Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

2 Biaya Masuk Poltekbang Surabaya Semua Jurusan 2022

Biaya Masuk Poltekbang Surabaya

Biaya Masuk Poltekbang Surabaya – Bagi kalian yang tinggal di wilayah Surabaya, pasti sudah tidak asing lagi dengan nama Politeknik Penerbangan Surabaya (Poltekbang). Perguruan tinggi yang dulunya bernama Akademi Teknik dan Keselamatan Penerbangan (ATKP) Surabaya ini berada di bawah naungan Kementrian Perhubungan yang sudah da sejak tahun 1989 silam.

Melansir dari situs resminya, hingga kini Poltekbang Surabaya menyediakan 7 program studi yang bisa dipilih sesuai kebutuhan dan keinginan mahasiswa. Menariknya lagi, taruna yang diterima di Poltekbang Surabaya akan mempunyai ikatan dinas dan dapat menikmati sejumlah fasilitas yang berada di akademi, seperti asrama, klinik, masjid dan lain sebagainya.

Seperti halnya lembaga pendidikan pada umumnya, setiap tahun ajaran baru Poltekbang Surabaya membuka kesempatan kepada para calon mahasiswa yang ingin melanjutkan jenjang pendidikannya. Akan tetapi, pastinya terdapat beberapa syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi terlebih dahulu, terutama tentang biaya pendaftarannya.

Oleh sebab itu, apabila diantara kalian berencana untuk mendaftarkan diri di Poltekbang Surabaya, ada baiknya cari tahu terlebih dahulu besaran biayanya. Untuk membantunya, kali ini kami akan menjelaskan mengenai biaya masuk Poltekbang Surabaya semua program studi dilengkapi syarat dan ketentuan hingga tata cara pendaftarannya.

Program Studi Poltekbang Surabaya

Program Studi Poltekbang Surabaya

Sebelum pembahasan poin utama mengenai biaya masuk Poltekbang Surabaya lebih lanjut, sebaiknya pahami terlebih dahulu beberapa program studinya terlebih dahulu. Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, terdapat 7 program studi di Poltekbang Surabaya yang bisa dipilih sesuai keinginan calon mahasiswa, diantaranya yaitu seperti di bawah ini.

  • Lalu Lintas Udara.
  • Komunikasi Penerbangan.
  • Manajemen Transportasi Udara.
  • Teknik Listrik Bandar Udara.
  • Teknik Navigasi Udara.
  • Teknik Bangunan dan Landasan.
  • Teknik Pesawat Udara.

Syarat Masuk Poltekbang Surabaya

Selain harus mengetahui besaran biaya masuk Poltekbang Surabaya, tentunya kalian juga harus mengerti apa saja persyaratan yang harus dipenuhi oleh calon mahasiswa ketika ingin mendaftarkan diri. Adapun sejumlah syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi oleh calon mahasiswa di Poltekbang Surabaya tersebut diantaranya yaitu seperti berikut ini.

  • WNI.
  • Usia maksimal 23 tahun dan minimal 16 tahun pada saat mendaftar.
  • Belum pernah menikah & sanggup tidak menikah selama masa pendidikan di Poltekbang Surabaya dibuktikan dengan Surat Pernyataan.
  • Tinggi badan minimal 160 cm untuk pria dan 155 cm untuk wanita.
  • Melampirkan pas foto terbaru ukuran 4 x 6 berwarna latar belakang merah.
  • Melampirkan fotokopi Ijazah/SKL.
  • Melampirkan fotokopi Akta Kelahiran/Surat Keterangan Lahir.
  • Melampirkan Surat Keterangan Belum Menikah dari Kelurahan/Desa.
  • Sehat jasmani dan rohani, tidak buta warna & tidak menggunakan kacamata maupun lensa kontak.
  • Tidak bertato/bekas tato & tidak ditindik/bekas tindikan di telinganya atau anggota badan lainnya, kecuali yang disebabkan oleh ketentuan agama/adat.
  • Melakukan pembayaran biaya masuk atau biaya pendaftaran Poltekbang Surabaya.
  • Bersedia menandatangani Surat Pernyataan Calon Taruna/Taruni di Poltekbang Surabaya bermeterai Rp 10.000.
  • Memiliki email dan nomor telepon masih aktif & valid.

Cara Daftar Poltekbang Surabaya

Seperti halnya pendaftaran Poltek KP Sidoarjo, saat ini prosedur pendaftaran kuliah di Poltekbang Surabaya sudah bisa dilakukan secara online melalui situs resminya di sipencatar.dephub.go.id. Nantinya calon mahasiswa akan diminta untuk membuat akun SSCASN Sekolah Kedinasan dengan NIK yang tervalidasi oleh DUKCAPIL.

Setelah berhasil mendaftar, kemudian calon mahasiswa diminta untuk melakukan biaya pendaftaran Poltekbang Surabaya lalu melengkapi sejumlah dokumen atau berkas persyaratannya. Jika calon mahasiswa dinyatakan lulus administrasi, maka mereka selanjutnya akan diminta untuk mengikuti tes ujian seleksi masuk sesuai jadwal.

Biaya Masuk Poltekbang Surabaya

Setelah memahami beberapa syarat dan ketentuan hingga tata cara pendaftaran calon mahasiswa baru di Poltekbang Surabaya, maka selanjutnya kalian tinggal mencari tahu berapa besar biaya masuk atau biaya pendidikannya. Selama mengikuti pendidikan, terdapat beberapa biaya penyelenggaraan pendidikan yng terdiri dari Biaya Akademik dan Biaya Non-Akademik.

Dimana Biaya Akademik ialah biaya SPP atau biaya semester yang ditanggung oleh pemerintah. Sedangkan Biaya Non-Akademik terdiri dari biaya penunjang akademik yang dibebankan kepada calon taruna maupun taruni. Agar lebih jelasnya, simak baik-baik besaran biaya masuk Poltekbang Surabaya untuk semua program pendidikannya di bawah ini.

Biaya Pendaftaran

Tahap PendaftaranBiaya
PendaftaranRp 150.000
Seleksi AkademikRp 300.000
Seleksi PsikotesRp 350.000
Seleksi KesehatanRp 950.000
Seleksi KesamaptaanRp 200.000
Seleksi WawancaraRp 300.000

Biaya Pendidikan

Program StudiTotal Biaya
D-III TLB (Teknik Listrik Bandara)Rp 139.089.000
D-III Lalu Lintas UdaraRp 137.812.000
D-III TNU (Teknik Navigasi Udara)Rp 141.182.000
D-III TPU (Teknik Pesawat Udara) C1, C2, C4Rp 154.052.000
D-III TPU (Teknik Pesawat Udara) A1, A3, A4Rp 152.887.000

Catatan : Besaran biaya masuk Poltekbang Surabaya di atas bisa saja berubah sewaktu-waktu tergantung kebijakan dari pihak pengelolanya.

Call Center Poltekbang Surabaya

Di atas sudah dijelaskan mengenai besaran biaya masuk Poltekbang Surabaya dilengkapi dengan syarat dan ketentuan hingga tata cara pendaftarannya. Apabila masih bingung, saran kami sebaiknya tanyakan secara langsung kepada pihak Poltekbang Surabaya melalui beberapa contact center berikut ini.

  • Telepon : 62 31 8410871
  • Fax : 62 31 8490005
  • Email : mail@poltekbangsby.ac.id

Kesimpulan

Demikian sekiranya penjelasan dari Biayatarif seputar besaran biaya masuk Poltekbang Surabaya untuk semua program studi dilengkapi dengan syarat dan ketentuan hingga tata cara pendaftarannya. Semoga informasi di atas bisa dijadikan sebagai referensi ketika ingin mendaftarkan diri di Poltekbang Surabaya.

Sumber gambar : suarasurabaya.net

Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *