Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

4 Harga Tiket Kereta Api Lebaran 2022 : Rute, Kelas & Fasilitas

Harga Tiket Kereta Api Lebaran
Advertisements

Harga Tiket Kereta Api Lebaran – Seperti diketahui, mudik lebaran pada saat bulan Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri emang sudah menjadi tradisi tahunan yang banyak dilakukan masyarakat Indonesia, tanpa terkecuali. Dimana di Indonesia sendiri perjalanan mudik lebaran dapat ditempuh melalui berbagai macam transportasi, salah satunya yaitu jalur darat melalui kereta api.

Supaya tidak kehabisan tiket pada hari H, pastikan kalian mempersiapkan semua peralatan yang dibutuhkan untuk mempercepat proses pemesanan. Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya setiap hari-hari libur nasional khususnya saat bulan Ramadhan, permintaan tiket kereta api akan melonjak sangat tinggi sehingga tak heran jika banyak orang tidak sempat mendapatkannya.

Untuk saat ini, biasanya tiket kereta api untuk mudik lebaran dijual dengan harga yang sangat bervariasi, tergantung pada jenis, kelas, fasilitas, rute perjalanan hingga jam keberangkatan kereta apinya. Maka dari itu, jika diantara kalian berencana melakukan mudik lebaran menggunakan transportasi kereta api, ada baiknya siapkan semua perlengkapannya dengan matang sejak awal.

Advertisements

Nah, untuk membantunya pada kesempatan kali ini kami akan memberikan daftar harga tiket kereta api lebaran untuk semua jenis, kelas, rute perjalanan, fasilitas sampai jam keberangkatannya. Selain itu, di bawah ini juga akan kami jelaskan secara lengkap mengenai syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi oleh penumpang ketika hendak melakukan perjalanan menggunakan kereta api.

Advertisements

Destinasi Rute Kereta Api Terpopuler

Destinasi Rute Kereta Api Terpopuler
Advertisements

Sebelum membahas poin utama mengenai harga tiket kereta api lebaran lebih lanjut, sebaiknya pahami terlebih dahulu beberapa destinasi ataupun rute perjalanannya. Memang benar bahwa hingga kini pemerintah belum memberikan pengumuman resmi mengenai perjalanan mudik lebaran lewat jalur darat, khususnya kereta api.

Meskipun begitu, dibandingkan tahun lalu saat ini pemerintah sudah semakin melonggarkan masyarakat yang ingin menempuh perjalanan jauh pada saat mudik lebaran. Sebagai bahan pertimbangan, di bawah ini akan kami berikan beberapa daftar rute perjalanan ataupun destinasi stasiun kereta api terpopuler saat mudik lebaran.

  • Bandung.
  • Medan.
  • Yogyakarta.
  • Surabaya.
  • Malang.
  • Semarang.
  • Jakarta.
  • Solo.
  • Cirebon.

Harga Tiket Kereta Api Lebaran Semua Rute Perjalanan

Setelah mengetahui beberapa destinasi perjalanan kereta api terpopuler saat menjelang liburan atau mudik lebaran, selanjutnya kalian juga harus mengerti berapa besaran harga tiketnya. Seperti halnya harga tiket bus saat mudik lebaran, tentunya tiket kereta api juga akan dijual dengan tarif yang sangat bervariasi di setiap stasiun.

Dimana harga tiket kereta api lebaran sendiri akan dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti jenis, rute perjalanan, kelas, kelengkapan fasilitas hingga jam keberangkatannya. Daripada penasaran, berikut akan kami jelaskan secara lengkap daftar harga tiket kereta api lebaran untuk semua rute perjalanan, jenis, kelas hingga kelengkapan fasilitasnya.

1. Harga Tiket Kereta Api Asal Yogyakarta

Rute PerjalananHarga Tiket
Yogyakarta – SoloRp 80.000
Yogyakarta – SurabayaRp 230.000
Yogyakarta – CirebonRp 240.000
Yogyakarta – JakartaRp 280.000
Yogyakarta – BandungRp 305.000
Yogyakarta – MalangRp 340.000

2. Harga Tiket Kereta Api Asal Semarang

Rute PerjalananHarga Tiket
Semarang – SurabayaRp 49.000
Semarang – SoloRp 70.000
Semarang – TegalRp 80.000
Semarang – JakartaRp 105.000
Semarang – CirebonRp 115.000
Semarang – BandungRp 130.000

3. Harga Tiket Kereta Api Asal Malang

Rute PerjalananHarga Tiket
Malang – SurabayaRp 35.000
Malang – BanyuwangiRp 62.000
Malang – JakartaRp 150.000
Malang – CirebonRp 170.000
Malang – YogyakartaRp 175.000
Malang – BandungRp 250.000

4. Harga Tiket Kereta Api Asal Jakarta

Rute PerjalananHarga Tiket
Jakarta – BandungRp 125.000
Jakarta – CirebonRp 165.000
Jakarta – SemarangRp 170.000
Jakarta – TegalRp 180.000
Jakarta – MalangRp 190.000
Jakarta – SurabayaRp 210.000
Jakarta – YogyakartaRp 230.000

Catatan : Harga tiket kereta api lebaran di atas dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Syarat Perjalanan Kereta Api Lebaran

Seperti saat hendak membeli tiket pesawat lebaran, ketika seseorang hendak melakukan perjalanan jauh menggunakan kereta api juga perlu memenuhi beberapa syarat dan ketentuan dari pemerintah. Dimana pemerintah bersamaan dengan PT KAI sendiri telah mengatur sejumlah persyaratan perjalanan para penumpangnya.

Adapun beberapa syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi oleh penumpang ketika hendak melakukan perjalanan mudik lebaran menggunakan kereta api diantaranya yaitu seperti di bawah ini.

  • Penumpang wajib memiliki bukti vaksin, minimal dosis pertama.
  • Penumpang yang baru mendapatkan vaksinasi dosis pertama, wajib melampirkan hasil tes Rapid Antigen atau PCR.
  • Khusus penumpang berusia di bawah 6 tahun diperbolehkan melakukan perjalanan dengan syarat didampingi orang tua tanpa menunjukkan kartu vaksin.
  • Penumpang dengan kesehatan ataupun penyakit khusus yang menyebabkan tidak diperbolehkan mendapatkan vaksinasi wajib melampirkan surat keterangan dokter dari rumah sakit pemerintah.
  • Penumpang wajib menggunakan NIK saat memesan tiket kereta api.
  • Penumpang kereta api harus dalam kondisi sehat.
  • Penumpang wajib menggunakan masker kain 3 lapis atau masker medis sesuai protokol kesehatan.
  • Penumpang sebaiknya mengurangi kerumunan untuk mengurangi mobilitas.
  • Penumpang tidak diperbolehkan untuk makan dan minum di dalam perjalanan kurang dari 2 jam, terkecuali untuk minum obat.

Tips Membeli Tiket Kereta Api Lebaran

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap mengenai daftar harga tiket kereta api lebaran untuk jenis, kelas hingga rute perjalanannya. Supaya rencana perjalanan mudik lebaran menggunakan kereta api bisa lancar tanpa adanya hambatan, ada baiknya ikuti beberapa tips hingga strategi memesan serta membeli tiketnya di bawah ini.

  • Tentukan jadwal perjalanan mudik lebaran dengan baik.
  • Gunakan channel penjualan tiket kereta api resmi.
  • Pastikan koneksi jaringan internet stabil.
  • Lebih teliti dalam menginput tanggal, rute ataupun data diri penumpang.
  • Persiapkan rute dan tanggal alternatif.
  • Selalu cek ketersediaan tiket kereta api secara berkala.

Kesimpulan

Dari pembahasan di atas dapat disimpulkan bahwa tiket kereta api untuk mudik lebaran dijual dengan tarif yang sangat bervariasi. Dimana harga tiket kereta api sendiri dipengaruhi oleh sejumlah faktor, mulai dari rute perjalanan, jenis, kelas penumpang, kelengkapan fasilitas hingga jam keberangkatannya.

Demikian sekiranya penjelasan dari Biayatarif seputar harga tiket kereta api lebaran untuk semua rute perjalanan, kelas, fasilitas hingga jam keberangkatannya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika hendak melakukan perjalanan mudik menggunakan transportasi kereta api.

Advertisements
Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.