Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

Biaya Ganti Oli Kompresor AC Mobil

Biaya Ganti Oli Kompresor AC Mobil

Biaya Ganti Oli Kompresor AC Mobil – AC atau penyejuk udara menjadi salah satu fitur yang wajib ada pada sebuah mobil. Selain menjadi salah satu komponen dengan fungsi penting pada sebuah kendaraan, hadirnya AC juga berguna sebagai penunjang faktor kenyamanan saat berkendara.

Perawatan komponen sistem penyejuk udara tersebut perlu dilakukan supaya menjaga AC mobil tetap dalam kondisi prima. Apabila kondisi AC kurang baik ataupun kurangnya perawatan oleh pemilik mobil, maka pendinginan pada kabin tidak akan maksimal bahkan tidak dingin sama sekali.

Di dalam perawatan komponen AC mobil, faktor penting yang perlu diperhatikan adalah mengganti oli kompresor AC. Secara garis besar, kompresor AC berfungsi untuk melancarkan sirkulasi freon (refrigerant) ke seluruh unit dengan cara menaikkan tekanan di dalamnya.

Namun, sebelum melakukan penggantian oli kompresor AC mobil, alangkah baiknya ketahui terlebih dahulu berapa besaran biaya atau tarif jasa bengkelnya. Nah, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai rincian biaya ganti oli kompresor AC mobil untuk semua tipe, entah itu di bengkel umum ataupun resmi.

Fungsi Oli Kompresor AC Mobil

Fungsi Oli Kompresor AC Mobil

Seperti dijelaskan di atas, oli kompresor AC merupakan salah satu komponen penting dalam sebuah sistem AC mobil. Jika mobil kekurangan oli kompresor, maka AC mobil menjadi tidak dingin sampai keluar bunyi berisik akibat komponen kompresor AC mobil berkarat ataupun aus.

Di sisi lain, oli kompresor AC mobil juga berfungsi memompa serta menghisap freon dan mensirkulasikan gas freon dalam sistem penyejuk udara mobil. Kemudian oli kompresor juga berguna untuk menghisap serta menyalurkan gas freon pada tekanan rendah hingga memberikan tekanan tinggi pada gas freon yang baru terhisap.

Ciri Ciri Oli Kompresor AC Mobil Kurang

Ciri Ciri Oli Kurang

Pada saat kompresor AC mobil bermasalah, maka kenyamanan dalam berkendara sudah pasti hilang. Untuk membuat kinerja komponen tersebut tetap baik, memang seharusnya ada asupan oli yang pas.

Namun sayangnya, kewajiban dalam memenuhi kebutuhan oli kompresor AC mobil tidak terlalu dipikirkan oleh para pemilik kendaraan. Oleh sebab itu, sebelum membahas biaya ganti oli kompresor AC mobil lebih lanjut, ada baiknya ketahui beberapa tanda-tanda kurangnya oli kompresor AC mobil di bawah ini.

  • AC mobil menjadi kurang dingin.
  • Munculnya suara kasar dan berisik.
  • Kompresor AC mobil menjadi cepat panas.
  • Tenaga atau performa mobil berkurang saat AC menyala.
  • Mengecek angka tekanan bawah.

Dampak Oli Kompresor AC Mobil Kurang

Dampak Oli Kompresor AC Mobil Kurang

Sebagaimana diketahui, salah satu dampak atau akibat dari kurangnya oli kompresor AC mobil yaitu timbulnya suara bersisik pada blower AC mobil. Kalian tidak boleh membiarkan masalah tersebut secara berlarut-larut.

Pasalnya, kekurangan oli kompresor AC mobil bisa berakibat fatal apabila tidak segera ditangani. Adapun beberapa dampak dari kurangnya kadar oli kompresor AC mobil diantaranya yaitu seperti berikut ini.

1. Kabin Mobil Tidak Dingin

Hal pertama yang akan dirasakan oleh pemilik mobil apabila kompresor AC kekurangan oli yaitu kabin tidak terasa dingin. Atau bahkan di beberapa kasus komponen AC mobil tidak berfungsi sama sekali karena kekurangan oli pelumas.

2. Merusak Komponen AC Mobil

dampak selanjutnya dari kurangnya kadar oli kompresor AC mobil yaitu dapat merusak komponen AC mobil lainnya. Sebab, oli kompresor AC mobil ini juga memiliki fungsi melumasi komponen AC mobil lainnya sehingga apabila sampai kurang, maka bisa saja terjadi keausan hingga macet.

Biaya Ganti Oli Kompresor AC Mobil

Rincian Biaya Ganti Oli Kompresor AC Mobil

Setelah mengetahui fungsi, ciri-ciri hingga dampak dari kurangnya kadar oli kompresor AC mobil, maka sangat kami sarankan segera lakukan penggantian ke bengkel mobil terpercaya. Pasalnya, bengkel mobil terpercaya selalu menawarkan ongkos jasa pelayanan sesuai standar.

Akan jauh lebih mahal apabila kalian membawa mobil ke bengkel abal-abal ketika hendak mengganti oli kompresor AC mobil. Hal tersebut dikarenakan biaya ganti oli kompresor AC mobil di bengkel abal-abal tentunya dua kali lipat lebih mahal dibandingkan di bengkel umum ataupun resmi.

Biasanya biaya ganti oli kompresor AC mobil ini berada di kisaran Rp 100.000 hingga Rp 300.000, tergantung kualitas serta merk oli itu sendiri. Selain itu, besaran biaya tersebut juga sudah termasuk biaya pengurasan atau flushing oli kompresor AC mobil.

Namun, jika kompresor AC mobil mengalami kerusakan, maka kalian juga perlu mempersiapkan biaya tambahan untuk melakukan perbaikannya. Kalian juga bisa melihat BIAYA SERVICE KOMPRESOR AC MOBIL terlebih dahulu sebagai gambaran apabila mengalami permasalahan tersebut.

Waktu Ideal Ganti Oli Kompresor AC Mobil

Waktu Ideal Ganti Oli

Sebagai jantung dari sistem penyejuk udara pada mobil, tugas kompresor yakni menekan gas freon ke seluruh sistem agar kompresor bisa membuang panas serta kelembaban dari udara dalam kabin mobil. Komponen tersebut bekerja menggunakan oli dan tentunya berguna sebagai pelumas dalam mengurangi gesekan antar komponen.

Layaknya oli mesin, oli kompresor AC mobil juga perlu dilakukan penggantian secara rutin setiap 20.000 km atau minimal satu tahun sekali. Saran kami sebaiknya lakukan penggantian oli kompresor AC mobil pada bengkel terpercaya sehingga komponen tersebut dapat memiliki usia pakai cukup lama.

Tips Merawat Kompresor AC Mobil

Tips Merawat Kompresor AC Mobil

Di atas sudah kami jelaskan secara lengkap mengenai rincian biaya ganti oli kompresor AC mobil untuk semua tipenya. Agar performa atau kinerja kompresor AC mobil tetap dalam kondisi prima, sebaiknya ikuti beberapa tips merawatnya di bawah ini.

  • Melakukan penggantian oli kompresor secara berkala.
  • Pastikan pihak bengkel membersihkan kompresor saat penggantian oli.
  • Perhatikan jenis hingga spesifikasi oli kompresor AC mobil.
  • Perhatikan suara yang timbul dari dalam kompresor.
  • Apabila kompresor bocor, sebaiknya ganti dengan yang baru.

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa besaran biaya penggantian oli kompresor di bengkel dipengaruhi oleh kualitas serta merk oli itu sendiri. Selain itu, pemilihan bengkel juga bisa mempengaruhi mahal tidaknya ongkos jasa pelayanannya.

Demikian penjelasan dari Biayatarif seputar rincian biaya ganti oli kompresor AC mobil entah itu di bengkel umum ataupun bengkel resmi. Semoga informasi di atas bermanfaat serta dapat dijadikan gambaran ketika hendak mengganti oli kompresor AC mobil di bengkel terdekat.

Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *