Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

Biaya Rontgen di Kimia Farma 2021 (Prosedur & Efek Samping)

Biaya Rontgen di Kimia Farma

Biaya Rontgen di Kimia Farma – Rontgen ialah sebuah tindakan pengambilan gambar di dalam tubuh seseorang dengan memanfaatkan radiasi gelombang elektromagnetik. Rontgen digunakan oleh tenaga medis untuk membantu dalam mendiagnosis permasalahan atau gangguan kondisi kesehatan.

Umumnya, rontgen dilakukan menggunakan teknologi X-ray dalam memindahkan radiasi berfrekuensi tinggi ke seluruh anggota tubuh. Dimana sinar tersebut nantinya ditangkap pada gambar dengan area-area tubuh yang berbeda menjadi terlihat karena terdapat perbedaan warna pada gambarnya.

Saat ini foto rontgen sudah dapat dilakukan di berbagai macam tempat pelayanan kesehatan di Indonesia, salah satunya yaitu di Klinik Laboratorium Kimia Farma. Tentunya setiap cabang Klinik Laboratorium Kimia Farma memiliki ketentuan mengenai tarif atau biaya jasa pelayanan foto rontgen.

Maka dari itu, jika kalian berencana melakukan foto rontgen di Klinik Kimia Farma, ada baiknya cari tahu terlebih dahulu berapa besar biayanya. Untuk membantunya, kali ini kami akan membahas secara lengkap terkait rincian biaya rontgen di Kimia Farma untuk semua jenisnya di semua cabang.

Tujuan Foto Rontgen

Tujuan Foto Rontgen

Seperti dijelaskan di atas, pemeriksaan rontgen ialah sebuah kegiatan penunjang penegakan dokter dalam mendiagnosis suatu penyakit. Secara garis besar, foto rontgen kerap dilakukan guna mendeteksi gangguan pada tulang ataupun sendi seseorang.

Selain itu, foto rontgen juga sering dilakukan untuk mendeteksi permasalahan yang berhubungan dengan jaringan lunak. Adapun beberapa jaringan lunak tersebut diantaranya yaitu seperti tumor atau kanker pada tulang, penyakit jantung, kanker payudara dan lain sebagainya.

Jenis Layanan Rontgen di Kimia Farma

Jenis Layanan Rontgen di Kimia Farma

Sebelum pembahasan biaya rontgen di Klinik Laboratorium Kimia Farma berlanjut, ada baiknya pahami terlebih dahulu beberapa jenis layanannya. Untuk saat ini, Klinik Lab Kimia Farma menyediakan 2 jenis layanan rontgen, yaitu rontgen dada dan perut.

Rontgen Dada

Rontgen dada atau biasa disebut rontgen thorax ialah pemeriksaan yang menampilkan bagian dalam dada seseorang. Melalui rontgen thorax, pasien dan dokter dapat melihat gambaran kondisi kesehatan jantung, saluran pernapasan, paru-paru, pembuluh darah serta nodus limfa.

Rontgen Perut

Sementara rontgen perut bertujuan guna menemukan kelainan pada sistem pencernaan ataupun organ lainnya disekitar perut. Biasanya rontgen ini dilakukan untuk mendeteksi penyakit seperti batu ginjal ataupun kandung empedu.

Prosedur Rontgen di Kimia Farma

Prosedur Rontgen di Kimia Farma

Sama seperti saat melakukan TES TORCH DI KIMIA FARMA, pasien yang hendak menjalani foto rontgen juga diwajibkan mengikuti seluruh rangkaian prosedur pelaksanaannya. Pertama-tama, pasien diminta berbaring atau berdiri di depan meja kerja dengan posisi tertentu.

Selama pemeriksaan berlangsung, pasien diminta menahan napas serta jangan membuat gerakan supaya gambar terlihat lebih jelas. Biasanya prosedur rontgen di Kimia Farma hanya membutuhkan waktu kurang lebih sekitar 30 menit sampai 1 jam saja.

Biaya Rontgen di Kimia Farma

Biaya Rontgen di Kimia Farma Semua Cabang

Seperti halnya BIAYA PAP SMEAR DI KIMIA FARMA, setiap klinik cabang juga biasanya mematok tarif atau harga yang sama pada pelayanan foto rontgen. Meskipun memang terdapat perbedaan biaya rontgen, itupun selisihnya seharusnya tidak akan berbeda jauh.

Sebagaimana diketahui, saat ini Klinik Lab Kimia Farma menyediakan 2 jenis layanan foto rontgen, yaitu rontgen dada dan perut. Daripada penasaran, langsung saja perhatikan baik-baik rincian biaya rontgen di Klinik Laboratorium Kimia Farma untuk semua cabang di bawah ini.

Jenis RontgenBiaya
Rontgen DadaMulai dari Rp 190.000
Rontgen PerutMulai dari Rp 575.000

Efek Samping Rontgen

Efek Samping Rontgen

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap mengenai rincian biaya rontgen di Kimia Farma untuk semua cabang, baik itu rontgen dada ataupun perut. Sebenarnya, foto rontgen di Klinik Laboratorium Kimia Farma merupakan prosedur aman untuk dilakukan.

Meskipun demikian, tetap saja jenis pemeriksaan tersebut bisa memberikan efek samping atau risiko kepada para pasien. Nah, di bawah ini adalah beberapa efek samping yang dapat dialami oleh para pasien setelah menjalani foto rontgen di Kimia Farma.

  • Timbulnya reaksi alergi pada kulit.
  • Gatal.
  • Pusing.
  • Mual.
  • Timbul rasa logam di dalam mulut.
  • Walaupun jarang ditemukan, namun zat kontras bisa menyebabkan reaksi alergi berat (anafilaksis) seperti penurunan tekanan darah sampai henti jantung.

Kesimpulan

Dari informasi di atas dapat disimpulkan bahwa saat ini Klinik Laboratorium Kimia Farma sudah menyediakan 2 jenis foto rontgen, yaitu perut serta dada. Selain itu, hampir semua klinik cabang Kimia Farma di Indonesia juga mematok tarif serupa.

Itulah sekiranya penjelasan seputar rincian biaya rontgen di Kimia Farma untuk semua jenis layanan di semua cabangnya versi Biayatarif. Semoga ulasan di atas bermanfaat serta dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan sebelum menjalani rontgen di Lab Kimia Farma terdekat.

Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *