambilan STNK serta plat nomor mobil baru sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan sebelumnya. Biasanya plat nomor mobil ini dapat diambil oleh pemiliknya setelah 7 hari kerja atau paling lambat sekitar 1 bulan.

Biaya Ganti Plat Mobil 2021

Biaya Ganti Plat Mobil 2021 Semua Tipe

Pada dasarnya, rincian biaya penggantian plat mobil ini tidak jauh berbeda dengan BIAYA GANTI PLAT MOTOR. Pasalnya, pemilik kendaraan roda 4 ini diwajibkan membayar beberapa elemen biaya, entah itu biaya pajak ataupun biaya non pajak. Daripada penasaran, simak baik-baik penjelasan rincian biaya ganti plat mobil 2021 berikut ini.

1. Biaya Pendaftaran

Pertama kalian akan diminta untuk membayarkan biaya pendaftaran penggantian plat nomor mobil sebesar Rp 100.000. Selain itu terdapat juga biaya cek fisik kendaraan bermotor sebesar Rp 30.000. Kedua biaya tersebut dibayarkan pada saat pertama kali kalian mendaftar di loket pendaftaran kantor Samsat.

2. Biaya SWDKLLJ

Selanjutnya yaitu membayar Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan atau SWDKLLJ sebesar Rp 143.000. SWDKLLJ merupakan sebuah skema perlindungan dari pemerintah untuk korban kecelakaan lalu lintas yang disebabkan oleh kendaraan.

3. Biaya Ganti Plat Mobil Baru

Selain biaya non pajak, pemilik mobil juga akan dikenakan biaya pengurusan pajak 5 tahunan. Untuk biaya ganti plat mobil 2021 sendiri saat ini kurang lebih sekitar Rp 100.000. Biaya tersebut juga wajib dibayarkan oleh pemilik kendaraan.

4. Biaya Penerbitan STNK

Selain biaya pembuatan plat nomor mobil baru, pemilik kendaraan juga akan dikenai biaya penerbitan STNK baru sebesar Rp 200.000. Selain itu, terdapat juga biaya Pajak Kendaraan Bermotor atau PKB. Besaran tarif PKB ini juga berbeda-beda tergantung dengan usia kendaraan. Semakin tua usia mobil, maka pajaknya cenderung lebih murah.

Denda STNK Mobil Mati

Denda STNK Mobil Mati

Di atas sudah kami jelaskan secara lengkap mengenai rincian biaya ganti plat mobil 2021 hingga tata cara mengurusnya. Perlu diketahui, jika pajak 5 tahunan tidak dibayar atau dilunasi, maka kalian akan dikenakan sanksi berupa denda.

Biasanya pemilik mobil yang tidak membayar pajak 5 tahunan akan dikenai denda maksimal Rp 500.000 atau pidana penjara maksimal 2 bulan. Oleh karena itu, alangkah baiknya selalu lunasi pajak 5 tahunan kendaraan bermotor tepat waktu agar terhindar dari sanksi tersebut.

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa biaya penggantian plat nomor mobil ini terbagi menjadi dua kategori, yaitu biaya pajak dan biaya non pajak. Selain itu, jika pemilik kendaraan tidak membayarkan pajak 5 tahunan alias menunggak, maka mereka akan dikenai sanksi berupa denda atau hukuman kurungan.

Demikian penjelasan dari Biayatarif seputar biaya ganti plat mobil 2021 beserta syarat dan tata cara mengurusnya. Semoga informasi di atas bermanfaat serta dapat dijadikan gambaran ketika hendak mengurus penggantian plat nomor mobil di kantor Samsat setempat.

Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

Tarif Tol Surabaya Solo

Sofyan
3 min read

Tarif Tol Jakarta Semarang

Sofyan
3 min read

Tarif Tol Surabaya Madiun

Sofyan
3 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *