Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

Biaya Cek Kadar Vitamin D di Prodia 2022 : Prosedur & Efek Samping

Biaya Cek Kadar Vitamin D di Prodia
Advertisements

Biaya Cek Kadar Vitamin D di Prodia – Selama beberapa tahun terakhir, masyarakat Indonesia bertahan hidup di tengah-tengah pandemi Covid-19. Munculnya varian-varian virus baru yang semakin ganas dan cepat menular membuat kita harus lebih waspada serta aktif dalam memperkuat kekebalan ataupun imun tubuh.

Maka dari itu, salah satu upaya untuk menjaga imun tubuh tetap kuat yaitu dengan mengonsumsi makanan sehat dan vitamin. Beberapa jenis vitamin yang sangat direkomendasikan untuk menguatkan kekebalan tubuh diantaranya yaitu seperti vitamin B, vitamin C dan yang tidak kalah populer belakangan ini adalah vitamin D.

Dimana vitamin D sendiri mempunyai sejumlah manfaat untuk tubuh, mulai dari menjaga kesehatan tulang hingga meningkatkan imunitas tubuh seseorang. Untuk mengetahui kadar vitamin D di dalam tubuh, kalian bisa melakukannya dengan cara melakukan skrining di beberapa rumah sakit atau klinik kesehatan, salah satunya yaitu Klinik Laboratorium Prodia.

Advertisements

Nah, jika kalian berencana menjalani skrining kadar vitamin D di Klinik Laboratorium Prodia, ada baiknya pahami terlebih dahulu berapa besar biayanya. Untuk membantunya, pada kesempatan kali ini kami akan membahas secara tuntas mengenai biaya cek kadar vitamin D di Prodia semua cabang dilengkapi prosedur pemeriksaannya.

Advertisements

Manfaat Cek Kadar Vitamin D

Manfaat Cek Kadar Vitamin D
Advertisements

Sebelum pembahasan utama mengenai biaya cek kadar vitamin D di Klinik Prodia berlanjut, sebaiknya pahami terlebih dahulu apa saja manfaatnya. Secara garis besar, skrining kadar vitamin D bagi masyarakat Indonesia mungkin masih jarang dilakukan.

Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya tidak banyak orang mengetahui tentang jenis pemeriksaan ini serta seberapa penting dalam memantau kadar vitamin D di dalam tubuh. Selain digunakan untuk melihat kadar vitamin D, hasil pemeriksaan juga nantinya dapat digunakan untuk mendiagnosis penyakit osteoporosis serta rakhitis.

Vitamin D sendiri sangat berperan penting dalam tubuh, sebab ia berfungsi untuk membantu penyerapan kalsium dan mempertahankan tulang supaya tetap kuat. Mungkin sebagian besar dari kalian sudah mengetahui bahwa vitamin D bisa dihasilkan sendiri oleh tubuh ketika sinar ultraviolet dari matahari saat menyentuh kulit.

Sementara sumber lainnya dihasilkan dari konsumsi makanan serta minuman seperti ikan, telur, produk susu hingga suplemen vitamin D. Agar bisa digunakan, vitamin D harus melalui sejumlah proses pengolahan terlebih dahulu di dalam tubuh dan pertama kali biasanya terjadi di hati.

Indikasi Kekurangan Vitamin D

Perlu diketahui, Klinik Laboratorium Prodia akan melakukan prosedur pemeriksaan 25-OH total dalam mengetahui kadar vitamin D di dalam tubuh seseorang. Adapun beberapa kondisi seseorang yang berisiko tinggi mempunyai kadar vitamin D rendah diantaranya yaitu seperti di bawah ini.

  • Tidak banyak terpapar sinar matahari (ultraviolet).
  • Sudah berusia lanjut.
  • Mengalami obesitas.
  • Seseorang pernah menjalani operasi bypass lambung.
  • Mempunyai penyakit usus seperti penyakit Chron sehingga membuat tubuh kesulitan dalam menyerap nutrisi.
  • Mudah lelah.
  • Nyeri tulang dan punggung.
  • Tulang keropos.
  • Rakitis.

Prosedur Cek Kadar Vitamin D di Prodia

Prosedur Cek Kadar Vitamin D di Prodia

Tujuan utama dilakukannya cek kadar vitamin D yaitu untuk menyelidiki masalah yang berhubungan dengan metabolisme tulang, kadar mineral dalam darah ataupun fungsi paratiroid. Pemeriksaan kadar vitamin D 25-OH total merupakan jenis tes paling umum yang dilakukan dalam mengukur kadar vitamin D dalam tubuh, termasuk di Klinik Prodia.

Perlu diketahui, sebenarnya prosedur cek kadar vitamin D di Klinik Laboratorium Prodia hampir sama seperti saat menjalani cek kadar gula darah, yaitu menggunakan sampel darah. Maka dari itu, selain harus mengetahui besaran biaya cek kadar vitamin D di Klinik Laboratorium Prodia, kalian juga wajib mengetahui prosedur pemeriksaannya di bawah ini.

  1. Pertama-tama, petugas medis membersihkan area lengan bagian kanan pasien dengan cairan antiseptik.
  2. Setelah itu petugas medis akan mengikat lengan pasien menggunakan karet elastis.
  3. Kemudian petugas medis mulai mencari pembuluh darah di lengan pasien.
  4. Apabila pembuluh darah ketemu, petugas medis mulai menyuntikkan jarum ke lengan pasien guna mengambil sampel darah.
  5. Apabila sampel darah di dalam tabung dirasa sudah mencukupi, petugas medis lalu melepaskan jarum suntikan.
  6. Langkah terakhir, petugas medis memberikan kapas atau perban guna menutup area bekas luka suntikan.

Nantinya sampel darah pasien tersebut akan di bawah ke laboratorium untuk dilakukan penelitian terkait kadar vitamin D di dalam tubuh. Biasanya proses pengambilan sampel darah pasien di Klinik Laboratorium Prodia membutuhkan waktu kurang lebih sekitar 10 sampai 15 menit.

Biaya Cek Kadar Vitamin D di Prodia

Perlu diketahui, sebenarnya hampir semua cabang Klinik Laboratorium Prodia mematok harga atau tarif cek kadar vitamin D yang serupa. Bahkan beberapa cabang Klinik Prodia juga kerap memberikan promo berupa diskon voucher atau potongan harga yang bisa mencapai 20% setiap pemeriksaannya.

Untuk besaran biaya cek kadar vitamin D di Klinik Laboratorium Prodia melalui pemeriksaan 25-OH total sendiri di mulai dari Rp 347.000. Tentunya besaran biaya cek kadar vitamin D di Prodia melalui pemeriksaan 25-OH total ini jauh lebih mahal ketimbang biaya cek kadar kolesterol di Prodia.

Saran kami, sebaiknya siapkan anggaran biaya melebihi perkiraan di atas untuk berjaga-jaga apabila nantinya terdapat penyesuaian tarif sesuai kebijakan Klinik Laboratorium Prodia. Jika sedang beruntung, maka kalian bisa mendapatkan voucher diskon potongan harga pemeriksaan yang tergolong cukup besar.

Efek Samping Cek Kadar Vitamin D di Prodia

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap mengenai besaran biaya cek kadar vitamin D di Klinik Prodia hingga prosedur pemeriksaannya. Meskipun cek kadar vitamin D di Prodia merupakan prosedur aman dilakukan, namun tetap saja bahwa pemeriksaan tersebut memiliki sejumlah efek samping kepada para pasien.

Sebagai bahan pertimbangan, berikut akan kami berikan sejumlah risiko atau efek samping setelah menjalani cek kadar vitamin D di Klinik Laboratorium Prodia.

  • Infeksi di area bekas suntikan.
  • Merasakan pusing atau sensasi ingin pingsan.
  • Adanya pengumpulan darah di bawah kulit.
  • Pendarahan di area bekas suntikan.
  • Luka bekas suntikan memar.
  • Rasa nyeri di sekitar bekas suntikan.

Kesimpulan

Dari pembahasan di atas dapat diambil kesimpulan bahwa Klinik Laboratorium Prodia memiliki jenis pemeriksaan 25-OH total untuk mengecek kadar vitamin D di dalam tubuh seseorang. Untuk besaran biayanya sendiri sebenarnya hampir sama di setiap cabang sehingga informasi di atas bisa dijadikan sebagai acuan.

Demikian sekiranya penjelasan dari Biayatarif seputar biaya cek kadar vitamin D di Prodia semua cabang dilengkapi dengan prosedur hingga efek sampingnya. Semoga ulasan di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika ingin menjalani cek kadar vitamin D di Klinik Laboratorium Prodia terdekat.

Advertisements
Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.