Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

3 Biaya Pondok Pesantren Krapyak Yogyakarta 2021 : MTs & MA

Biaya Pondok Pesantren Krapyak Yogyakarta

Biaya Pondok Pesantren Krapyak Yogyakarta – Pondok Pesantren Ali Maksum Krapyak Yogyakarta ialah sebuah lembaga pendidikan sekaligus sosial keagamaan. Pondok Pesantren tersebut terletak di Desa Krapyak Al Munawwir Kulon Yogyakarta yang didirikan oleh seorang ulama bernama Kyai Haji Ali Maksum.

Pondok Pesantren Krapyak sendiri menerapkan sistem salaf yang hingga kini mampu bertahan serta terus berkembang seiring berjalannya waktu. Selain memberikan pendidikan dalam bidang Al-Qur’an, pondok pesantren tradisional tersebut juga mempelajari bidang lain seperti kitab-kitab kuning (kutubussalaf assholih).

Hal itulah yang menjadi salah satu alasan mengapa seseorang hendak mendaftarkan diri untuk menempuh jenjang pendidikan di Pondok Pesantren Krapyak Yogyakarta. Akan tetapi, setiap calon santri ataupun santriwati yang hendak mendaftar di ponpes tersebut pastinya perlu memenuhi beberapa syarat beserta ketentuannya.

Adapun beberapa syarat dan ketentuan pendaftaran Ponpes Krapyak Yogyakarta tersebut yaitu seperti membayar biaya administrasinya. Maka dari itu, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara rinci besaran biaya Pondok Pesantren Krapyak Yogyakarta dilengkapi dengan prosedur pendaftarannya.

Jenjang Pendidikan Ponpes Krapyak Yogyakarta

Sebelum pembahasan utama mengenai besaran biaya Pondok Pesantren Krapyak Yogyakarta berlanjut, ada baiknya ketahui terlebih dahulu jenjang pendidikannya. Hingga kini, Pondok Pesantren Krapyak Yogyakarta menawarkan 2 jenis pendidikan kepada para murid-muridnya.

Jenjang pendidikan di Ponpes Ali Maksum Krapyak pertama yaitu MTs atau Madrasah Tsaniwiyah terakreditasi A. MTs Ali Maksum Krapyak memadukan program kurikulum lokal ponpes serta kurikulum nasional (Depag dan Diknas) sehingga dapat dikatakan setara dengan SMP.

Selanjutnya yaitu ada Madrasah Aliyah atau MA. Madrasah Aliyah ialah sebuah lembaga pendidikan formal setingkat SLTA dengan akreditasi A. Ponpes Krapyak Yogyakarta sendiri menyelenggarakan pendidikan dengan 3 jurusan, yaitu jurusan Agama, Ilmu Pengetahuan Alam serta Ilmu Pengetahuan Sosial.

Syarat Daftar Pondok Pesantren Krapyak Yogyakarta

Selain harus membayar biaya pendaftaran Pondok Pesantren Krapyak Yogyakarta, calon santri juga diwajibkan memenuhi beberapa syarat lainnya. Perlu diketahui, Ponpes Krapyak Yogyakarta tersebut menyelenggarakan pendidikan baik itu bagi peserta didik putra maupun putri.

Adapun beberapa syarat dan ketentuan pendaftaran Pondok Pesantren Ali Maksum Krapyak Yogyakarta tersebut diantaranya yaitu seperti di bawah ini.

  • Berusia minimal 14 tahun untuk MTs.
  • Berusia minimal 17 tahun untuk MA.
  • Sehat jasmani dan rohani.
  • Mengisi formulir pendaftaran.
  • Mengunggah akta kelahiran.
  • Mengunggah Kartu Keluarga (KK).
  • Mengunggah pas foto 3×4.
  • Mengunggah surat keterangan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN).
  • Mengisi ukuran seragam saat pendaftaran.
  • Membayar biaya pendaftaran Pondok Pesantren Krapyak Yogyakarta.
  • Mengikuti tes seleksi masuk Ponpes Krapyak Yogyakarta.
  • Calon santri yang tidak lulus sekolah akan dinyatakan gugur dan tidak bisa melanjutkan pendidikan.
  • Materi tes MTs
    • Baca tulis Al-Qur’an.
    • Tes potensi akademik.
    • Wawancara.
  • Materi tes MA
    • Baca Al-Qur’an.
    • Tes potensi akademik.
    • Wawancara.
    • Tes bahasa Arab.

Cara Daftar Pondok Pesantren Krapyak Yogyakarta

Seperti halnya Pondok Pesantren Gontor, tata cara pendaftaran santri baru Pondok Pesantren Ali Maksum Krapyak Yogyakarta juga sudah dapat dilakukan secara online. Dimana calon santri dapat melakukan pendaftaran melalui situs resmi Ponpes Krapyak Yogyakarta di https://pendaftaran.krapyak.org/.

Setelah pendaftaran secara online diterima, maka calon santri perlu mengikuti tes seleksi ujian masuk di Pondok Pesantren Krapyak Yogyakarta. Namun perlu diingat bahwa tempat untuk melakukan tes biasanya tertera pada kartu tes calon santri yang sudah didapatkan ketika melakukan pendaftaran.

Biaya Pondok Pesantren Krapyak Yogyakarta

Setelah mengetahui syarat hingga prosedur pendaftaran Pondok Pesantren Ali Maksum Krapyak Yogyakarta, selanjutnya kalian juga harus mengerti berapa besaran biayanya. Seperti biaya Ponpes Lirboyo, biaya masuk Pesantren Krapyak Yogyakarta terdiri dari beberapa komponen, baik itu jenjang MTs ataupun MA.

Tentunya biaya pendidikan tersebut wajib dibayarkan oleh seluruh santri pada saat pertama kali masuk ataupun saat masa pembelajaran. Agar lebih jelasnya, berikut ini akan kami berikan rincian biaya Pondok Pesantren Ali Maksum Krapyak Yogyakarta, mulai dari biaya pendaftaran, biaya daftar ulang sampai biaya bulanan.

Biaya Pendaftaran

Setiap calon santri yang mendaftarkan diri di Pondok Pesantren Ali Maksum Krapyak Yogyakarta perlu membayar biaya administrasi pendaftaran sebesar Rp 300.000, baik itu putra ataupun putri. Dimana biaya administrasi ini dibayarkan pada saat calon santri melakukan pendaftaran secara online melalui situs resmi Ponpes Krapyak Yogyakarta.

Biaya Pesantren Tahun Pertama

Selanjutnya yaitu ada biaya pesantren tahun pertama atau biasa disebut dengan biaya daftar ulang santri baru. Jika santri tidak melakukan pembayaran pada tanggal daftar ulang, maka mereka akan dianggap telah mengundurkan diri. Adapun besaran biaya daftar ulang Pondok Pesantren Krapyak Yogyakarta tersebut diantaranya yaitu seperti berikut ini.

MTs

UraianBiaya
IPPRp 2.000.000
PPKPRp 5.800.000
Syahriyah 3 bulanRp 2.700.000
JumlahRp 10.500.000

MA

UraianBiaya
IPPRp 2.000.000
PPKPRp 6.300.000
Syahriyah 3 bulanRp 2.700.000
JumlahRp 11.000.000

Keterangan :

  • Paket Penunjang Kegiatan Pendidikan (PPKP) : Uang pangkal, 4 stel seragam madrasah, seragam asrama, kitab pengajian, dana kesehatan serta dana kegiatan santri.
  • Infaq Pengembangan dan Pembangunan (IPP).
  • Syahriyah selama 3 bulan pertama.

Biaya Bulanan

Selain biaya pendaftaran dan biaya daftar ulang, Ponpes Krapyak Yogyakarta juga mempunyai ketentuan terkait biaya syahriyah ataupun biaya bulanannya. Dimana biaya syahriyah ini mencakup biaya madrasah, asrama, pengajian, asrama, makan 3 kali sehari hingga cuci pakaian.

Untuk pembayaran biaya bulanan atau syahriyah ini dilakukan per 3 bulan oleh semua santri pada awal periode pembelajaran. Di bawah ini adalah rincian biaya bulanan Pondok Pesantren Krapyak Yogyakarta, baik itu untuk jenjang MTs ataupun MA.

Jenjang PendidikanBiaya
MTsRp 900.000 / bulan
MARp 900.000 / bulan

Call Center Ponpes Krapayak Yogyakarta

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap mengenai besaran biaya Pondok Pesantren Ali Maksum Krapyak Yogyakarta dilengkapi prosedur pendaftarannya, baik itu untuk jenjang SMP ataupun SMA. Sebagai informasi tambahan, sebenarnya pondok pesantren tersebut tidak hanya menerima calon santri dari wilayah Yogyakarta saja.

Akan tetapi, yayasan Ali Maksum tersebut juga pastinya akan menerima pendaftaran calon santri baru dari seluruh wilayah Indonesia. Jika masih bingung, saran kami sebaiknya tanyakan secara langsung kepada pihak Ponpes Krapyak Yogyakarta melalui beberapa contact center berikut ini.

  • Telepon : +62 274 450 103
  • Email : info@krapyak.org
  • Facebook : @yayasan.ali.maksum
  • Twitter : @pondokkrapyak
  • Instagram : @yayasan.ali.maksum

Kesimpulan

Dari pembahasan di atas dapat diambil kesimpulan bahwa Pondok Pesantren Ali Maksum Krapyak Yogyakarta menyelenggarakan 2 jenjang pendidikan, yaitu MTs serta MA. Sementara untuk besaran biaya pendidikannya sendiri terbagi menjadi beberapa komponen, mulai dari biaya pendaftaran, biaya daftar ulang hingga biaya bulanan atau syahriyah.

Demikian sekiranya pembahasan dari Biayatarif seputar besaran biaya Pondok Pesantren Krapyak Yogyakarta untuk jenjang SMP dan SMA dilengkapi dengan syarat hingga tata cara pendaftarannya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan sebelum mendaftarkan diri di Pondok Pesantren Ali Maksum Krapyak Yogyakarta.

Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *