Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

√ Biaya Badal Haji 2022 : Syarat, Hukum & Prosedur Pelaksanaan

Biaya Badal Haji

Biaya Badal Haji – Seperti diketahui, menunaikan ibadah haji pastinya menjadi keinginan bagi setiap umat Islam di seluruh dunia. Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya haji merupakan bagian dari rukun Islam sehingga melaksanakannya dapat menyempurnakan ibadah bagi seorang muslim.

Haji sendiri ialah sebuah ritual tahunan bagi umat islam dengan berkunjung dan melaksanakan urutan kegiatan haji di beberapa tempat di Arab. Secara garis besarnya, Haji sebenarnya bukan ibadah wajib bagi semua umat Islam, melainkan diwajibkan bagi umat Islam yang mampu secara finansial serta fisik.

Bagi seseorang yang memang tidak mampu secara fisik akan tetapi ingin melaksanakan ibadah haji sebenarnya dapat menggunakan solusi badal haji. Dimana badal haji sendiri ialah ibadah haji yang dilakukan seseorang atas nama orang lain yang sudah meninggal ataupun tidak mampu berangkat karena kondisi fisik.

Di Indonesia sendiri sudah tersedia cukup banyak sekali agen yang menyediakan jasa badal haji. Tentunya setiap penyedia jasa tersebut memiliki ketentuan mengenai tarif atau biaya. Oleh sebab itu, apabila kalian berencana menunaikan badal haji menggunakan jasa terpercaya, ada baiknya cari tahu terlebih dahulu berapa besar biaya atau tarifnya.

Apa Itu Badal Haji?

Apa Itu Badal Haji

Sebelum membahas poin utama mengenai biaya badal haji lebih lanjut, sebaiknya pahami terlebih dahulu sekilas pengertiannya. Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, badal dapat diartikan sebagai pengganti atau wakil, jadi badal haji sendiri merupakan kegiatan menghajikan orang lain yang telah dikategorikan wajib haji (khususnya dari segi ekonomi) namun tidak mampu melaksanakannya karena adanya halangan diperbolehkan oleh syariat Islam.

Akan tetapi, terdapat juga pendapat bahwa badal haji ialah ibadah haji yang dilaksanakan oleh seseorang atas nama orang lain ketika telah mempunyai kewajiban untuk menunaikan ibadah haji. Namun, karena orang tersebut memiliki uzur atau berhalangan sehingga tidak bisa melaksanakan sendiri maka diperbolehkan untuk digantikan oleh orang lain.

Pada intinya, dalam ibadah badal haji tersebut yang akan mendapatkan pahala ibadah yaitu orang yang digantikan. Dimana untuk menunaikan ibadah badal haji sendiri juga sama halnya dengan ibadah haji biasa. Dimana seseorang bisa mendaftarkan diri untuk ibadah tersebut pada agen travel terkait paket ibadah badal haji.

Syarat Badal Haji

Agar bisa menunaikan ibadah badal haji, terdapat beberapa syarat tertentu wajib dipenuhi oleh umat muslim. Maka dari itu, sebagai bahan gambaran di bawah ini akan kami jelaskan secara lengkap mengenai sejumlah syarat menunaikan ibadah badal haji.

  • Orang yang digantikan untuk berhaji harus memenuhi ketentuan berhaji seperti mampu secara finansial sebagai syarat utamanya. Orang tersebut dalam keadaan sakit tidak kunjung sembuh sehingga tidak dimungkinkan untuk berangkat haji sendiri atau orang tersebut telah meninggal dunia.
  • Orang yang menggantikan ibadah haji telah menunaikan haji sebelumnya. Apabila belum menunaikan ibadah haji, maka tidak boleh menggantikan seseorang untuk berhaji.
  • Orang yang menggantikan untuk berhaji boleh pria ataupun wanita asalkan sanggup untuk melaksanakan haji.
  • Satu orang hanya bisa menggantikan untuk berhaji satu orang saja, tidak boleh dua orang atau bahkan lebih.

Prosedur Pelaksanaan Badal Haji

Selain harus mengetahui besaran biaya jasa badal haji, tentunya kalian juga harus mengerti bagaimana tata cara pelaksanaannya. Secara umum, tata cara atau prosedur pelaksanaan badal haji sama dengan pelaksanaan haji untuk diri sendiri. Namun terdapat sedikit perbedaan pada bagian niat.

Dimana pada saat membaca niat harus diniatkan untuk orang yang dihajikan. Sementara untuk masalah miqat ibadah haji terdapat perbedaan diantara ulama-ulama dimana mazhab Hambali berpendapat bahwa orang yang melakukan badal haji wajib memulai ihramnya dari miqat negeri orang yang dibadalkan.

Sementara mazhab Syafi’i berpendapat bahwa orang yang berkewajiban haji pertama kali, tetapi diupahkan kepada orang lain, maka orang yang membadalkan haji harus niat dari miqatnya orang yang dibadalkan. Di Indonesia sendiri pelaksanaan haji diatur dalam PMA No 14 tahun 2012 mengenai Penyelenggaraan Ibadah Haji Reguler.

Biaya Badal Haji

Berbicara mengenai badal haji, tentunya kalian juga harus mengerti mengenai berapa besar biaya yang perlu dipersiapkan untuk melaksanakan kegiatan tersebut. Perlu diketahui, besaran biaya badal haji sebenarnya sedikit lebih murah apabila dibandingkan dengan biaya ibadah haji biasa.

Dimana untuk saat ini besaran biaya badal haji sendiri berada di kisaran Rp 7.000.000 sampai Rp 15.000.000, tergantung dari kelengkapan fasilitasnya. Namun, umumnya harga rata-rata untuk melakukan ibadah badal haji yaitu sekitar Rp 11.000.000 saja, jauh lebih murah ketimbang biaya haji biasa.

Di Indonesia sendiri saat ini sudah tersedia cukup banyak agen travel wisata yang menawarkan paket untuk badal haji. Akan tetapi, perlu diperhatikan bahwa kalian tidak boleh asal-asalan dalam menunaikan badal haji. Pasalnya terdapat beberapa syarat dan ketentuan harus dipenuhi terlebih dahulu seperti sudah dijelaskan sebelumnya.

Tips Memilih Jasa Badal Haji

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap mengenai biaya badal haji dilengkapi dengan syarat dan ketentuan hingga tata cara pelaksanaannya. Mencari paket badal haji sebenarnya tidaklah susah ataupun sulit karena sudah tersedia cukup banyak agen travel penyedia jasa tersebut dengan harga sangat bervariasi.

Namun sayangnya, tidak semua agen travel penyedia jasa badal haji maupun umroh dapat dipercaya sepenuhnya. Maka dari itu, sebagai gambaran di bawah ini akan kami berikan beberapa tips dalam memilih jasa badal haji atau umroh terpercaya.

  • Pelayanan ramah dan bertanggung jawab.
  • Tim profesional dan berpengalaman.
  • Tingkat kepuasan klien tinggi.
  • Pastikan tidak ada bisnis di dalamnya.
  • Pastikan metode pembayarannya jelas.
  • Jasa agen travel mempunyai legalitas.
  • Perhatikan kelengkapan fasilitasnya.

Kesimpulan

Itulah sekiranya penjelasan dari Biayatarif seputar biaya badal haji dilengkapi dengan syarat dan prosedur pelaksanaan hingga tips memilih jasa agen travel terpercaya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika hendak menunaikan ibadah badal haji.

Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.