Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

Tarif Tol Jakarta Jogja

Tarif Tol Jakarta Jogja

Tarif Tol Jakarta Jogja – Sejak adanya jalan bebas hambatan atau jalan tol terutama di Pulau Jawa, masyarakat yang hendak bepergian dari satu tempat ke tempat lainnya menjadi lebih mudah dan cepat. Namun untuk dapat menggunakan fasilitas tersebut, tentunya masyarakat diharuskan membayar tarif gerbang tol sesuai dengan golongan kendaraan.

Sebagaimana diketahui, semakin jauh rute perjalanan maka akan semakin besar pula biaya yang perlu dipersiapkan, sebagai contoh perjalanan dari Jakarta menuju Jogja. Oleh karena itu, sebelum melakukan perjalanan pastikan saldo e-toll sudah cukup terisi sehingga pembayaran gerbang tol dapat berjalan lancar.

Berbicara mengenai rute jalan tol dari Jakarta menuju Yogyakarta, tentunya pengendara akan melewati beberapa ruas tol seperti tol Cipali dan tol Semarang – Solo yang merupakan bagian dari tol Trans Jawa. Namun, sebagian besar orang belum mengerti berapa harga gerbang tol dari Jakarta ke Jogja.

Biasanya setiap golongan kendaraan memiliki ketentuan tarif berbeda-beda. Maka dari itu, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai rincian daftar tarif tol Jakarta Jogja untuk semua jenis golongan kendaraan yang boleh melintasinya.

Rute Tol Jakarta Jogja

Rute Tol Jakarta Jogja

Seperti dijelaskan di atas, seseorang yang hendak melakukan perjalanan dari kota Jakarta menuju Jogja akan melalui beberapa ruas tol. Pertama pengendara harus melalui jalan tol Cikopo – Palimanan dari Jakarta menuju Semarang dengan total panjang sekitar 442 km.

Jika sudah sampai di Semarang, kemudian pengendara masuk ke jalan tol Semarang – Solo dan keluar di gerbang tol Boyolali. Setelah itu, pengemudi juga harus melalui ruas tol Surakarta atau Solo menuju ke Klaten, baru jalan raya Solo – Jogja.

Tarif Tol Jakarta Jogja Semua Golongan

Tarif Tol Jakarta Jogja Semua Golongan

Karena termasuk ke dalam bagian dari TOL TRANS JAWA, tarif tol Jakarta Jogja untuk setiap jenis golongan kendaraan juga berbeda-beda. Umumnya kendaraan golongan 1 seperti mobil pribadi memiliki besaran tarif tol paling murah diantara lainnya. Untuk lebih jelasnya, simak baik-baik rincian tarif tol semua golongan kendaraan dari Jakarta menuju Jogja berikut ini.

Golongan KendaraanTarif Tol
Golongan 1Rp 387.000
Golongan 2Rp 580.000
Golongan 3Rp 631.000
Golongan 4Rp 827.000
Golongan 5Rp 878.000

Keterangan

  • Golongan 1 : Jip, sedan, truk kecil/pick up, bus.
  • Golongan 2 : Truk 2 gandar.
  • Golongan 3 : Truk 3 gandar.
  • Golongan 4 : Truk 4 gandar.
  • Golongan 5 : Truk 5 gandar.

Rest Area Tol Jakarta Jogja

Rest Area Tol Jakarta Jogja

Di atas sudah kami jelaskan secara lengkap mengenai tarif tol Jakarta Jogja untuk semua golongan kendaraan. Perlu diketahui, di sepanjang jalan tol Jakarta Jogja terdapat beberapa titik rest area yang dapat pengendara gunakan untuk beristirahat. Rest area tersebut juga sudah dilengkapi dengan beberapa fasilitas umum seperti SPBU, restoran, masjid, toilet hingga tempat parkir luas, diantaranya yaitu seperti di bawah ini.

  • Rest area Jakarta – Cikampek terletak di KM 19, 33, 39, 50, dan KM 57.
  • Rest area Cipali atau Cikopo – Palimanan terletak di KM 102, 130 dan KM 166.
  • Rest area Kanci – Palimanan terletak di KM 207.
  • Rest area Kanci – Pejagan terletak di KM 229.
  • Rest area Batang – Pemalang terletak di KM 252, Tipe A KM 321+500 serta Tipe A KM 344+500.
  • Rest area Batang – Semarang terletak di Tipe A KM 360, Tipe A KM 378-900 dan Tipe A KM 389+200.
  • Rest area Semarang – Solo KM 429 dan KM 456

Peta Jalan Tol Jakarta Jogja

Jika dihitung dari Jakarta menuju kota Yogyakarta, maka jarak jalan bebas hambatan yang harus ditempuh oleh pengndara yaitu 565 km. Jarak tersebut dapat ditempuh dengan estimasi atau perkiraan total waktu sekitar 8 jam 30 menit, asalkan di sepanjang jalan kalian tidak mengalami kendala seperti macet atau kendaraan mogok.

Kesimpulan

Perlu diketahui, rincian tarif tol di atas juga berlaku apabila pengendara melakukan perjalanan dari Kota Yogyakarta menuju Jakarta. Pastikan sebelum melakukan perjalanan, lebihkan dana pada saat pengisian saldo atau top up e-toll. Selain itu apabila kalian merasa lelah pada saat berkendara, sebaiknya istirahat sejenak di salah satu rest area.

Itulah sekiranya penjelasan seputar tarif tol Jakarta Jogja untuk semua golongan kendaraan beserta rute perjalanannya versi Biayatarif. Semoga daftar rincian harga tol di atas bermanfaat serta dapat dijadikan gambaran ketika hendak bepergian dari Jakarta menuju Jogja.

Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

Tarif Tol Surabaya Solo

Sofyan
3 min read

Tarif Tol Jakarta Semarang

Sofyan
3 min read

Tarif Tol Surabaya Madiun

Sofyan
3 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *