Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

10 Biaya Poles Mobil 2022 : Cleaning, Detailing & Coating

Biaya Poles Mobil

Biaya Poles Mobil – Seperti diketahui, kotoran serta percikan air yang menempel pada bodi kendaraan ialah musuh utama cat mobil. Dimana tumpukan kedua unsur tersebut akan membuat cat mobil menjadi redut karena mengalami proses kimiawi.

Pada kondisi tersebut, tidak ada salahnya bagi kalian sebagai pemilik mobil untuk meluangkan sedikit waktu untuk melakukan perawatan sederhana. Sebenarnya kalian bisa melakukan perawatan sederhana dengan cara mencuci mobil sendiri di rumah.

Namun, saran kami sebaiknya lakukanlah poles mobil agar penampilan mobil kalian selalu terlihat lebih menawan. Untungnya, saat ini sudah tersedia cukup banyak salon mobil di seluruh Indonesia yang menawarkan jasa poles mobil dengan tarif sangat bervariasi.

Apabila kalian berencana hendak melakukan poles mobil di salon mobil terdekat, ada baiknya cari tahu berapa besar biayanya terlebih dahulu. Nah, untuk membantunya kali ini kami akan menjelaskan secara rinci besaran biaya poles mobil untuk semua tipe.

Apa Itu Poles Mobil?

Sebelum pembahasan utama mengenai biaya poles mobil berlanjut, ada baiknya pahami terlebih dahulu sekilas pengertiannya. Dimana poles mobil ialah sebuah teknik dalam melakukan perawatan cat mobil yang dilakukan oleh tenaga profesional di bidang tersebut.

Tujuan dilakukannya poles mobil tersebut tentunya supaya cat selalu bersih, terawat serta selalu bebas dari cacat ataupun goresan. Oleh sebab itulah poles mobil tidak boleh dilakukan secara sembarangan, sebab dibutuhkan adanya beberapa tahapan serta teknik khusus supaya hasilnya bisa lebih maksimal.

Manfaat Poles Mobil

Seperti dijelaskan sebelumnya, tentunya kegiatan poles memiliki sejumlah manfaat untuk cat mobil, terutama di bagian bodinya. Sebagai bahan pertimbangan sebelum melakukan poles mobil, di bawah ini akan kami berikan beberapa manfaat melakukan perawatan tersebut.

1. Perawatan Menjadi Lebih Mudah

Mobil yang sudah melalui proses poles biasanya akan lebih mudah untuk dibersihkan. Dimana pemilik mobil hanya perlu menyiramnya secara rutin, maka semua kotoran dan noda akan luntur dengan sendirinya.

2. Cat Mendapat Cairan Pelindung

Kemudian manfaat poles selanjutnya yaitu bisa membuat cat mobil terlapisi oleh cairan pelindung. Cairan tersebut nantinya akan bekerja seperti pada permukaan daun talas, dengan kata lain air dan noda tidak akan menembus cat mobil dengan mudah.

3. Memperlambat Penuaan Mobil

Seperti diketahui, sinar ultraviolet (UV) akan berdampak buruk pada mobil, terlebih lagi cuaca di Indonesia sebagai negara beriklim tropis lumayan sulit untuk diprediksi. Melalui proses poles, cat mobil akan bertahan lebih lama dari efek penuaan sehingga bisa awet dan tahan lama.

Jenis Poles Mobil

Selain harus memperhatikan biaya poles mobil, kalian juga sebenarnya perlu mengerti apa saja jenis-jenisnya. Secara garis besar, saat ini proses perawatan poles mobil di salon mobil terbagi menjadi 3 jenis, yaitu cleaning, detailing serta coating.

Tentunya masing-masing jenis perawatan mobil tersebut mempunyai tahapan berbeda-beda, tergantung pada tujuannya. Agar lebih jelasnya, di bawah ini adalah penjelasan masing-masing jenis poles mobil di salon mobil.

1. Cleaning

Jenis perawatan pertama pada proses poles mobil yaitu cleaning. Perawatan cleaning ini sebenarnya meliputi seluruh bagian mobil, baik itu eksterior maupun interior. Umumnya teknik cleaning biasanya dilakukan mulai dari cuci biasa, dry wash, snow wash sampai engine cleaning. Tujuan utama dilakukan tahapan cleaning yaitu untuk menghilangkan berbagai macam kotoran serta noda pada mobil.

2. Detailing

Kemudian ada perawatan jenis detailing. Perawatan ini tidak hanya berfokus untuk mempercantik tampilan permukaan mobil saja, namun detailing juga digunakan untuk menghilangkan kusam pada mobil. Proses ini juga akan meliputi waxing yang bermanfaat untuk memberikan perlindungan dan perawatan pada mobil supaya bisa lebih cerah serta berkilau.

3. Coating

Jika cleaning bertujuan guna membersihkan semua kotoran di mobil secara keseluruhan dan detailing bertujuan untuk mempercantik tampilan mobil, maka proses coating berguna untuk memberi lapisan akhir. Dimana lapisan ini bertujuan untuk memberikan perlindungan secara menyeluruh pada bodi mobil.

Biaya Poles Mobil

Biaya Poles Mobil Semua Tipe

Perlu diketahui, sebenarnya besaran biaya poles mobil sangat bergantung pada tipe atau ukuran kendaraan. Dimana semakin besar ukuran mobil, maka pastinya akan membuat harga jasa poles mobil menjadi semakin mahal.

Meskipun demikian, tarif jasa poles mobil tersebut juga nantinya akan menentukan apa yang didapatkan oleh pelanggan dan pastinya berbeda dengan biaya perbaikan kaki-kaki mobil. Semakin detail suatu pekerjaan dalam poles mobil, maka akan semakin besar pula biaya jasa poles mobil tersebut.

Untuk saat ini, sebagian besar salon mobil di Indonesia mematok harga atau tarif dengan hitungan paket poles. Daripada penasaran, langsung saja perhatikan baik-baik kisaran biaya poles mobil untuk semua tipe dan ukuran mobil berikut ini.

KeteranganBiaya
Cuci Komplit MRp 500.000
Cuci Komplit LRp 650.000
Detailing Ringan MRp 800.000
Detailing Ringan LRp 1.000.000
Full Detailing MRp 1.200.000
Full Detailing LRp 1.500.000
Detailing & Coating MRp 1.400.000
Detailing & Coating LRp 1.600.000
Complete ServiceRp 1.800.000
Complete ServiceRp 2.000.000

Keterangan :

  • Ukuran M : Kapasitas mesin maksimal 1.500 cc
  • Ukuran L : Kapasitas mesin lebih dari 1.500 cc.
  • Cuci komplit : Pembersihan kaki-kaki, mesin, bodi, interior sampai lepas jok, wax bodi, dressing bodi plastik dan dressing interior.
  • Detailing ringan : Pembersihan kaki-kaki, bodi, dressing bodi plastik, compound dan polish bodi, wax bodi, vacuum interior serta pengkilap ban.
  • Full detailing : Pembersihan kaki-kaki, mesin, bodi, interior, dressing mesin, compound and polish, wax bodi, dressing bodi plastik dan pengkilap ban.
  • Detailing & coating : Pembersihan kaki-kaki, cuci bodi, compound and polish, nano ceramic coating, dressing bodi plastik, vacuum interior serta pegkilap ban.
  • Complete service : Cuci kaki-kaki, bodi, ruang mesin, interior, dressing mesin, dressing bodi plastik, vacuum interior, compound and polish, nano ceramic coating serta pengkilap ban.

Interval Poles Mobil

Setelah mengetahui besaran biaya poles mobil untuk semua tipe dan ukuran, selanjutnya kalian juga harus mengerti kapan waktu ideal melakukan kegiatan tersebut. Meskipun proses poles mampu membuat penampilan mobil semakin menawan, tetapi pada kenyataannya hal ini tidak boleh dilakukan terlalu sering.

Hal tersebut dikarenakan dalam setiap tahapannya, poles mobil menggunakan bahan dengan sifat abrasif sehingga akan mengikis clear coat atau pernis. Jadi, secara idealnya interval poles satu mobil hanya dilakukan sebanyak 3 kali saja.

Namun untuk mobil yang sudah dilapisi oleh nano ceramic melalui proses coating, biasanya baret ataupun kusam hanya akan terjadi pada lapisan nanonya saja. Jadi, proses poles mobil hanya dilakukan pada bagian tersebut saja. Sebaiknya lakukan perawatan nano ceramic setiap enam bulan sekali.

Tips Memilih Salon Mobil Berkualitas

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap besaran biaya poles mobil untuk semua jenis kendaraan di seluruh Indonesia. Nah, di bawah ini juga akan kami berikan beberapa tips dalam memilih salon mobil berkualitas dan terpercaya.

  • Perhatikan sistem pengerjaannya.
  • Analisa sebelum melakukan pengerjaan poles.
  • Lakukan survey perawatan.
  • Pilih salon mobil bergaransi.
  • Mencari rekomendasi salon mobil terbaik dari teman.

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas dapat diambil kesimpulan bahwa besaran biaya poles mobil sebenarnya tergantung pada tipe kendaraan serta jenis perawatannya. Namun, perlu diingat bahwa harga jasa poles mobil di atas dapat berbeda di beberapa salon mobil, tergantung pada pemilihan paket perawatannya.

Demikian sekiranya pembahasan dari Biayatarif seputar besaran biaya poles mobil untuk semua tipe serta ukuran kendaraannya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika hendak melakukan perawatan poles mobil di salon mobil terdekat.

Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *