Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

Biaya Tes Narkoba di Puskesmas

Biaya Tes Narkoba di Puskesmas

Biaya Tes Narkoba di Puskesmas – Mungkin bagi sebagian masyarakat belum mengetahui apa itu Surat Keterangan Bebas Narkoba atau disingkat SKBN. Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya surat ini bukanlah surat yang biasa digunakan untuk persyaratan-persyaratan umum.

Surat Keterangan Bebas Narkoba sendiri merupakan surat keterangan dimana di dalamnya menunjukan bahwa seseorang terbebas dari zat-zat psikotropika, narkotik dan zat adiktif lainnya. Untuk mendapatkan SKBN tersebut, seseorang harus menjalani serangkaian prosedur tes narkoba.

Saat ini prosedur tes narkoba juga sudah dapat dilakukan di berbagai macam tempat seperti rumah sakit, puskesmas, kantor polisi ataupun BNN. Puskesmas mungkin menjadi salah satu tempat paling sering dikunjungi oleh seseorang ketika hendak menjalani serangkaian tes narkoba.

Namun, sebelum mengunjungi puskesmas terdekat untuk melakukan tes narkoba, alangkah baiknya ketahui terlebih dahulu berapa tarif atau biaya jasa pelayanannya. Nah, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai rincian biaya tes narkoba di puskesmas beserta prosedur pelaksanaannya.

Tujuan Tes Narkoba

Tujuan Tes Narkoba

Tes narkoba merupakan suatu rangkaian pemeriksaan dengan tujuan mendeteksi jenis dan kadar obat-obatan terlarang di dalam tubuh seseorang. Beberapa jenis obat-obatan terlarang tersebut diantaranya yaitu seperti mariyuana, opioid, amfetamin, kokain hingga phencyclidine (PCP).

Seperti dijelaskan di atas, tes narkoba dibutuhkan untuk memastikan seseorang mengonsumsi obat-obatan terlarang atau tidak. Adapun sejumlah tujuan pelaksanaan tes narkoba di puskesmas yaitu seperti di bawah ini.

  • Kepentingan penerimaan kerja.
  • Mengecek penggunaan narkoba pada seorang atlet.
  • Keperluan hukum maupun forensik.
  • Pemantauan penggunaan opioid.

Gejala Penyalahgunaan Obat

Gejala Penyalahgunaan Obat

Selain untuk beberapa keperluan di atas, dokter atau petugas di puskesmas mungkin akan menyarankan tes narkoba bagi pasien dengan gejala penyalahgunaan obat. Sebelum membahas biaya tes narkoba di puskesmas lebih lanjut, ada baiknya pahami terlebih dahulu gejala penyalahgunaan obat berikut ini.

  • Berbicara lambat atau tidak jelas.
  • Pupil mata melebar ataupun mengecil.
  • Selalu merasa gelisah.
  • Panik.
  • Mengalami paranoid.
  • Delirium (mengalami kebingungan dan menurunnya kesadaran).
  • Sulit bernapas.
  • Terasa mual.
  • Perubahan tekanan darah atau irama jantung.

Syarat Tes Narkoba di Puskesmas

Syarat Tes Narkoba di Puskesmas

Selain membayar biaya tes narkoba di puskesmas, pasien juga diharuskan melengkapi semua syarat beserta ketentuannya. Di bawah ini merupakan sederet persyaratan umum yang harus dipenuhi ketika hendak menjalani tes narkoba di puskesmas.

  • Pas foto 4×6 sebanyak 2 lembar berwarna sesuai tahun kelahiran.
  • Mengisi formulir pendaftaran di loket pendaftaran.
  • Membayar biaya tes uji narkoba sesuai ketentuan puskesmas.

Prosedur Tes Narkoba di Puskesmas

Prosedur Tes Narkoba di Puskesmas

Perlu diketahui, tidak semua puskesmas di Indonesia menyediakan fasilitas pengecekan narkoba di dalam tubuh seseorang. Oleh sebab itu, sebelum mengunjunginya pastikan terlebih dahulu bahwa puskesmas tersebut menyediakan pelayanan tersebut.

Selain itu, pasien juga harus mengikuti seluruh rangkaian prosedur pelaksanaan tes narkoba di laboratorium puskesmas. Untuk lebih jelasnya, berikut akan kami jelaskan secara lengkap mengenai prosedur tes narkoba di puskesmas.

  1. Kunjungi puskesmas terdekat dari rumah.
  2. Apabila sudah sampai, silahkan menuju ke loket pendaftaran.
  3. Utarakan maksud dan tujuan kalian ke pihak puskesmas.
  4. Lalu isi semua formulir pendaftaran tes narkoba di puskesmas.
  5. Kemudian serahkan semua dokumen persyaratannya.
  6. Jangan lupa untuk membayar biaya administrasinya.
  7. Nantinya kalian akan diberi alat Urine Screen Plus.
  8. Langkah selanjutnya ambil sampel urine yang nantinya akan digunakan sebagai bahan tes narkoba oleh petugas puskesmas.
  9. Tunggu sekitar kurang lebih 30 menit sampai hasil tes narkoba keluar.

Biaya Tes Narkoba di Puskesmas

Rincian Biaya Tes Narkoba di Puskesmas

Mungkin biaya tes narkoba di puskesmas sedikit lebih mahal jika dibandingkan dengan BIAYA TES GOLONGAN DARAH. Namun, kembali lagi bahwa besaran biaya tersebut tergantung kebijakan masing-masing puskesmas. Daripada penasaran, berikut ini merupakan rincian biaya tes narkoba di puskesmas mulai dari biaya administrasi hingga biaya pengecekannya.

Biaya Administrasi

Seperti halnya PEMBUATAN SURAT KETERANGAN SEHAT DI PUSKESMAS, pasien juga diharuskan membayar biaya administrasi ketika hendak menjalani tes narkoba. Beberapa puskesmas umumnya mematok harga atau tarif pendaftaran mulai dari Rp 10.000 hingga Rp 20.000.

Biaya Tes Laboratorium

Sementara besaran biaya pengecekan narkoba di puskesmas sendiri berada di kisaran Rp 150.000 sampai Rp 500.000. Perlu diingat, pihak puskesmas hanya menyediakan layanan pengecekan narkoba menggunakan metode tes urine saja. Apabila memang tidak ada narkoba dalam urine pasien, maka Surat Keterangan Bebas Narkoba bisa segera diterbitkan.

Risiko Tes Narkoba di Puskesmas

Risiko Cek Narkoba

Secara umum, tes narkoba di puskesmas sebenarnya tidak memiliki risiko atau efek samping. Hanya saja pasien mungkin akan sedikit mengalami rasa gugup ketika pengambilan sampel urine.

Meskipun demikian, hasil tes narkoba positif bisa berdampak pada aspek kehidupan pasien itu sendiri. Seperti pada bidang pekerjaan, masa depan karier olahraga hingga terlibat proses hukum.

Tips Sebelum Tes Narkoba

Tips Sebelum Tes Narkoba

Di atas sudah kami jelaskan secara lengkap prosedur serangkaian tes narkoba beserta besaran biayanya. Supaya pengecekan narkoba di puskesmas berjalan lancar, sebaiknya ikuti beberapa tips membersihkan sistem tubuh di bawah ini.

  • Minum lebih banyak air putih minimal 4 liter sehari.
  • Konsumsi vitamin B kompleks berdosis tinggi.
  • Meminum diuretik seperti teh, kopi ataupun jus cranberry.
  • Tingkatkan metabolisme tubuh melalui olahraga.
  • Mengonsumsi makanan berlemak.

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa besaran biaya pengecekan narkoba di puskesmas cukup bervariasi, tergantung kebijakan masing-masing puskesmas itu sendiri. Apabila pasien dinyatakan negatif narkoba, maka puskesmas akan langsung memberikan Surat Keterangan Bebas Narkoba kepada pasien.

Demikian penjelasan Biayatarif seputar rincian biaya tes narkoba di puskesmas mulai dari biaya administrasi hingga biaya pengecekan laboratoriumnya. Semoga informasi di atas bermanfaat serta dapat dijadikan gambaran ketika hendak menjalani tes narkoba di puskesmas terdekat.

Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *