Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

Biaya Endoskopi di RS Hermina

Biaya Endoskopi di RS Hermina 1

Biaya Endoskopi di RS Hermina – Hadirnya penyakit di dalam tubuh kita memang tidak pernah bisa diduga. Dari sekian banyaknya jenis penyakit, sakit perut mungkin menjadi salah satu jenis penyakit yang hampir dialami oleh semua orang.

Terutama bagi seseorang dengan lambung lemah, mereka akan merasakan beragam gejala yang membuat tidak nyaman seperti rasa nyeri, mual, muntah hingga pusing. Jika mengalami hal tersebut, tidak ada salahnya untuk segera pergi ke dokter dan memeriksakan kondisi tubuh.

Umumnya dokter spesialis penyakit dalam akan menyarankan kalian menjalankan pemeriksaan endoskopi apabila gejala-gejala dianggap berisiko. Namun, sebelum melakukan pemeriksaan endoskopi ada baiknya periksa terlebih dahulu berapa tarif atau harganya, terutama di RS Hermina.

Nah, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai rincian biaya endoskopi di RS Hermina untuk semua cabang beserta prosedurnya. Tanpa berlama-lama lagi, langsung saja simak baik-baik seluk beluk pemeriksaan endoskopi di Rumah Sakit Hermina di bawah ini.

Apa Itu Endoskopi

Apa Itu Endoskopi

Sebagaimana diketahui, endoskopi merupakan serangkaian pemeriksaan kondisi organ tubuh tertentu secara visual menggunakan alat khusus bernama endoskop. Selain itu, endoskopi juga bisa digunakan sebagai prosedur pembedahan untuk beberapa kondisi.

Endoskop sendiri merupakan alat berbentuk tabung panjang, tipis serta fleksibel yang dilengkapi dengan sumber cahaya dan kamera di salah satu ujungnya. Gambar dari kamera tersebut nantinya akan dihubungkan ke monitor sehingga tim medis bisa mengamati kondisi organ tubuh.

Kegunaan Endoskopi

Kegunaan Endoskopi

Di dalam dunia medis, endoskopi dimanfaatkan untuk berbagai macam tujuan. Sebelum membahas biaya endoskopi di RS Hermina lebih lanjut, alangkah baiknya ketahui terlebih dahulu mengenai apa saja kegunaan endoskopi.

  • Memeriksa organ dalam tubuh.
  • Mendiagnosis suatu penyakit atau mencari tahu gejala.
  • Memberikan terapi tertentu.
  • Membantu dokter dalam tindakan pembedahan.
  • Mengatasi masalah medis tertentu.

Prosedur Pelaksanaan Endoskopi di RS Hermina

Prosedur Pelaksanaan Endoskopi di RS Hermina

Tentunya semua rumah sakit memiliki prosedur pelaksanaan ketika hendak melakukan pemeriksaan endoskopi. Prosedur endoskopi di RS Hermina terbagi menjadi dua tahap, yaitu tahap persiapan, tahap pelaksanaan serta tahap akhir.

Tahap Persiapan

Di beberapa kasus, pasien diharuskan meminum obat antibiotik. Hal ini diperlukan karena efek samping endoskopi dapat menyebabkan infeksi sehingga dengan meminum obat antibiotik bisa meminimalisir risiko infeksi. Selain itu, pasien juga akan diberi obat penenang atau bius selama proses endoskopi berlangsung.

Tahap Pelaksanaan

Setelah melalui tahap persiapan, maka selanjutnya tim medis akan segera memulai prosedur endoskopi. Biasanya proses endoskopi akan memerlukan waktu kurang lebih selama 15 menit hingga 1 jam atau bahkan lebih tergantung kondisi pasien serta jenis endoskopi.

Tahap Akhir

Setelah pelaksanaan pemeriksaan endoskopi sudah selesai, maka pasien diharuskan beristirahat selama satu jam sampai efek dari obat penenang menghilang. Pasien juga diperbolehkan menginap selama satu hari di RS Hermina. Sebagai bahan acuan, kalian juga bisa mengecek TARIF RAWAT INAP RS HERMINA PURWOKERTO terlebih dahulu.

Biaya Endoskopi di RS Hermina

Rincian Biaya Endoskopi di RS Hermina

Pada dasarnya besaran harga atau tarif pemeriksaan endoskopi di Rumah Sakit Hermina cukup beragam. Biaya endoskopi di RS Hermina juga bisa dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti jenis endoskopi serta tingkat kesulitannya.

Rumah Sakit Hermina mematok harga pemeriksaan endoskopi bagi pasiennya mulai dari Rp 2.500.000 hingga Rp 7.000.000. Saran kami sebaiknya siapkan dana melebihi perkiraan tersebut sekitar 20% atau 30% untuk berjaga-jaga apabila terjadi hal-hal di luar dugaan.

Efek Samping Menjalani Endoskopi

Efek Samping Menjalani Endoskopi

Di atas sudah kami berikan kisaran biaya endoskopi di RS Hermina untuk semua cabang seperti Bekasi, Depok, Jatinegara dan lain sebagainya. Perlu diketahui, pelaksanaan endoskopi juga memiliki risiko atau efek samping kepada para pasien. Maka dari itu, di bawah ini akan kami berikan beberapa efek samping setelah melakukan endoskopi.

  • Risiko infeksi dan pendarahan.
  • Sakit, nyeri atau rusaknya organ.
  • Perforasi serta trauma.
  • Terjebaknya kapsul endoskopi.

Apabila diantara kalian mengalami beberapa efek samping tersebut, tidak usah merasa cemas. Namun, sebaiknya segera pergi ke RS Hermina untuk berkonsultasi kepada dokter spesialis endoskopi.

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas dapat diambil kesimpulan bahwa besaran tarif pelaksanaan endoskopi di Rumah Sakit Hermina dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor. Oleh sebab itu, sebelum melakukan endoskopi ada baiknya konsultasikan terlebih dahulu ke dokter spesialis penyakit dalam.

Itulah sekiranya penjelasan dari Biayatarif mengenai biaya endoskopi di RS Hermina beserta prosedur pelaksanaanya. Semoga informasi di atas bermanfaat serta dapat dijadikan bahan pertimbangan ketika hendak melakukan pemeriksaan endoskopi di Rumah Sakit Hermina.

Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *