Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

Biaya Tes Alergi di Kimia Farma

Biaya Tes Alergi di Kimia Farma

Biaya Tes Alergi di Kimia Farma – Mungkin sebagian besar dari kalian sudah tidak asing lagi dengan alergi, atau bahkan malah sering mengalami permasalahan tersebut. Alergi ialah sebuah reaksi dari sistem kekebalan tubuh manusia terhadap suatu benda dan seharusnya tidak memunculkan reaksi di tubuh orang lain.

Namun sayangnya, tidak semua orang tahu bahwa mereka memiliki alergi terhadap sesuatu. Salah satu cara untuk mengetahui apakah seseorang mengalami alergi atau tidak yaitu dengan melakukan tes alergi di pusat pelayanan kesehatan, seperti di Klinik Laboratorium Kimia Farma.

Biasanya, alergi dialami oleh anak-anak dan umumnya akan mereda seiring berjalannya waktu serta bertambahnya usia. Meskipun demikian, pada beberapa orang ternyata alergi masih bisa dialami meskipun sudah memasuki usia tua sehingga mereka harus menjalani tes alergi.

Oleh sebab itu, sebelum mengunjungi Klinik Lab Kimia Farma untuk menjalani tes alergi, sebaiknya cari tahu terlebih dahulu besaran biayanya. Nah, di bawah ini akan kami bahas secara tuntas mengenai rincian biaya tes alergi di Kimia Farma untuk semua cabang dilengkapi jenis-jenis pemeriksaannya.

Penyebab Alergi

Penyebab Alergi

Sebelum membahas biaya tes alergi di Klinik Lab Kimia Farma lebih dalam, ada baiknya pahami penyebabnya terlebih dahulu. Seperti dijelaskan sebelumnya, alergi bisa terjadi pada siapa saja, entah itu anak-anak, dewasa hingga orang tua.

Akan tetapi, umumnya anak-anak dan orang yang memiliki keturunan alergi dalam keluarga lebih rentan mengalaminya. Dimana biasanya alergi keturunan tersebut diantaranya yaitu seperti asma ataupun eksim kulit. Selain itu, berikut adalah beberapa zat yang bisa menjadi penyebab alergi.

  • Alergen hirup.
  • Alergen kontak.
  • Alergen saluran cerna.

Gejala Reaksi Alergi

Gejala Reaksi Alergi

Sebagaimana diketahui, alergi dapat di picu oleh berbagai macam hal seperti iritan di dalam atau luar ruangan hingga makanan. Saat melakukan tes alergi, biasanya pasien akan ditanyai mengenai gejala-gejala alergi. Adapun beberapa gejala reaksi terhadap alergi tersebut diantaranya yaitu seperti berikut ini.

  • Ruam kulit.
  • Batuk.
  • Kesulitan bernapas.
  • Bersin.
  • Pilek.
  • Hidung tersumbat.
  • Mata gatal.
  • Sakit perut.
  • Muntah.
  • Bengek.

Jenis Tes Alergi di Kimia Farma

Selain harus mengerti besaran biaya tes alergi, kalian juga harus mengetahui jenis-jenis pemeriksa alergi di Klinik Laboratorium Kimia Farma. Di Klinik Laboratorium Kimia Farma, mereka menyediakan 4 jenis pemeriksaan, yaitu tes darah, tes tusuk kulit, tes tempel hingga tes kulit intradermal.

Tentunya setiap jenis tes alergi tersebut memiliki perbedaan dalam metode pemeriksaannya. Oleh sebab itu, di bawah ini akan kami jelaskan secara rinci mengenai masing-masing jenis pemeriksaan alergi di Klinik Laboratorium Kimia Farma.

Cek Darah

Cek Darah

Sesuai namanya, cek darah dilakukan dengan cara mengambil sampel darah pasien untuk dilakukan penelitian sistem imunnya dalam menghadapi alergen. Biasanya tes ini dianjurkan bagi pasien dengan kulit sensitif terhadap skin test.

Tes Tusuk Kulit

Tes Tusuk Kulit

Di dalam tes tusuk kulit, pasien ditetesi sejumlah alergen dengan tujuan untuk melihat munculnya reaksi. Nantinya, reaksi alergi tersebut dievaluasi dan dianalisis oleh petugas medis Lab Kimia Farma sampai penyebab alerginya terdeteksi.

Tes Tempel

Tes Tempel

Tes tempel umumnya dilakukan apabila alergen mampu menyebabkan iritasi terhadap kulit pasien. Dimana dokter menempelkan perekat berisikan 20 sampai 30 zat penyebab dermatitis. Setelah itu, dokter akan melihat hasilnya dalam kurun waktu 2 hari untuk mendeteksi alerginya.

Tes Kulit Intradermal

Tes Kulit Intradermal

Sementara tes kulit intradermal merupakan kelanjutan dari tes tusuk kulit yang menunjukkan negatif. Pemeriksaan tes kulit intradermal sendiri dilakukan dengan cara menyuntikkan sejumlah zat alergen ke lapisan kulit hingga reaksi alergi pasien muncul.

Biaya Tes Alergi di Kimia Farma

Rincian Biaya Tes Alergi di Kimia Farma

Perlu diketahui, besaran biaya tes alergi di Kimia Farma sedikit lebih murah dibandingkan dengan BIAYA TES ALERGI DI PRODIA. Mungkin perbedaan tarif atau harga jasa pemeriksaan alergi tersebut disebabkan karena pihak Klinik Laboratorium Prodia memiliki peralatan medis lebih lengkap ketimbang Kimia Farma.

Selain itu, besaran biaya tes alergi di Kimia Farma sendiri biasanya sama di setiap cabang, yaitu mulai dari Rp 420.000 per pemeriksaan. Meskipun memiliki perbedaan tarif di setiap cabang, itupun selisihnya tidak akan terlalu jauh sehingga estimasi tersebut masih bisa dijadikan sebagai acuan.

Di dalam biaya tes alergi tersebut umumnya sudah mencakup biaya administrasi pendaftaran, biaya konsultasi dokter terhadap penyebab alergen hingga obat-obatan jika memang diperlukan. Ketika hendak melakukan tes alergen di Lab Kimia Farma, sebaiknya buat janji terlebih dahulu secara online melalui situs resminya.

Risiko Tes Alergi di Kimia Farma

Risiko Tes Alergi di Kimia Farma

Di atas sudah dibahas secara tuntas mengenai rincian biaya tes alergi di Lab Kimia Farma dilengkapi dengan jenis-jenis pemeriksaannya. Nah, di bawah ini juga akan kami berikan beberapa risiko maupun efek samping yang mungkin muncul saat menjalani tes alergi di Lab Kimia Farma.

  • Gatal-gatal.
  • Kulit kemerahan serta iritasi.
  • Pembengkakan disekitar area pemeriksaan.
  • Pusing.
  • Mual.
  • Muntah.
  • Diare.
  • Denyut jantung melemah ataupun sebaliknya.
  • Sulit bernapas karena adanya penyempitan pada saluran pernapasan serta pembengkakan pada tenggorokan.

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas bisa diambil kesimpulan bahwa besaran harga atau tarif tes alergi di Lab Kimia Farma hampir sama di setiap cabang. Kendati demikian, tidak menutup kemungkinan apabila nantinya biaya tersebut berubah karena pihak Kimia Farma melakukan penyesuaian tarif.

Itulah sekiranya penjelasan seputar estimasi biaya tes alergi di Kimia Farma disertai jenis-jenis pemeriksaannya versi Biayatarif. Semoga ulasan di atas bermanfaat serta dapat dijadikan sebagai referensi ketika hendak menjalani tes alergi di Kimia Farma terdekat.

Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *