Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

√ Biaya Pendidikan Poltek KP Sidoarjo 2022 : Syarat & Cara Daftar

Biaya Pendidikan Poltek KP Sidoarjo

Biaya Pendidikan Poltek KP Sidoarjo – Sebagai negara kepulauan, sudah sepantasnya sektor kelautan serta perikanan di Indonesia bisa dikelola dengan baik oleh para masyarakatnya. Apabila diantara kalian mempunyai semangat memajukan sektor tersebut, belajar di Politeknik Kelautan dan Perikanan Sidoarjo (Poltek KP Sidoarjo) bisa menjadi salah satu pilihan tepat.

Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya Poltek KP Sidoarjo merupakan pendidikan vokasi yang sudah pasti komposisi prakteknya mencapai 70% dari masa studi selama 3 tahun. Terlebih lagi lembaga pendidikan atau kampus tersebut sudah terkenal dengan alumni kelulusan yang mempunyai kualitas sesuai dengan bidangnya masing-masing.

Akan tetapi, ketika kalian hendak mendaftarkan diri di Poltek KP Sidoarjo, terdapat beberapa syarat dan ketentuan yang wajib dipenuhi. Dimana salah satu syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi oleh calon mahasiswa Poltek KP Sidoarjo yaitu mengenai uang atau biaya pendidikannya, entah itu bagi mahasiswa maupun mahasiswi.

Maka dari itu, apabila kalian berencana untuk melanjutkan pendidikan di Poltek KP Sidoarjo, ada baiknya cari tahu terlebih dahulu berapa biayanya. Nah, untuk membantunya pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai biaya pendidikan Poltek KP Sidoarjo untuk semua program studi dilengkapi dengan cara pendaftarannya.

Jenjang Pendidikan Poltek KP Sidoarjo

Jenjang Pendidikan Poltek KP Sidoarjo

Sebelum pembahasan poin utama mengenai biaya pendidikan Poltek KP Sidoarjo lebih lanjut, sebaiknya pahami terlebih dahulu sekilas tentang sistem pendidikannya. Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, setiap tahun ajaran baru pastinya Politeknik Kelautan dan Perikanan Sidoarjo membuka kesempatan bagi seluruh masyarakat yang ingin melanjutkan pendidikannya.

Kesehatan

Dimana Poltek KP Sidoarjo sendiri juga memberikan kebebasan kepada para calon mahasiswa untuk memilih jenjang pendidikan ataupun program studi sesuai dengan kebutuhan serta keinginannya. Daripada penasaran, di bawah ini akan kami berikan daftar program studi yang disediakan oleh Poltek KP Sidoarjo.

  • Teknik Budidaya Perikanan.
  • Teknik Pengolahan Produk Perikanan.
  • Agribisnis Perikanan.
  • Mekanisasi Perikanan.
  • Teknik Penanganan Patologi Perikanan.

Syarat Masuk Poltek KP Sidoarjo

Selain harus membayar biaya pendidikan Poltek KP Sidoarjo, calon mahasiswa juga pastinya diwajibkan untuk memenuhi sejumlah syarat dan ketentuan lainnya. Adapun syarat masuk Poltek KP Sidoarjo sendiri terbagi menjadi dua kategori, yaitu syarat umum dan syarat khusus. Agar lebih jelasnya, simak baik-baik penjelasan berikut ini.

1. Syarat Umum

  • Putra dan putri Warga Negara Indonesia (WNI).
  • Mempunyai ijazah SLTA atau sederajat.
  • Mempunyai KK dan Akte Kelahiran.
  • Usia tidak lebih dar 22 tahun pada saat mendaftar.
  • Belum pernah menikah dan sanggup tidak melangsungkan pernikahan selama mengikuti pendidikan serta tidak dalam keadaan hamil.
  • Berbadan sehat jasmani dan rohani, tidak cacat fisik dan mental, tidak mempunyai tato atau bekas tato, tidak juling serta tidak bertindik atau bekas tindik (kecuali putri diperbolehkan bertindik di bagian telinga).
  • Berkelakuan baik serta terbebas dari penyalahgunaan narkoba dengan menandatangani surat pernyataan secara resmi.
  • Tinggi badan minimal 160 cm untuk putra dan 150 cm untuk putri dengan berat badan proporsional.
  • Tidak berkaca mata atau lensa kontak pada program studi Mekanisasi Perikanan.
  • Diperbolehkan berkacamata dengan ukuran maksimal minus/plus/silinder 1,00 untuk program studi selain Mekanisasi Perikanan.
  • Tidak buta warna parsial ataupun total.
  • Bersedia mengikuti seluruh tahapan seleksi penerimaan.
  • Bersedia tinggal di asrama sesuai dengan ketentuan Poltek KP Sidoarjo.

2. Syarat Khusus

  • Memenuhi persyaratan sebagaimana syarat umum di atas.
  • Anak pelaku utama bidang kelautan dan perikanan yang dibuktikan dengan dokumen relevan seperti kartu nelayan/kartu organisasi nelayan/kartu pembudidaya/kartu anggota kelompok milik orang tua/Kartu Kusuka/surat keterangan dari dinas kabupaten atau kota yang membidangi kelautan dan perikanan.

Cara Daftar Poltek KP Sidoarjo

Seperti halnya pendaftaran kuliah di UPN Veteran Yogyakarta, saat ini proses pendaftaran Poltek KP Sidoarjo sudah bisa dilakukan secara online melalui situs resminya di pentarukkp.id. Sementara dari segi proses ataupun tahapan pendaftaran Poltek KP Sidoarjo sendiri sebenarnya cukup sederhana dan tergolong mudah.

Akan tetapi, pastinya calon pendaftar diharuskan mempersiapkan berkas persyaratan dalam format digital supaya nantinya bisa diunggah secara online. Adapun prosedur ataupun tahapan-tahapan pendaftaran Poltek KP Sidoarjo tersebut diantaranya yaitu seperti di bawah ini.

  1. Melakukan pendaftaran secara online melalui situs pentarukkp.id.
  2. Pendaftar diminta melakukan pembayaran biaya pendaftaran Poltek KP Sidoarjo dengan cara transfer ke rekening yang sudah ditentukan, selanjutnya melakukan konfirmasi pembayaran.
  3. Mengunggah dokumen atau berkas persyaratan dalam format digital secara online ke website pendaftaran.
  4. Pendaftar diminta untuk mengikuti seluruh seleksi administrasi, seleksi kesehatan fisik hingga wawancara.
  5. Pengumuman hasil tahapan seleksi akan disampaikan di website resmi Poltek KP Sidoarjo.
  6. Kemudian peserta harus melakukan daftar ulang dan panitia akan melakukan verifikasi berkas sesuai persyaratan sebelumnya.
  7. Pengumuman dan penetapan akhir peserta yang diterima hingga peserta cadangan disampaikan di situs resmi Poltek KP Sidoarjo.

Biaya Pendidikan Poltek KP Sidoarjo

Setelah mengetahui syarat hingga tata cara pendaftaran Poltek KP Sidoarjo untuk semua jenjang atau program studinya, selanjutnya kalian juga harus mengetahui berapa besar biaya atau uang pendidikannya. Perlu diketahui, hingga saat ini sebenarnya mahasiswa akan dibebaskan terkait biaya pendidikan di Poltek KP Sidoarjo.

Dengan kata lain, biaya pendidikan di Poltek KP Sidoarjo gratis tanpa dipungut biaya sepeserpun. Bahkan, tidak hanya tentang biaya pendidikannya saja, namun uang makan hingga biaya perlengkapan selama di asrama juga sepenuhnya akan ditanggung oleh Politeknik Kelautan dan Perikanan Sidoarjo.

Hanya saja nantinya calon peserta didik akan diminta untuk membayar biaya pendaftaran sebelum menempuh pendidikan di Poltek KP Sidoarjo sebesar Rp 350.000, berlaku untuk semua program studi. Selain itu, akan ada beberapa seleksi yang dijalani oleh calon peserta didik sehingga mereka perlu mempersiapkan biaya untuk administrasinya.

Call Center Poltek KP Sidoarjo

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap mengenai besaran biaya pendidikan di Poltek KP Sidoarjo untuk semua program studinya. Apabila masih bingung, saran kami sebaiknya tanyakan secara langsung kepada pihak Poltek KP Sidoarjo melalui beberapa contact center berikut ini.

  • Telepon : (031) 8911380
  • Facebook : @poltekkpsda
  • Twitter : @poltekkpsda
  • Instagram : @politeknikkpsidoarjo

Kesimpulan

Demikian sekiranya penjelasan dari Biayatarif seputar biaya pendidikan Poltek KP Sidoarjo untuk semua program studi dilengkapi dengan syarat hingga tata cara pendaftarannya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika hendak menempuh jenjang pendidikan di Poltek KP Sidoarjo.

Sumber gambar : facebook.com

Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.