Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

Biaya CT Scan Kepala di RS Hermina

Biaya CT Scan Kepala di RS Hermina

Biaya CT Scan Kepala di RS Hermina – Sebagai salah satu jaringan rumah sakit terbesar di Indonesia, tentunya Rumah Sakit Hermina difasilitasi dengan peralatan medis canggih dan modern. Selain itu, rumah sakit tersebut juga sudah dilengkapi dengan tenaga ahli profesional seperti dokter spesialis berpengalaman.

Salah satu fasilitas layanan kesehatan yang sudah tersedia hampir di seluruh cabang Rumah Sakit Hermina yaitu pemeriksaan radiologi atau CT scan kepala. Dimana fasilitas tersebut dimanfaatkan sebagai sarana untuk menampilkan gambaran bagian dalam kepala manusia secara dua dimensi.

Biasanya prosedur CT scan kepala di RS Hermina sangat dianjurkan kepada pasien dengan permasalahan terkait kondisi kepala mereka. Namun, bagi kalian yang hendak melakukan CT scan kepala di Rumah Sakit Hermina, tentunya mereka diharuskan membayar sejumlah biaya atau harga jasa pelayanannya.

Oleh sebab itu, sebelum mengunjungi RS Hermina untuk melakukan CT scan kepala, alangkah baiknya ketahui terlebih dahulu berapa besar tarif atau biayanya. Nah, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai rincian biaya CT scan kepala di RS Hermina, entah itu pasien umum ataupun BPJS.

Apa Itu CT Scan Kepala?

Apa Itu CT Scan Kepala

Sebelum membahas biaya CT scan kepala di RS Hermina lebih lanjut, ada baiknya pahami terlebih dahulu apa itu CT scan kepala. Sesuai namanya, CT scan kepala merupakan serangkaian pemeriksaan yang sering dianjurkan oleh pasien untuk mengetahui kondisi ataupun penyakit di dalam kepala.

Tidak hanya terbatas untuk penggunaan pemindaian kepala saja, namun CT scan juga sebenarnya dapat digunakan untuk bagian tubuh mana pun karena sudah menggunakan teknologi terkini sinar-X. Selain itu, hasil pemeriksaan menggunakan sistem CT scan juga akan memberikan gambar lebih detail.

Tujuan CT Scan Kepala

Tujuan CT Scan

Seperti dijelaskan di atas, CT scan untuk bagian kepala ini akan memberikan informasi penting terhadap pemeriksaan otak. Di sisi lain, CT scan kepala juga bisa menyajikan informasi terkait informasi beberapa bagian wajah seperti mata, struktur hidung, tulang wajah hingga telinga.

Namun, secara garis besar CT scan kepala umumnya dilakukan untuk pasien yang diduga menderita cedera otak, pendarahan dalam otak, tumor otak ataupun aneurisma. Agar lebih jelasnya, CT scan kepala sangat disarankan untuk dilakukan bagi seseorang dengan gejala seperti di bawah ini.

  • Sakit kepala.
  • Pusing.
  • Kepala mati rasa.
  • Mengalami masalah penglihatan.
  • Vertigo.

Prosedur CT Scan Kepala di RS Hermina

Prosedur CT Scan Kepala di RS Hermina

Selain membayar biaya CT scan kepala di RS Hermina, pasien juga diharuskan mengikuti seluruh rangkaian prosedur pelaksanaannya. Adapun prosedur CT scan kepala di RS Hermina tersebut diantaranya yaitu seperti berikut ini.

  • Dokter memasukkan cairan kontras melalui pembuluh darah pada lengan ataupun lewat oral (jika memang membutuhkan cairan tersebut).
  • Pasien dipersilahkan berbaring di meja pemeriksaan atau mesin pemindai.
  • Operator mesin berada di dalam ruangan terpisah, namun masih bisa berkomunikasi.
  • Selama mesin pemindai berputar, sinar-X akan melalui tubuh untuk beberapa saat.
  • Pemindai mendeteksi gambar kemudian dikirimkan ke komputer. Nantinya komputer tersebut akan mengolahnya menjadi gambar sehingga dapat direalisasikan.
  • Pasien tidak diperkenankan untuk bergerak selama prosedur sedang berlangsung.
  • Jika hasil sudah terlihat, maka operator akan segera menghentikan pemeriksaan.

Perlu diingat, prosedur CT scan kepala biasanya cukup berbeda-beda, tergantung pada kondisi pasien serta tujuan pemeriksaannya.

Biaya CT Scan Kepala di RS Hermina

Rincian Biaya CT Scan Kepala di RS Hermina

Besaran biaya CT scan kepala tentunya jauh lebih murah dibandingkan ketika pasien melakukan ENDOSKOPI DI RUMAH SAKIT HERMINA. Pasalnya, prosedur CT scan dinilai lebih sederhana dibandingkan endoskopi.

Biasanya, besaran biayanya juga bisa dipengaruhi oleh pemilihan atau penggunaan kelas perawatan. Daripada penasaran, langsung saja simak baik-baik rincian biaya CT scan kepala di RS Hermina, baik itu pasien umum ataupun pasien BPJS.

Pasien Umum

Untuk pasien umum Rumah Sakit Hermina biasanya mematok tarif atau biaya mulai dari Rp 800.000 hingga Rp 1.200.000. Sebagaimana diketahui, nominal baya tersebut sangat dipengaruhi oleh pemilihan kelas perawatannya. Semakin tinggi kelasnya, maka akan semakin mahal pula biayanya.

Pasien BPJS

Sementara untuk pasien peserta BPJS Kesehatan, biaya CT scan kepala akan ditanggung oleh pemerintah, asalkan memenuhi semua syarat beserta ketentuannya. Meskipun demikian, bukan berarti sepenuhnya biaya akan ditanggung oleh pemerintah. Namun, pasien hanya akan diberikan keringanan biaya ketika melakukan CT scan kepala di RS Hermina.

Efek Samping CT Scan Kepala

Efek Samping CT Scan

Meskipun kegiatan CT scan kepala di RS Hermina merupakan prosedur aman, namun tetap saja terdapat beberapa risiko yang mungkin akan dialami oleh pasien. Nah, di bawah ini adalah beberapa efek samping yang kerap terjadi pada pasien setelah selesai menjalani CT scan kepala.

  • Merasa seperti terbakar serta sensasi rasa logam di mulut pada saat zat kontras masuk ke pembuluh darah.
  • Mual dan muntah-muntah.
  • Gatal-gatal atau bersin karena alergi terhadap yodium di dalam zat kontras.

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa besaran tarif pelayanan CT scan kepala di Rumah Sakit Hermina cukup bervariasi. Selain itu, pemilihan kelas perawatan juga akan mempengaruhi besar kecilnya biaya pemeriksaan.

Demikian penjelasan dari Biayatarif seputar rincian biaya CT scan kepala di RS Hermina, entah itu bagi pasien umum ataupun pasien BPJS. Semoga informasi di atas bermanfaat serta dapat dijadikan gambaran ketika hendak melakukan CT scan kepala di RS Hermina terdekat.

Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *