Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

Biaya Kuliah Universitas Pertamina 2021

Biaya Kuliah Universitas Pertamina 2021

Biaya Kuliah Universitas Pertamina 2021 – Sebagaimana diketahui, Universitas Pertamina (UP) merupakan salah satu perguruan tinggi yang berada di bawah naungan PT Pertamina (Persero). Universitas tersebut tepatnya berlokasi di wilayah Simprug, Jakarta Selatan dengan lahan seluas 6,5 hektare.

Meskipun masih tergolong baru, sejumlah fakultas dan program studi di Universitas Pertamina sudah didukung oleh dosen-dosen lulusan Master serta Doktor terbaik, entah itu dari dalam negeri ataupun luar negeri. Selain itu, UP juga sudah dilengkapi dengan fasilitas-fasilitas seperti gedung fakultas, sarana olahraga hingga gedung perpustakaan.

Bagi kalian yang berencana melanjutkan jenjang pendidikan perkuliahan di Universitas Pertamina, pastinya akan ada sejumlah biaya yang perlu dipersiapkan ketika proses pendaftarannya. Selain itu, UP juga menetapkan biaya kuliah seperti SPP atau SPI di setiap semesternya.

Oleh sebab itu, sebelum mendaftar kuliah di Universitas Pertamina, alangkah baiknya ketahui terlebih dahulu berapa besar tarif atau biayanya. Nah, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap rincian biaya kuliah Universitas Pertamina 2021 mulai dari biaya pendaftaran hingga biaya per semesternya.

Fakultas dan Program Studi Universitas Pertamina 2021

Fakultas dan Program Studi Universitas Pertamina 2021

Sebelum membahas biaya kuliah Universitas Pertamina 2021 lebih lanjut, ada baiknya ketahui apa saja jenis-jenis fakultas beserta program studinya. Sampai saat ini, setidaknya Universitas menawarkan 6 fakultas serta 15 program studi strata 1. Berikut akan kami berikan beberapa fakultas beserta program studi di Universitas Pertamina.

  • Fakultas Teknologi Industri : Teknik Logistik, Teknik Kimia Teknik Elektro, Teknik Mesin.
  • Fakultas Sains dan Komputer : Ilmu Komputer, Kimia.
  • Fakultas Perencanaan Infrastruktur : Teknik Sipil, Teknik Lingkungan.
  • Fakultas Komunikasi dan Diplomasi : Ilmu Komunikasi, Hubungan Internasional.
  • Fakultas Teknologi Eksplorasi dan Produksi : Teknik Perminyakan, Teknik Geologi, Teknik Geofisika.
  • Fakultas Ekonomi dan Bisnis : Manajemen, Ilmu Ekonomi.

Syarat Daftar Kuliah Universitas Pertamina 2021

Syarat Daftar Kuliah Universitas Pertamina 2021

Seperti dijelaskan di atas, ketika hendak mendaftar kuliah di Universitas Pertamina kalian diharuskan memenuhi semua syarat beserta ketentuannya. Maka dari itu, di bawah ini akan kami berikan beberapa persyaratan yang harus dipenuhi dalam proses pendaftaran kuliah di Universitas Pertamina.

  • Melakukan pembayaran biaya pendaftaran kuliah Universitas Pertamina 2021 sesuai kelompok.
  • Calon pendaftar merupakan lulusan SMA/SMK/sederajat.
  • Pendaftar diperbolehkan memilih 4 program studi untuk Jalur Seleksi Nilai Rapor.
  • Bebas buta warna pada jurusan tertentu.
  • Siswa melakukan pendaftaran di situs resmi Universitas Pertamina dengan mengunggah pas foto berwarna terbaru berukuran maksimal 100 KB.
  • Wajib mengikuti serangkaian ujian saringan masuk sesuai jadwal.

Cara Daftar Kuliah Universitas Pertamina 2021

Cara Daftar Kuliah Universitas Pertamina 2021

Pendaftaran kuliah di Universitas Pertamina saat ini dapat dilakukan secara online melalui situs resminya. Apabila kalian merasa sudah melengkapi semua syarat pendaftarannya, berikut akan kami berikan tata cara daftar kuliah di Universitas Pertamina.

1. Lakukan Pendaftaran Online Universitas Pertamina

Langkah pertama yaitu kunjungi situs pendaftaran kuliah Universitas Pertamina di https://pendaftaran.universitaspertamina.ac.id/. Pastikan kalian sudah mempersiapkan semua dokumen atau berkas persyaratannya.

2. Konfirmasi Pendaftaran

Selanjutnya pendaftar akan mendapatkan email mengenai konfirmasi pendaftaran kuliah di UP. Di dalam email tersebut juga berisikan tentang petunjuk pembayaran biaya kuliah Universitas Pertamina 2021.

3. Pembayaran Pendaftaran

Kemudian pendaftar diminta untuk melakukan pembayaran biaya pendaftaran tersebut sesuai dengan jalur serta program studi. Pihak Universitas Pertamina juga menetapkan jangka waktu pembayaran biaya pendaftaran sehingga pendaftar harus segera melunasinya.

4. Konfirmasi Pembayaran

Setelah berhasil melakukan pembayaran pendaftaran, pendaftar akan menerima email berisikan konfirmasi pembayaran. Selain itu, email tersebut juga disertai dengan informasi akun login website pendaftaran kuliah Universitas Pertamina.

5. Melengkapi Data Diri

Langkah terakhir yaitu login menggunakan akun yang sudah didapatkan sebelumnya di website pendaftaran. Lengkapi semua data diri sesuai kartu identitas kalian. Jika sudah mengisi secara lengkap, kalian sudah bisa mencetak kartu ujian saringan masuk kuliah Universitas Pertamina.

Biaya Kuliah Universitas Pertamina 2021

Rincian Biaya Kuliah Universitas Pertamina 2021

Setelah mengetahui apa saja persyaratan serta tata cara pendaftaran kuliah di Universitas Pertamina, selanjutnya kalian juga harus mengerti berapa besar biayanya. Terdapat beberapa jenis biaya yang perlu dibayarkan ketika mendaftar kuliah di Universitas Pertamina. Daripada penasaran, berikut adalah rincian biaya kuliah Universitas Pertamina 2021 mulai dari biaya pendaftaran hingga biaya per semester.

1. Biaya Pendaftaran

Biaya pendaftaran ini diperlukan untuk mengikuti seleksi masuk kuliah Universitas Pertamina sesuai dengan jalur pendaftaran, entah itu jalur Reguler ataupun jalur nilai UTBK. Sebagai informasi, calon mahasiswa yang menggunakan jalur nilai harus mengikuti UTBK SBMPTN, dimana ujian tersebut juga akan dikenakan biaya pendaftaran. Nah, berikut adalah tabel biaya pendaftaran kuliah Universitas Pertamina untuk jalur Reguler serta jalur nilai UTBK.

Pendaftaran Jalur Reguler

KeteranganBiaya
UM IPA/IPSRp 300.000
UM IPC*Rp 375.000

Pendaftaran Jalur Nilai UTBK

KeteranganBiaya
UM IPA/IPSRp 100.000
UM IPC*Rp 150.000
(*) Kelompok IPC hanya dapat diikuti oleh siswa kelulusan SMA/MA khusus jurusan IPA.

2. Biaya SPI

Bagi mahasiswa baru Universitas Pertamina, mereka diwajibkan membayar biaya Sumbangan Pembangunan Institusi (SPI). Biaya tersebut hanya akan dibayarkan sekali pada saat awal semester 1. Biaya SPI juga akan berbeda antara mahasiswa sesuai dengan jalur pendaftarannya masing-masing.

JalurBiaya SPP
Jalur Reguler Periode JanuariRp 15.000.000
Jalur Reguler Periode MaretRp 17.500.000
Jalur Reguler Periode MeiRp 20.000.000
Jalur Reguler Periode JuliRp 22.500.000
Jalur Nilai UTBK 1Rp 22.500.000
Jalur Nilai UTBK 2Rp 22.500.000

3. Biaya SPP

Selain membayar biaya SPI, mahasiswa baru juga diharuskan membayar biaya SPP semester 1. Biaya tersebut besarannya juga disesuaikan dengan pemilihan fakultas dan dibayarkan pada saat registrasi ulang. Di bawah ini adalah rincian biaya kuliah Universitas Pertamina 2021 khusus SPP semester 1.

FakultasBiaya SPP
Fakultas Teknologi IndustriRp 15.000.000
Fakultas Sains dan KomputerRp 15.000.000
Fakultas Perencanaan InfrastrukturRp 15.000.000
Fakultas Komunikasi dan DiplomasiRp 15.000.000
Fakultas Teknologi Eksplorasi dan ProduksiRp 15.000.000
Fakultas Ekonomi dan BisnisRp 15.000.000

Cara Bayar Biaya Kuliah Universitas Pertamina 2021

Cara Bayar Biaya Kuliah

Pihak Universitas Pertamina sebenarnya sudah memberikan petunjuk mengenai pembayaran biaya kuliah pada saat proses pendaftaran. Saat ini calon mahasiswa bisa melakukan pembayaran biaya kuliah tersebut melalui internet banking, ATM ataupun kantor bank yang sudah bekerjasama dengan Universitas Pertamina. Setelah berhasil melakukan pembayaran, jangan lupa untuk menyimpan struk sebagai bukti transaksi.

Call Center Universitas Pertamina

Call Center Universitas Pertamina

Di atas sudah kami jelaskan secara lengkap mengenai rincian biaya kuliah Universitas Pertamina 2021. Untuk informasi lebih lanjut, kalian juga bisa menanyakannya secara langsung dengan cara menghubungi customer service Universitas Pertamina di beberapa contact center berikut ini.

Kesimpulan

Itulah sekiranya penjelasan dari Biayatarif seputar biaya kuliah Universitas Pertamina 2021 beserta berkas persyaratan hingga tata cara pendaftarannya. Pastikan sebelum melakukan pendaftaran, lengkapi semua dokumen persyaratannya. Pasalnya, syarat tersebut menjadi faktor utama pendaftaran kuliah di Universitas Pertamina dapat diterima.

Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *