Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

8 Biaya Transfer DANA ke Bank 2022 : Syarat, Cara & Limit

Biaya Transfer DANA ke Bank

Biaya Transfer DANA ke Bank – Seperti diketahui, saat ini aplikasi dompet digital atau e-wallet sudah mulai marak digunakan oleh sebagian besar kalangan masyarakat di Indonesia. Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya aplikasi dompet digital mampu memudahkan penggunanya ketika hendak bertransaksi bayar tagihan, beli pulsa, kirim uang dan dan lain sebagainya.

Salah satu aplikasi dompet digital di Indonesia yang menawarkan sejumlah keunggulan kepada para penggunanya yaitu DANA. DANA sendiri saat ini dapat digunakan oleh para penggunanya untuk melakukan beragam transaksi di berbagai macam merchant yang menyediakan pembayaran melalui QR Code.

Menariknya lagi, DANA kini sudah bisa dimanfaatkan untuk melakukan transaksi pengiriman uang ke sejumlah rekening bank. Akan tetapi, pastinya setiap transaksi kirim atau transfer uang melalui aplikasi DANA tersebut nantinya pengguna akan dikenai biaya administrasi tambahan.

Jika kalian berencana mengirim saldo DANA ke rekening bank seperti Mandiri, BCA, BRI, BNI, BTPN dan lain sebagainya, ada baiknya cari tahu terlebih dahulu berapa besar biayanya. Untuk membantunya, pada kesempatan kali ini kami akan membahas secara tuntas mengenai rincian biaya transfer DANA ke bank dilengkapi tata caranya.

Syarat Transfer DANA ke Bank

Sebelum membahas poin utama mengenai biaya transfer DANA ke rekening bank, sebaiknya pahami terlebih dahulu apa saja syarat beserta ketentuannya. Adapun syarat dan ketentuan transfer uang atau saldo dari aplikasi DANA ke rekening bank tersebut diantaranya yaitu seperti di bawah ini.

  • Memiliki koneksi jaringan internet lancar serta stabil.
  • Sudah update aplikasi DANA ke versi terbarunya.
  • Sudah upgrade akun DANA menjadi Premium.
  • Memiliki saldo di dalam aplikasi DANA.
  • Mempersiapkan nomor rekening bank tujuan transfer.

Cara Transfer DANA ke Bank

Setelah memenuhi beberapa syarat dan ketentuan transfer DANA ke rekening bank di atas, selanjutnya kalian juga harus mengerti bagaimana tata cara melakukannya. Daripada penasaran, langsung saja simak baik-baik tata cara transfer DANA ke rekening bank berikut ini.

1. Buka Aplikasi DANA

Buka Aplikasi DANA

Langkah pertama, silahkan buka dan jalankan aplikasi DANA di smartphone kalian. Sebelum melanjutkan langkah-langkahnya, pastikan akun DANA kalian sudah di upgrade ke Premium dan sudah update aplikasi versi terbarunya.

2. Pilih Menu Kirim

Pilih Menu Kirim

Setelah berada di menu utama atau beranda aplikasi DANA, nantinya kalian akan disuguhkan berbagai macam fitur, termasuk kirim uang atau saldo. Cara selanjutnya, silahkan pilih menu Kirim.

3. Ketuk Kirim ke Bank

Ketuk Kirim ke Bank

DANA mempunyai sebuah fitur Kirim Cepat yang membantu penggunanya ketika ingin mengirim saldo ke rekening bank. Dimana nantinya fitur tersebut akan muncul apabila pengguna sudah melakukan transfer saldo ke bank sebelumnya. Jika belum, maka pilihlah opsi Kirim ke Bank.

4. Tambah Rekening Bank Baru

Tambah Rekening Bank Baru

Pada tahap ini, nantinya juga akan ditampilkan nama rekening bank yang sudah pernah menerima uang dari DANA. Cara berikutnya, silahkan pilih Tambah rekening bank baru.

5. Pilih Nama Bank Tujuan Transfer

Pilih Nama Bank Tujuan Transfer

Kemudian kalian akan dibawa ke halaman transfer DANA ke bank. Silahkan pilih nama bank tujuan transfer. Saat ini DANA sudah bekerja sama dengan berbagai macam pihak perbankan di Indonesia, mulai dari bank BUMN, swasta, komersil dan lain sebagainya.

6. Masukkan Nomor Rekening Bank Tujuan Transfer

Masukkan Nomor Rekening Bank Tujuan Transfer

Jika sudah memilih nama rekening bank tujuan transfer, silahkan masukkan nomor rekeningnya. Pastikan kalian memasukkan nomor rekening bank tujuan transfer dengan benar tanpa adanya kekurangan satu digit angkapun. Kemudian, klik Simpan & Lanjut.

7. Tentukan Nominal Transfer ke Bank

Tentukan Nominal Transfer ke Bank

Setelah berhasil menambahkan rekening bank tujuan transfer, nantinya akan muncul nama pemilik rekening tersebut. Cara selanjutnya, silahkan tentukan nominal transfer saldo DANA ke bank. Apabila nominal transfer sudah diisi, lalu klik Bayar di bagian bawah layar.

8. Masukkan PIN DANA

Masukkan PIN DANA

Langkah terakhir, masukkan PIN DANA dengan benar. Tunggulah beberapa saat sampai mendapatkan notifikasi terkait transaksi transfer DANA ke bank. Apabila sudah sampai pada tahap ini, maka cara transfer DANA ke bank berhasil dilakukan.

Biaya Transfer DANA ke Bank

Seperti dijelaskan sebelumnya, setiap pengguna yang melakukan transaksi transfer dari aplikasi DANA ke rekening bank akan dikenai biaya administrasi tambahan. Perlu diketahui, besaran biaya transfer DANA ke bank juga sama seperti halnya biaya transfer OVO ke bank, yaitu sekitar Rp 2.500 per transaksinya.

Meskipun demikian, pengguna DANA mempunyai kesempatan untuk mendapatkan promo gratis biaya transfer mencapai 10 kali transaksi setiap bulannya. Akan tetapi, promo gratis biaya transfer DANA ke bank ini hanya bisa didapatkan oleh pengguna ketika mengirim dana dengan transaksi minimal Rp 50.000.

Nantinya biaya transfer DANA ke rekening bank tersebut secara otomatis akan memotong saldo penggunanya apabila transaksi berhasil. Jadi, saran kami sebaiknya pastikan saldo di aplikasi DANA melebihi nominal transfer ke rekening bank supaya transaksinya dapat berhasil.

Limit Transfer DANA ke Bank

Selain memiliki ketentuan mengenai biaya transfer ke rekening bank, aplikasi DANA juga mempunyai sebuah kebijakan terkait limit atau batas minimal dan maksimal transaksi penggunanya. Minimal saldo yang bisa dikirimkan ke bank oleh pengguna aplikasi DANA setiap kali bertransaksi yaitu sebesar Rp 10.000.

Sementara limit atau batas maksimal transfer DANA ke rekening bank pada pengguna Premium yaitu sekitar Rp 10.000.000 per transaksinya. Jadi, apabila pengguna ingin melakukan transaksi di atas nominal Rp 10.000.000, maka sebaiknya lakukan menjadi 2 atau bahkan lebih transaksi transfer.

Penyebab Gagal Transfer DANA ke Bank

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap mengenai besaran biaya transfer DANA ke bank beserta syarat, tata cara kirim uang beserta limit transaksinya. Meskipun tata cara kirim saldo DANA ke rekening bank terlihat mudah dilakukan, namun tetap saja terdapat beberapa pengguna mengeluhkan bahwa mereka gagal melakukannya.

Pastinya kegagalan atau tidak bisa transfer DANA ke bank tersebut dapat disebabkan oleh sejumlah faktor, baik itu karena kesalahan teknis ataupun karena kelalaian penggunanya. Nah, supaya terhindar dari kegagalan transfer DANA ke bank tersebut, sebaiknya cari tahu beberapa penyebabnya berikut ini.

  • Koneksi jaringan internet di smartphone buruk atau tidak stabil.
  • Belum update aplikasi DANA ke versi terbarunya.
  • Pengguna belum upgrade akun DANA ke Premium.
  • Saldo DANA tidak mencukupi melakukan transfer ke bank.
  • Aplikasi DANA sedang dalam masa perawatan atau maintenance.
  • Aplikasi DANA mengalami permasalahan di perangkat (crash).
  • Server DANA sedang dalam gangguan.
  • Pengguna salah memasukkan nomor rekening bank tujuan.

Kesimpulan

Dari pembahasan di atas dapat diambil kesimpulan bahwa setiap transaksi transfer ke rekening bank yang dilakukan oleh pengguna aplikasi DANA akan dikenai biaya administrasi tambahan sebesar Rp 2.500. Meskipun demikian, pengguna berkesempatan mendapatkan gratis biaya transfer sebanyak 10 kali setiap bulannya apabila nominal transaksinya sebesar Rp 50.000 atau di atasnya.

Itulah sekiranya penjelasan dari Biayatarif seputar biaya transfer DANA ke semua rekening bank di Indonesia dilengkapi syarat, cara transfer hingga limit transaksinya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika hendak mengirim saldo DANA ke rekening bank.

Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.