Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

Biaya Cek Golongan Darah di Puskesmas

Biaya Cek Golongan Darah di Puskesmas

Biaya Cek Golongan Darah di Puskesmas – Cek golongan darah merupakan sebuah tes yang dilakukan guna mengetahui jenis golongan darah seseorang. Tentunya mengetahui golongan darah tersebut sangat penting untuk dilakukan, terlebih lagi berhubungan dengan kebutuhan medis.

Pada dasarnya, terdapat beberapa metode yang bisa dilakukan ketika hendak mengetahui golongan darah, salah satunya yaitu melalui tes darah di puskesmas. Namun, ketika seseorang melakukan cek darah, tentunya mereka akan dikenakan tarif atau biaya jasa pelayanan medisnya.

Puskesmas menjadi salah satu pilihan tepat untuk melakukan kegiatan pengecekan golongan darah. Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya puskesmas menetapkan tarif pengecekan golongan darah lebih murah jika dibandingkan dengan rumah sakit ataupun klinik masyarakat.

Oleh sebab itu, sebelum melakukan cek golongan darah di puskesmas, alangkah baiknya ketahui terlebih dahulu berapa besar harga atau tarifnya. Nah, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai rincian biaya cek golongan darah di puskesmas beserta prosedurnya.

Manfaat Cek Golongan Darah

Manfaat Cek Golongan Darah

Seperti dijelaskan di atas, melakukan cek golongan darah menjadi salah satu syarat penting ketika seseorang hendak mendonorkan darah ataupun menerima transfusi darah. Pasalnya, tidak semua golongan darah pasien bisa cocok antara satu sama lain.

Selain itu, mengetahui golongan darah juga pening untuk dilakukan oleh ibu hamil dan janin di dalamnya. Hal tersebut dikarenakan golongan darah ibu dan janin dengan Rhesus yang tidak cocok akan berpotensi membahayakan bagi kondisi janin.

Kategori Golongan Darah

Kategori Golongan Darah

Sebagaimana diketahui, tes golongan darah dilakukan guna mengetahui jenis golongan darah seseorang. Maka dari itu sebelum membahas biaya cek golongan darah di puskesmas lebih lanjut, sebaiknya pahami terlebih dahulu beberapa kategori golongan darah.

  • Golongan darah A memiliki antigen A & antibodi B.
  • Golongan darah B memiliki kombinasi antigen B & antibodi A.
  • Golongan darah AB memiliki antigen A & B, namun tidak memiliki antibodi A serta B.
  • Golongan darah O memiliki antibodi A d& B, tetapi tidak memiliki antigen A serta B.

Prosedur Cek Golongan Darah di Puskesmas

Prosedur Cek Golongan Darah di Puskesmas

Selain menjadi syarat dalam melakukan transfusi darah, cek golongan darah juga dibutuhkan sebagai persiapan menikah dan kehidupan rumah tangga. Jadi, penting untuk mengetahui terlebih dahulu bagaimana prosedur pengecekan golongan darah di puskesmas.

1. Pengambilan Sampel Darah

Pertama, dokter akan mengambil sampel darah pasien. Pengambilan darah ini biasanya dilakukan dengan cara menusukkan jarum kecil di ujung jari pasien.

2. Pencampuran Darah Pasien

Selanjutnya dokter mencampurkan sampel darah pasien dengan antibodi A dan B. Jika darah hancur ketika diberi antibodi A, maka golongan darah pasien adalah A. Sementara jika darah hancur ketika diberi antibodi B, maka golongan darah pasien adalah AB.

3. Pemeriksaan Bank Typing

Tahap berikutnya yaitu memeriksa serum atau plasma darah berisi antibodi. Nantinya pemeriksaan plasma darah tersebut akan dicampur dengan darah orang lain yang memiliki antigen A serta B.

4. Pemeriksaan Rhesus

Terakhir yaitu pemeriksaan Rhesus. Dimana pemeriksaan sistem Rhesus umumnya sama ketika pemeriksaan darah ABO. Kemudian darah nantinya akan dicampur dengan antibodi Rh.

Biaya Cek Golongan Darah di Puskesmas

Rincian Biaya Cek Golongan Darah di Puskesmas

Setelah mengetahui bagaimana prosedur tes golongan darah di puskesmas, selanjutnya kalian juga harus mengerti berapa besar biayanya. Sebenarnya pengecekan golongan darah ini juga umumnya terdapat di serangkaian tes medical check up.

Namun, biaya cek golongan darah di puskesmas akan jauh lebih murah jika dibandingkan dengan BIAYA MEDICAL CHECK UP. Biasanya pihak puskesmas menetapkan tarif tes golongan darah sekitar Rp 10.000 hingga Rp 15.000, tergantung dari kebijakan masing-masing puskesmas.

Perlu diingat, biaya cek golongan darah di puskesmas ini tidak akan ditanggung oleh BPJS. Pasalnya, pemeriksaan laboratorium tersebut dilakukan karena keinginan pasien, bukan dilakukan karena rujukan dari dokter.

Namun, pelayanan cek golongan darah akan ditanggung BPJS apabila secara medis pasien terbukti menjalani pemeriksaan darah dari rujukan dokter. Sebagai contoh untuk kebutuhan transfusi darah pada penyakit tertentu.

Efek Samping Cek Golongan Darah di Puskesmas

Efek Samping

Meskipun kegiatan cek golongan darah merupakan prosedur aman, namun tidak memungkiri bahwa akan ada beberapa efek samping bagi pasien. Nah, berikut adalah sejumlah risiko yang mungkin saja terjadi setelah pasien melakukan cek golongan darah.

  • Merasa pusing atau bahkan pingsan.
  • Mengalami pendarahan berlebihan.
  • Mengalami infeksi pada bagian bekas tusukan jarum.
  • Mengalami pendarahan di bawah lapisan kulit atau hematoma.

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa biaya cek golongan darah di puskesmas jauh lebih murah dibandingkan di rumah sakit swasta ataupun poliklinik. Meskipun demikian, saran kami sebaiknya siapkan dana melebihi estimasi untuk berjaga-jaga ketika terjadi hal-hal di luar dugaan.

Demikian penjelasan dari Biayatarif seputar biaya cek golongan darah di puskesmas beserta prosedur dan efek sampingnya. Semoga informasi di atas bermanfaat serta dapat dijadikan gambaran ketika hendak melakukan tes golongan darah di puskesmas terdekat.

Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *