Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

Biaya UTBK 2021

Biaya UTBK 2021

Biaya UTBK 2021 – Sesuai namanya, Ujian Tulis Berbasis Komputer atau UTBK merupakan serangkaian tes tertulis berbasis komputer. UTBK menjadi salah satu persyaratan untuk mendaftar pada jalur masuk ke PTN yaitu jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau lebih dikenal dengan sebutan SBMPTN.

Agar bisa mendaftar SBMPTN, maka kalian diharuskan memiliki nilai yang didapatkan melalui tes UTBK. Pelaksanaan UTBK tersebut dilakukan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), dimana LTMPT merupakan satu-satunya lembaga penyelenggara tes perguruan tinggi terstandar di Indonesia.

Sebelum mengikuti tes UTBK SBMPTN, calon peserta juga harus mendaftarkan diri terlebih dahulu. Di dalam proses pendaftaran UTBK tersebut juga akan ada beberapa syarat seperti biaya pendaftaran yang harus dibayarkan oleh setiap calon peserta.

Oleh sebab itu, sebelum melakukan pendaftaran alangkah baiknya ketahui terlebih dahulu berapa besaran tarif atau biaya pendaftarannya. Nah, kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap rincian biaya UTBK 2021 beserta tata cara pembayarannya.

Manfaat UTBK 2021

Manfaat UTBK 2021

Tujuan dilaksanakannya UTBK yaitu sebagai sarana untuk memprediksi calon mahasiswa terkait kemampuan untuk menyelesaikan studi tepat waktu di perguruan tinggi. Di lain sisi, UTBK juga bisa memberi kesempatan bagi calon peserta atau mahasiswa guna mengikuti tes secara fleksibel.

Nantinya nilai UTBK bisa digunakan untuk mendaftar SBMPTN, seleksi mandiri Perguruan Tinggi Negeri maupun Perguruan Tinggi Swasta. Jadi, hadirnya UTBK ini sangat penting bagi siswa kelulusan pendidikan SMA atau sederajat yang menginginkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi atau perkuliahan.

Syarat Daftar UTBK 2021

Syarat Daftar UTBK 2021

Ketika berencana untuk mendaftarkan diri mengikuti UTBK, tentunya calon peserta diharuskan memenuhi semua syarat serta ketentuannya, salah satunya yaitu biaya UTBK 2021. Adapun beberapa persyaratan pendaftaran UTBK lainnya diantaranya yaitu seperti di bawah ini.

  • Sudah mendaftar serta memiliki akun LTMPT.
  • WNI dan sudah memiliki Nomor Induk Kependudukan (NIK).
  • Peserta didik SMA sederajat kelulusan tahun 202 umur maksimal 25 tahun (per tanggal 1 Juli 2021)
  • Peserta didik Paket C tahun 2021 dengan umur maksimal 25 tahun (per tanggal 1 Juli 2021).
  • Peserta kelulusan SMA sederajat atau Paket C tahun 2019 dan 2020 harus memiliki ijazah resmi terlegalisir dengan umur maksimal 25 tahun (per tanggal 1 Juli 2021).
  • membayar biaya pendaftaran UTBK 2021.
  • Calon peserta dalam keadaan sehat.
  • Tidak lulus jalur SNMPTN pada tahun-tahun sebelumnya.
  • Peserta program studi Saintek harus mengikuti TPS serta TKA Saintek.
  • Peserta program studi Soshum harus mengikuti TPS dan TKS Soshum.
  • Peserta program studi Olahraga dan Seni wajib mengunggah portofolio.

Jadwal UTBK 2021

Jadwal UTBK 2021

Perlu diketahui, pelaksanaan UTBK mulai dari pendaftaran hingga hasil seleksi juga dibagi menjadi beberapa gelombang. Nah, di bawah ini akan kami berikan jadwal terbaru dari pelaksanaan UTBK 2021.

  • Pendaftaran akun LTMPT dilaksanakan pada tanggal 7 Februari hingga 12 Maret 2021.
  • Pendaftaran UTBK SBMPTN dilaksanakan pada tanggal 15 Maret hingga 1 April 2021.
  • Pelaksanaan UTBK Gelombang 1 dilaksanakan pada tanggal 12 April hingga 18 April 2021.
  • Pelaksanaan UTBK Gelombang 2 dilaksanakan pada tanggal 26 April hingga 2 Mei 2021.
  • Pengumuman hasil seleksi jalur UTBK SBMPTN dilaksanakan pada tanggal 14 Juni pukul 15:00 WIB.

Pelaksanaan UTBK SBMPTN 2021 terbagi menjadi dua gelombang. Jadi, jika tidak mengikuti gelombang pertama, maka kalian bisa memanfaatkan pelaksanaan UTBK pada jadwal berikutnya.

Cara Daftar UTBK 2021

Waktu yang dibutuhkan: 12 menit.

Sebelum membahas biaya UTBK 2021 lebih lanjut, ada baiknya ketahui terlebih dahulu bagaimana tata cara pendaftarannya. Cara daftar UTBK 2021 bisa dilakukan melalui website resmi LTMPT di https://portal.ltmpt.ac.id/, entah itu melalui smartphone, laptop ataupun komputer.

  1. Login Akun LTMPT

    Langkah pertama yaitu login akun LTMPT di situs https://portal.ltmpt.ac.id/. Pastikan kalian sudah membuat akun LTMPT sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan sebelumnya.Login Akun LTMPT

  2. Masuk Menu UTBK SBMPTN

    Setelah berhasil masuk menggunakan akun LTMPT, silahkan klik menu UTBK-SBMPTN.Masuk Menu UTBK SBMPTN

  3. Lengkapi Biodata Diri

    Kemudian lengkapi biodata sesuai dengan identitas diri calon peserta. Jika sudah, klik Simpan Permanen.Lengkapi Biodata Diri

  4. Memilih Program Studi

    Cara selanjutnya yaitu pemilihan program studi. Perlu diketahui, peserta diperbolehkan memilih maksimal hingga 2 program studi, yaitu Politeknik Negeri serta PTKIN mana pun.Memilih Program Studi

  5. Unggah Lampiran Portofolio

    Lalu calon peserta diminta untuk melampirkan portofolio jika program studi pilihan memiliki persyaratan akan hal tersebut. Biasanya pengunggahan portofolio ini hanya berlaku untuk program studi Olahraga dan Seni.Unggah Lampiran Portofolio

  6. Pemilihan Pusat UTBK

    Tahap berikutnya yaitu memilih pusat UTBK. Pada halaman tersebut, daftar semua pusat UTBK akan ditampilkan. Selain itu, waktu serta haru UTBK juga dicetak secara otomatis di Kartu Ujian Peserta.Pemilihan Pusat UTBK

  7. Konfirmasi Pendaftaran UTBK

    Terakhir, periksa kembali semua data mulai dari informasi pribadi sampai pemilihan program studi. Jika sampai pada tahap ini, maka calon peserta tinggal melakukan pembayaran pendaftaran UTBK.Konfirmasi Pendaftaran UTBK

Biaya UTBK 2021

Rincian Biaya UTBK 2021

Setelah berhasil melakukan pendaftaran UTBK SBMPTN, selanjutnya calon peserta diharuskan membayar biaya pendaftarannya. Besaran biaya UTBK 2021 didasarkan pada kelompok pemilihan ujian, entah itu Saintek, Soshum ataupun keduanya. Daripada penasaran, simak baik-baik rincian biaya UTBK SBMPTN 2021 di bawah ini.

Kelompok UjianBiaya
Kelompok ujian SaintekRp 200.000
Kelompok ujian SoshumRp 200.000
Kelompok ujian Campuran (Saintek dan Soshum)Rp 300.000

Cara Bayar UTBK 2021

Cara Bayar UTBK 2021

Setelah mengetahui besaran biaya UTBK 2021, selanjutnya kalian juga harus mengerti bagaimana tata cara melakukan pembayarannya. Biaya pendaftaran UTBK SBMPTN bisa dilakukan melalui bank BRI, BNI, BTN atau bank Mandiri.

Perlu diingat, pembayaran biaya UTBK tersebut harus dilakukan dalam kurun waktu 1 x 24 jam setelah keluarnya slip pembayaran. Pihak LTMPT pun menyarankan agar calon peserta untuk menggunakan metode pembayaran UTBK melalui ATM BRI, mobile banking, internet banking ataupun SMS BANKING BRI.

Selain itu, bagi peserta pemegang Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP Kuliah), mereka tidak akan dikenai biaya sepeser pun alias gratis. Namun, dengan syarat peserta KIP Kuliah tersebut harus lolos kualifikasi dari pihak LTMPT.

Call Center UTBK

Call Center UTBK 2021

Di atas sudah kami jelaskan rincian biaya UTBK 2021 beserta prosedur pendaftarannya. Apabila masih bingung, kalian juga bisa menanyakannya secara langsung dengan cara menghubungi customer service LTMPT sebagai pihak pelaksana UTBK di beberapa contact center berikut ini.

  • Call Center : 0804 1 450 450 (Jam operasional 08.00 – 18.00 WIB)
  • Telepon : (021) 3104041 – 3104042
  • Email : sekretariat@ltmpt.ac.id
  • Helpdesk : https://halo.ltmpt.ac.id
  • Facebook : @ltmptofficial
  • Twitter : @ltmptofficial

Kesimpulan

Ketika hendak membayar biaya pendaftaran UTBK, sebaiknya segera lakukan setelah slip pembayaran diterima. Selain itu, biaya yang sudah dibayarkan oleh calon peserta tidak bisa dikembalikan dengan alasan apapun.

Demikian penjelasan dari Biayatarif seputar biaya UTBK 2021 beserta syarat dan ketentuan, jadwal UTBK, cara mendaftar hingga cara pembayarannya. Semoga informasi di atas bermanfaat serta dapat dijadikan gambaran ketika hendak mendaftar UTBK SBMPTN.

Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *