Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

Biaya Pasang Baru PDAM Surabaya 2021

Biaya Pasang Baru PDAM Surabaya 2021

Biaya Pasang Baru PDAM Surabaya 2021 – Air bersih merupakan salah satu kebutuhan pokok bagi semua orang, entah itu untuk membersihkan badan, mencuci baju dan kegiatan rumah tangga lainnya. Meskipun saat ini sudah ada sumur bor, sumur artesis atau semacamnya, namun peminat air bersih dari Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) masih sangat tinggi.

Terlebih lagi PDAM juga biasanya menawarkan ketersediaan air bersih yang lebih stabil dengan tagihan bulanan cukup terjangkau bagi masyarakat kelas menengah ke bawah. Namun sayangnya, terdapat beberapa tempat yang masih belum terjangkau oleh akses jaringan pipa PDAM.

Meskipun demikian, bagi warga Surabaya saat ini pengajuan dalam pemasangan PDAM baru dapat dilakukan dengan mudah, asalkan memenuhi semua syarat serta ketentuannya. Salah satu syarat utama pada saat pasang baru PDAM yaitu membayarkan biaya jasa pemasangannya.

Oleh sebab itu, jika berencana untuk memasang PDAM baru khususnya bagi warga Kota Surabaya, penting untuk mengetahui terlebih dahulu berapa besaran tarif pemasangannya. Nah, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap rincian biaya pasang baru PDAM Surabaya 2021 beserta syarat dan cara mengurusnya.

Syarat Pasang Baru PDAM Surabaya 2021

Syarat Pasang Baru PDAM Surabaya 2021

Seperti dijelaskan di atas, ketika hendak mengajukan permohonan pasang baru PDAM di Kota Surabaya, masyarakat diharuskan melengkapi semua dokumen persyaratannya. Adapun beberapa syarat serta ketentuan pasang baru PDAM Surabaya 2021 diantaranya yaitu sebagai berikut.

  • Melampirkan fotokopi Surat Tanah (SHM, Petok D, Surat Hijau, Letter C).
  • Melampirkan fotokopi KTP dan Kartu Keluarga (KK).
  • Fotokopi PBB dan rekening listrik bulan terakhir.
  • Setiap pelanggan diwajibkan menyimpan nomor pendaftaran untuk digunakan dalam mengakses monitoring status pasang baru PDAM.

Cara Mengurus Pemasangan PDAM Surabaya 2021

Setelah memenuhi semua berkas-berkas persyaratan pasang baru PDAM di Kota Surabaya, selanjutnya kalian juga harus mengerti bagaimana tata cara pengajuannya. Maka dari itu, sebelum membahas biaya pasang baru PDAM Surabaya 2021 lebih lanjut, ada baiknya ketahui terlebih dahulu prosedur pendaftarannya.

1. Kunjungi Situs Pendaftaran Online

Langkah pertama yaitu kunjungi situs pendaftaran pemasangan PDAM baru Kota Surabaya secara di www.pdam-sby.go.id. Pada halaman utama tersebut nantinya akan ada menu pendaftaran pasang baru PDAM secara online.

Kunjungi Situs Pendaftaran Online

2. Isi Formulir Pendaftaran

Selanjutnya yaitu mengisi formulir pendaftaran pasang baru PDAM di menu Pelanggan Pasang Baru. Lengkapi semua data pengajuan mulai dari nama , alamat hingga nomor HP pemohon.

2 Isi Formulir Pendaftaran

3. Unggah Dokumen Persyaratan

Tahap selanjutnya yaitu mengunggah dokumen persyaratan seperti KTP, KSK, PBB, rekening listrik hingga Surat Tanah. Pastikan bahwa ukuran file tersebut tidak melebihi 300 Kb. Jika sudah berhasil, nantinya pemohon akan mendapatkan nomor pendaftaran sementara. Simpan nomor tersebut sampai ada konfirmasi jawaban dari pihak PDAM Surabaya.

Unggah Dokumen Persyaratan

4. Cek Status Pasang Baru PDAM Surabaya

Jika pendaftaran pasang baru PDAM Surabaya disetujui, nantinya pemohon akan mendapatkan nomor pendaftaran baru melalui notifikasi SMS. Pemohon juga bisa mengecek status pemasangan baru PDAM pada halaman https://www.pdam-sby.go.id/pasang_baru/monitoring.

Cek Status Pasang Baru PDAM Surabaya

Biaya Pasang Baru PDAM Surabaya 2021

Rincian Biaya Pasang Baru PDAM Surabaya 2021

Ketika kalian memasang jaringan PDAM baru, terdapat beberapa biaya yang perlu dipersiapkan, seperti biaya pendaftaran serta tarif pemasangan. Besaran biaya pendaftaran pasang baru PDAM di Kota Surabaya kurang lebih sekitar Rp 50.0000.

Selain itu, kalian juga akan dikenai biaya pasang baru PDAM Surabaya 2021 sebesar Rp 1.750.000. Menariknya lagi, pihak PDAM Surabaya kerap mengadakan program berupa diskon pasang baru PDAM bagi masyarakat.

Umumnya besaran diskon tersebut disesuaikan dengan daya listrik pelanggan, entah itu listrik rumah tangga, LISTRIK SOSIAL, ruko, kos ataupun tempat usaha lainnya. Perlu diingat bahwa diskon tersebut tidak berlaku untuk pelanggan di kawasan real estate perumahan.

Selain itu, khusus untuk ruko, kos dan tempat usaha lainnya akan dikenakan Biaya Sarana Investasi (BSI) apabila jaringan di depan persil tersebut merupakan bantuan PDAM Kota Surabaya. Jadi, sebaiknya siapkan biaya melebihi estimasi di atas untuk berjaga-jaga apabila terjadi sesuatu di luar dugaan.

Cara Bayar Biaya Pasang Baru PDAM Surabaya 2021

Cara Bayar Biaya Pasang Baru PDAM Surabaya 2021

Kurang lengkap rasanya apabila kalian sudah mengerti besaran tarif pemasangan baru PDAM di Kota Surabaya namun tidak mengetahui bagaimana cara pembayarannya. Saat ini pemerintah Kota Surabaya semakin memudahkan warganya ketika hendak melakukan pembayaran tagihan PDAM dengan cara menyediakan ribuan loket pembayaran online (PPOB) di masing-masing daerah.

Terlebih lagi pihak PDAM Surabaya juga sudah bekerjasama dengan beberapa penyedia jasa layanan pembayaran tagihan online sehingga semakin memudahkan pelanggannya. Beberapa jasa penyedia layanan pembayaran tersebut diantaranya yaitu seperti berikut ini.

  • Fasilitas e-channel perbankan.
  • Indomaret.
  • Alfamart.
  • Pos Indonesia.
  • Pegadaian.
  • XL Tunai.
  • Dompetku Indosat.
  • Kantor pusat PDAM Surya Sembada Kota Surabaya Jl Prof Dr Moestopo No 2.
  • Kantor PDAM Surya Sembada Kota Surabaya Jl Basuki Rahmat 119-121.

Tips Agar Pengajuan Pemasangan PDAM Baru Diterima

Tips Agar Pengajuan Pemasangan PDAM Baru Diterima

Meskipun sebenarnya tata cara mengurus pemasangan PDAM di Kota Surabaya tergolong mudah, namun masih ada sebagian orang yang mengeluhkan bahwa pengajuan mereka tidak disetujui. Biasanya penolakan tersebut disebabkan oleh beberapa faktor salah satunya yaitu dokumen persyaratannya tidak lengkap.

Maka dari itu, periksa dengan teliti semua berkas persyaratan sebelum melakukan pengajuan pemasangan PDAM baru. Selain itu, pastikan juga bahwa lokasi pemasangan juga masuk ke dalam jangkauan jaringan PDAM. Jangan lupa untuk melunasi tagihan pemasangan PDAM baru sehingga nantinya tidak akan ada kendala pada saat proses pelaksanaannya.

Call Center PDAM Surabaya

Call Center PDAM Surabaya

Di atas sudah kami jelaskan secara lengkap rincian biaya pasang baru PDAM Surabaya 2021 beserta syarat dan tata cara mengurusnya. Jika masih bingung, kalian juga bisa menanyakan secara langsung dengan cara menghubungi bagian informasi dari kantor pusat PDAM Surabaya melalui beberapa contact center di bawah ini.

  • Call Center : 0800 19206666 (bebas pulsa)
  • Telepon kantor : +6231 5039373
  • Fax : +6231 5030100
  • Email : humas@pdam-sby.go.id
  • Facebook : @pdam.suryasembada
  • Twitter : @PDAMSurabaya
  • Website : https://www.pdam-sby.go.id/

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa tarif pemasangan jaringan PDAM baru di Kota Surabaya terbilang cukup terjangkau. Selain itu, warga kota Surabaya juga berkesempatan mendapatkan diskon atau potongan harga pemasangan PDAM asalkan memenuhi semua persyaratannya.

Demikian penjelasan dari Biayatarif seputar biaya pasang baru PDAM Surabaya 2021 beserta syarat dan cara pengajuannya. Semoga informasi di atas bermanfaat serta dapat dijadikan gambaran ketika hendak mengurus pemasangan PDAM baru di Kota Surabaya.

Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *