Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

√ Gaji Dokter Spesialis Anak di Indonesia 2022 : Per Bulan & Per Tahun

Gaji Dokter Spesialis Anak

Gaji Dokter Spesialis Anak – Menjadi dokter spesialis anak bisa jadi merupakan sebuah cita-cita atau impian bagi sebagian besar orang. Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya profesi sebagai dokter spesialis anak memang cukup menjanjikan karena banyak pernyataan yang mengatakan bahwa penghasilan atau gajinya memiliki kisaran cukup tinggi.

Dimana gaji yang besar tersebut juga sebenarnya sebanding dengan risikonya, yaitu nyawa seseorang. Jika sampai salah perhitungan sedikit saja, maka akibatnya bisa sangat fatal. Perjalanan untuk menjadi seorang dokter spesialis anak juga tidak mudah, yaitu harus menjalani pendidikan S1 kemudian mengikuti program spesialisasi selama 4 sampai 5 tahun.

Berbicara mengenai penghasilan atau pendapatan sebagai seorang dokter spesialis anak, biasanya besaran gajinya ditentukan oleh beberapa hal, mulai dari tempat atau lokasi bekerjanya. Selain itu, beberapa faktor lainnya seperti jenjang pendidikan dan jam terbang juga biasanya akan mempengaruhi besaran gaji per bulan ataupun per tahunnya.

Maka dari itu, apabila kalian berencana hendak menempuh pendidikan menjadi seorang dokter spesialis anak, ada baiknya cari tahu terlebih dahulu berapa besaran gajinya. Nah, untuk membantunya pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai gaji dokter spesialis anak dilengkapi dengan tugas dan keahliannya.

Seputar Dokter Spesialis Anak

Seputar Dokter Spesialis Anak

Sebelum membahas poin utama mengenai penghasilan ataupun gaji dokter spesialis anak di rumah sakit lebih lanjut, sebaiknya pahami terlebih dahulu sekilas pengertiannya. Sesuai namanya, dokter anak ialah salah satu jenis dalam profesi dokter spesialis dengan keahlian serta spesialisasi khusus dalam merawat anak-anak.

Dimana usia anak yang bisa ditangani oleh para dokter spesialis anak sendiri sebenarnya sangat beragam, mulai dari usia bayi baru lahir, balita sampai remaja. Pada umumnya, dokter anak tidak hanya bertanggung jawab dalam melakukan perawatan terhadap pasien, namun juga mendiagnosis hingga mengobati berbagai macam jenis penyakit.

Selain itu, dokter spesialis anak juga bisa melakukan evaluasi terhadap setiap tumbuh kembang anak. Seperti halnya profesi dokter pada umumnya, menjadi dokter spesialis anak tidak bisa dilakukan oleh sembarang orang, terdapat sejumlah kompetensi dan keahlian khusus yang harus dimiliki sebelum mereka dinyatakan sebagai dokter spesialis anak.

Tugas Dokter Spesialis Anak

Seperti sudah kami jelaskan sebelumnya, gaji dokter spesialis anak yang tergolong cukup besar tersebut tentunya sebanding dengan tugas atau peran serta tanggung jawabnya. Adapun sejumlah peran dan tanggung jawab seorang dokter spesialis anak yang harus diemban tersebut diantaranya yaitu seperti berikut ini.

  • Melakukan pemeriksaan menyeluruh secara teratur pada bayi baru lahir dan anak kecil guna memeriksa dan mencatat kesehatan serta perkembangan fisik normal mereka.
  • Memeriksa anak yang sakit guna mengetahui kondisinya dan mengumpulkan informasi terkait gejalanya.
  • Membuat diagnosis berdasarkan data serta riwayat medis.
  • Membuatkan resep obat sesuai dengan jenis penyakit pasien.
  • Memberikan vaksin kepada bayi, balita hingga anak-anak.
  • Merujuk pasien ke dokter dari disiplin ilmu lain apabila memang diperlukan.
  • Memberitahu orang tua tentang diet, olahraga serta tindakan pencegahan penyakit untuk anak-anak sehingga mampu membantu proses tumbuh kembangnya.

Keahlian Dokter Spesialis Anak

Selain memiliki tugas dan tanggung jawab yang besar sebagai dokter spesialis anak, mereka juga diharuskan mempunyai pengetahuan serta keahlian khusus di bidangnya. Sebagai bahan pertimbangan sebelum membahas gaji dokter spesialis anak, di bawah ini akan kami jelaskan beberapa pengetahuan dan keahliannya.

  • Pengetahuan mendalam mengenai epidemiologi dan penyakit menular pada anak.
  • Pengetahuan tentang prinsip dan teknik diagnostik, pengobatan serta rehabilitasi.
  • Pengetahuan terkait obat atau pengobatan yang sesuai untuk anak-anak beserta efek sampingnya.
  • Mampu menjadi pendengar yang aktif, sabar dan tenang.
  • Memiliki kemampuan diagnostik dan problem-solving yang luar biasa.
  • Mempunyai keterampilan komunikasi sangat baik.
  • Gelar kedokteran dengan spesialisasi pediatri.
  • Lisensi valid untuk praktek kedokteran.

Gaji Dokter Spesialis Anak

Setelah mengetahui sekilas tentang dokter spesialis anak seperti peran, tanggung jawab, pengetahuan hingga keahliannya, selanjutnya kalian juga harus mengerti berapa besar gaji atau penghasilannya. Sebagai informasi tambahan, tentunya gaji dokter spesialis anak akan jauh berbeda dengan gaji perawat di puskesmas.

Seperti sudah kami singgung sebelumnya, saat ini besaran gaji dokter spesialis anak di Indonesia memang tergolong cukup besar, namun sebanding dengan risikonya yaitu nyawa seseorang. Dimana besaran penghasilan menjalani profesi sebagai dokter spesialis anak sendiri dipengaruhi oleh beberapa faktor.

Dimana sejumlah faktor tersebut diantaranya yaitu seperti lokasi atau tempat bekerja, jenjang pendidikan hingga jam terbang sebagai dokter spesialis anak. Daripada penasaran, langsung saja simak baik-baik besaran gaji dokter spesialis anak per bulan di seluruh Indonesia berdasarkan tempat atau lokasi bekerjanya berikut ini.

KeteranganGaji Per Bulan
Dokter spesialis anak di rumah sakit umumRp 20.000.000 – Rp 30.000.000
Dokter spesialis anak di rumah sakit swastaRp 15.000.000 – Rp 25.000.000
Dokter kandungan di rumah sakitRp 75.000.000 – Rp 100.000.000
Pengalaman dokter seniorRp 50.000.000 – Rp 75.000.000

Dari data di atas, maka bisa diakumulasikan bahwa rata-rata gaji dokter spesialis anak di rumah sakti umum ataupun swasta bisa mencapai Rp 240.000.000 per tahun. Terlebih lagi terdapat survei yang menyatakan bahwa pendapatan tertinggi seorang dokter spesialis anak bisa mencapai Rp 2.400.000.000 atau sekitar 2,4 miliar rupiah.

Salah satu alasan kenapa seorang dokter spesialis anak mendapatkan penghasilan fantastis tersebut yaitu karena mereka membuka praktik serta bekerja di dua rumah sakit sekaligus. Belum lagi beberapa tunjangan yang akan mereka dapatkan ketika bekerja di sebuah rumah sakit. Tentunya hal tersebut bisa menambah gaji yang diperoleh setiap bulan ataupun setiap tahunnya.

Kesimpulan

Itulah sekiranya penjelasan dari Biayatarif seputar gaji dokter spesialis anak di rumah sakit umum ataupun swasta, entah itu per bulan ataupun per tahunnya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika hendak mencari tahu mengenai besaran penghasilan atau pendapatan seorang dokter spesialis anak.

Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *