Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

Biaya Cek Golongan Darah di Prodia

Biaya Cek Golongan Darah di Prodia

Biaya Cek Golongan Darah di Prodia – Sebagaimana diketahui, pengecekan golongan darah di dalam tubuh penting untuk dilakukan oleh seseorang. Hal ini bukan tanpa alasan, karena dengan mengetahui jenis golongan darah, maka bantuan medis dapat dilakukan lebih cepat.

Selain itu, pengetesan golongan darah seseorang juga bisa dimanfaatkan untuk memeriksa kondisi kesehatan tubuh seseorang yang akan melangsungkan pernikahan. Golongan darah sendiri biasanya ditentukan oleh gen dari orang tua, entah itu ayah ataupun ibu.

Untungnya, saat ini seseorang dapat melakukan pengecekan golongan darah di dalam tubuh di beberapa pusat pelayanan kesehatan, salah satunya yaitu di Laboratorium Klinik Prodia. Terlebih lagi, hampir semua cabang Klinik Prodia di Indonesia saat ini sudah menyediakan jasa pelayanan tersebut.

Akan tetapi, ketika hendak menjalani tes golongan darah di Klinik Prodia, tentunya mereka harus mengikuti seluruh prosedurnya, terutama membayar biaya administrasinya. Oleh sebab itu, kali ini kami akan memberikan rincian biaya cek golongan darah di Prodia untuk semua cabang di Indonesia.

Kegunaan Cek Golongan Darah

Kegunaan Tes Golongan Darah

Sebelum pembahasan utama mengenai biaya cek golongan darah di Prodia berlanjut, ada baiknya pahami terlebih dahulu tujuan ataupun kegunaannya. Pengecekan golongan darah seseorang menjadi salah satu syarat utama ketika hendak mendonorkan darah ataupun menerima transfusi darah.

Pasalnya, tidak semua golongan darah dapat cocok antara satu sama lain. Bahkan, jika penerimaan darah tidak sesuai dengan golongan darah kalian, kemungkinan besar akan memicu penggumpalan darah serta komplikasi berakibat fatal bagi kondisi kesehatan tubuh.

Selain itu, cek golongan darah juga penting untuk dilakukan oleh ibu hamil. Golongan darah ibu dan janin dengan rhesus tidak cocok bisa berpotensi membahayakan janin di dalam kandungan. Di beberapa kasus, kondisi tersebut bisa menyebabkan bayi terlahir dengan gangguan kesehatan atau bahkan mengalami kematian di dalam kandungan.

Indikasi Tes Golongan Darah

Indikasi Tes Golongan Darah

Pengecekan golongan darah di dalam tubuh memang dapat dilakukan kapanpun oleh seseorang. Meskipun demikian, terdapat beberapa kondisi pasien yang diwajibkan untuk melakukan cek golongan darah, diantaranya yaitu seperti di bawah ini.

  • Sedang dalam masa kehamilan atau mengandung.
  • Akan mendonorkan darahnya.
  • Memerlukan transfusi darah,
  • Akan menjalani operasi bedah.
  • Akan mendonorkan suatu organ untuk kebutuhan transplantasi.
  • Membantu proses hukum dengan maksud memeriksa identitas seseorang.
  • Sebagai pertanda ataupun indikasi hubungan keluarga.

Prosedur Cek Golongan Darah di Prodia

Prosedur Cek Golongan Darah di Prodia

Seperti dijelaskan sebelumnya, salah satu prosedur yang harus dilakukan oleh pasien ketika cek golongan darah di Klinik Laboratorium Prodia yaitu membayar biaya ataupun tarif jasa pelayanannya. Perlu diketahui, Klinik Lab Prodia melakukan pengecekan golongan darah seseorang melalui pengambilan sampel darah.

Dimana sampel darah tersebut nantinya dibawa ke dalam laboratorium untuk dilakukan penelitian. Adapun beberapa hal yang harus dijalani oleh pasien dalam pengambilan sampel darah terkait prosedur cek golongan darah di Prodia tersebut diantaranya yaitu seperti di bawah ini.

  1. Pertama-tama, tenaga medis membersihkan daerah pengambilan darah memakai cairan antiseptik agar kuman dan bakteri terbunuh.
  2. Kemudian lengan kanan atas pasien diikat menggunakan sebuah perban elastis supaya aliran darah dapat terkumpul.
  3. Apabila pembuluh vena ditemukan, petugas medis akan mengambil sampel darah pasien menggunakan suntikan jarum steril.
  4. Jika jumlah sampel darah dirasa sudah cukup, maka tenaga medis segera mencabut jarum suntik di lengan pasien.
  5. Tahap terakhir, luka bekas suntikan jarum tersebut akan ditutup menggunakan perban maupun kapas steril.

Biasanya prosedur cek golongan darah di Lab Prodia membutuhkan waktu kurang lebih sekitar 5 menit sampai 15 menit. Nantinya pasien diminta menunggu konfirmasi dari pihak Laboratorium Prodia mengenai jenis golongan darah.

Biaya Cek Golongan Darah di Prodia

Biaya Cek Golongan Darah di Prodia Semua Cabang

Bisanya besaran biaya cek golongan darah di Prodia akan sedikit lebih mahal jika dibandingkan CEK GOLONGAN DARAH DI PUSKESMAS. Sebab, Klinik Laboratorium Prodia memberikan pelayanan terbaik mereka dengan cara menghadirkan tenaga ahli berpengalaman serta peralatan medisnya lebih lengkap.

Umumnya, semua cabang Klinik Lab Prodia di Indonesia mematok tarif atau harga jasa pelayanan cek golongan darah serupa, yaitu mulai dari Rp 84.000. Biaya cek golongan darah di Prodia ini biasanya sudah meliputi biaya administrasi, biaya pemeriksaan hingga vitamin jika memang diperlukan.

Namun, perlu diingat bahwa besaran biaya tersebut dapat berubah sewaktu-waktu tergantung dari kebijakan Klinik Lab Prodia. Maka dari itu, akan lebih baik jika kalian mempersiapkan anggaran biaya melebihi perkiraan di atas untuk berjaga-jaga apabila nantinya terjadi penyesuaian tarif.

Efek Samping Cek Golongan Darah di Prodia

Efek Samping Cek Golongan Darah di Prodia

Seperti halnya CEK GOLONGAN DARAH DI KIMIA FARMA, prosedur pemeriksaan golongan darah di Prodia juga sedikit memiliki risiko ataupun efek samping kepada pasiennya. Nah, berikut adalah beberapa efek samping saat menjalani cek golongan darah di Klinik Prodia.

  • Pasien merasa sakit kepala atau pusing.
  • Pasien mengalami pendarahan hebat.
  • Pasien mengalami infeksi akibat suntikan ataupun tusukan jarum.
  • Pasien mengalami pendarahan di bawah lapisan kulit atau biasa hematoma.

Kesimpulan

Dari pembahasan di atas dapat diambil kesimpulan bahwa semua cabang Klinik Lab Prodia di Indonesia mematok tarif ataupun harga jasa pelayanan pemeriksaan golongan darah serupa. Meskipun terdapat perbedaan biaya antar cabang, itupun selisihnya pasti tidak akan terlalu jauh.

Itulah sekiranya pembahasan rincian biaya cek golongan darah di Prodia untuk semua cabang dilengkapi efek samping ataupun risikonya versi Biayatarif. Semoga dengan adanya informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika hendak melakukan tes golongan darah di Klinik Lab Prodia terdekat.

Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *