Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

Biaya Ganti Plat Motor 2021

Biaya Ganti Plat Nomor Motor 2021

Biaya Ganti Plat Motor 2021 – Ketika memutuskan untuk membeli kendaraan, hal yang perlu dipersiapkan bukan hanya dari sisi perawatannya saja. Namun, kalian juga perlu memperhatikan surat-surat kendaraan seperti STNK, BPKB, serta plat nomor kendaraan bermotor dengan masa berlaku sekitar 5 tahunan.

Apabila masanya habis, pemilik kendaraan diwajibkan memperpanjang masa berlaku plat nomor, terutama untuk kendaraan roda dua. Jika tidak dilakukan, maka dapat berisiko mengalami penghapusan data oleh pihak kepolisian sehingga kendaraan tidak akan bisa digunakan kembali.

Penggantian plat nomor ini wajib untuk dilakukan oleh pemilik motor sebagai upaya untuk menjaga keamanan dalam berkendara. Namun, di dalam proses pengurusan penggantian plat nomor motor, kalian diharuskan memenuhi semua syarat dan ketentuannya, seperti berkas-berkas pendukung serta membayar biaya administrasinya.

Oleh sebab itu, sebelum mengurus penggantian plat nomor motor alangkah baiknya ketahui terlebih dahulu mengenai apa saja syaratnya serta berapa besar tarif atau biayanya. Nah, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap rincian biaya ganti plat motor 2021 beserta syarat dan cara mengurusnya.

Syarat Ganti Plat Motor 2021

Syarat Ganti Plat Motor 2021

Syarat utama ketika hendak melakukan penggantian plat motor yaitu STNK serta BPKB aslinya. Apabila BPKB motor masih atas nama orang lain, maka pemilik kendaraan harus mengganti nama pemiliknya terlebih dahulu.

Jika belum mengetahui berapa besar biayanya, kalian juga bisa mencari tahu terlebih dahulu BIAYA GANTI NAMA BPKB MOTOR. Selain surat-surat tersebut, berikut adalah beberapa persyaratan yang juga harus dilengkapi pada saat mengganti plat motor.

  • Mengisi formulir perpanjangan STNK motor.
  • Mempersiapkan hasil pemeriksaan cek fisik kendaraan.
  • Keterangan buka blokir (jika STNK dalam status terblokir).
  • Mempersiapkan KTP atau SIM asli beserta fotokopinya.
  • Surat kuasa sebagai kelengkapan berkas apabila penggantian plat nomor motor diwakilkan.

Cara Ganti Plat Motor 2021

Cara Ganti Plat Motor 2021

Saat ini prosedur penggantian plat motor hanya dapat dilakukan di kantor Samsat sesuai domisili kendaraan. Nah, sebelum membahas biaya ganti plat motor 2021 lebih lanjut, ada baiknya ketahui terlebih dahulu bagaimana tata cara mengurusnya di bawah ini.

1. Pendaftaran

Langkah pertama yaitu melakukan pendaftaran ganti plat motor dengan cara mengunjungi Samsat sesuai domisili tempat tinggal kalian. Jangan lupa untuk menyerahkan semua dokumen persyaratannya di loket pendaftaran.

2. Cek Fisik Motor

selanjutnya pergi ke lokasi cek fisik motor dan mulai mengantre untuk menunggu giliran. Umumnya, tidak ada pemungutan biaya sepeserpun saat pengecekan fisik kendaraan. Pada tahap ini petugas akan menggesek nomor rangka mesin kendaraan roda dua milik kalian.

3. Legalisir dan Mengisi Formulir

Kemudian serahkan bukti pemeriksaan fisik kendaraan ke loket bagian legalisir. Lalu, isi semua formulir yang tersedia sesuai dengan data motor serta pemilik motor. Saran kami sebaiknya isilah formulir dengan jujur dan sesuai pada kondisinya sehingga akan memudahkan petugas dalam melakukan pencocokan data.

4. Pembayaran Biaya Ganti Plat

Tahap berikutnya yaitu melakukan pembayaran biaya ganti plat motor 2021. Setelah berhasil melakukan pembayaran, kalian akan mendapatkan tanda bukti transaksi. Simpan tanda bukti tersebut sebagai syarat untuk pengambilan plat motor baru.

5. Pengambilan Plat Motor

Terakhir yaitu datangi loket pengambilan STNK. Periksa apakah STNK sudah sesuai dengan nama, plat nomor serta jenis kendaraannya. Selain itu, ambil plat nomor motor baru di loket TNKB.

Biasanya kalian perlu menunggu kurang lebih sekitar 5 menit sampai 10 menit. Apabila sudah sampai pada tahap ini, maka proses penggantian plat nomor motor berhasil dilakukan.

Biaya Ganti Plat Motor 2021

Rincian Biaya Ganti Plat Motor 2021

Pada dasarnya biaya penggantian plat motor bisa berbeda-beda untuk beberapa daerah. Meskipun demikian, jika ada perbedaan itupun tidak akan terlalu jauh sehingga kalian masih bisa meperkirakannya. Daripada penasaran, berikut adalah daftar rincian biaya ganti plat motor 2021.

Jenis DokumenBiaya
Penerbitan STNK baruRp 100.000
Perpanjangan STNK per 5 tahunanRp 100.000
Ganti plat nomor per 5 tahunRp 60.000
Penerbitan BPKB baruRp 225.000
Ganti nama pemilik BPKBRp 225.000

Kami ingatkan sekali lagi bahwa untuk beberapa daerah mungkin memiliki ketentuan biaya ganti plat motor 2021 lebih rendah ataupun lebih tinggi. Selain itu, biaya di atas juga belum termasuk iuran SWDKLLJ atau asuransi kecelakaan di jalan raya dari Jasa Raharja.

Denda Telat Ganti Plat Motor

Denda Telat Mengganti Plat

Di atas sudah kami jelaskan secara lengkap mengenai rincian biaya ganti plat motor 2021. Perlu diketahui, ketika kalian mengalami keterlambatan dalam pembayaran pajak terkait penggantian plat motor, maka akan dikenai sanksi berupa denda.

Besaran denda tersebut juga dihitung berdasarkan lamanya keterlambatan pembayaran pajak. Nah, sebagai bahan pertimbangan, di bawah ini akan kami berikan rumus perhitungan denda pajak kendaraan terkait penggantian plat motor.

  • Denda telat 1 hari : PKB (Pajak Kendaraan Bermotor) sebulan.
  • Denda telat 2 hari sampai 1 bulan : PKB x 23%.
  • Denda telat 60 hari : PKB x 25% x 2/12 + denda SWDKLLJ.
  • Denda telat 3 bulan : PKB x 25% x 3/12 + denda SWDKLLJ.
  • Denda telat 6 bulan : PKB x 25% x 6/12 + denda SWDKLLJ.
  • Denda telat 1 tahun : PKB x 25% x 12/12 + denda SWDKLLJ.
  • Denda telat 2 tahun : PKB x 2 x 25% x 12/12 + denda SWDKLLJ.
  • Denda telat 3 tahun : PKB x 3 x 25% x 12/12 + denda SWDKLLJ.

Tips Mengganti Plat Nomor motor

Tips Mengganti Plat Nomor Motor

Meskipun prosedur penggantian plat motor terlihat mudah, namun masih ada sebagian orang di luar sana yang masih merasa kesulitan. Maka dari itu, agar pengajuan ganti plat nomor motor dapat berjalan lancar, sebaiknya ikuti beberapa tips di bawah ini.

  • Melengkapi semua dokumen atau berkas persyaratan ganti plat nomor motor.
  • Bayarlah tagihan biaya penggantian plat nomor kendaraan sesuai dengan total jumlah tagihan.
  • Meskipun bisa diwakilkan melalui jasa calo, namun sebaiknya urus sendiri sehingga bisa menghemat biaya sewa calo.
  • Lakukan penggantian plat nomor motor sebelum masa berlaku habis sehingga terhindar dari denda keterlambatan.
  • Siapkan dana melebihi perkiraan di atas untuk berjaga-jaga jika sewaktu-waktu tarif penggantian plat nomor mengalami penyesuaian.

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa penggantian plat nomor motor hanya dapat diurus di kantor Samsat sehingga tidak bisa dilakukan secara online. Selain itu, besaran biaya administrasinya juga bisa berbeda-beda untuk setiap daerah karena dipengaruhi oleh beberapa faktor.

Itulah sekiranya penjelasan dari Biayatarif seputar biaya ganti plat motor 2021 beserta syarat dan tata cara mengurusnya. Semoga informasi di atas bermanfaat serta dapat dijadikan gambaran ketika hendak mengganti plat nomor motor di kantor Samsat terdekat.

Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *