Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

Gaji Perawat di Puskesmas 2021 (PNS, Honorer & Sukarelawan)

Gaji Perawat di Puskesmas

Gaji Perawat di Puskesmas – Seperti halnya profesi dibidang kesehatan lainnya, perawat juga sebenarnya memiliki peran dan fungsi cukup penting di dalam dunia medis. Oleh sebab itu, setiap perawat wajib memahami serta menerapkan peran dan tugasnya dengan benar sesuai prosedurnya.

Sebagaimana diketahui, perawat pada dasarnya mempunyai peran untuk memberikan kualitas pelayanan kesehatan terbaik bagi setiap masyarakat, baik itu di kota-kota besar ataupun daerah terpencil. Salah satu tempat pelayanan kesehatan masyarakat yang tersedia hampir di seluruh wilayah Indonesia yaitu puskesmas.

Berbicara mengenai perawat di puskesmas, tentunya mereka mendapatkan upah atas jerih payah mereka dalam melayani masyarakat. Dimana biasanya mereka mendapatkan upah berupa gaji yang dibayarkan setiap bulannya. Ketentuan ini juga sebenarnya sudah ditetapkan oleh Kementrian Kesehatan Indonesia.

Namun, masih ada sebagian orang di luar sana yang belum mengerti berapa besar gaji perawat di Indonesia. Nah, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap berapa besaran gaji perawat di puskesmas untuk semua jenjang pendidikannya, baik itu di kota-kota besar ataupun desa terpencil.

Apa Itu Perawat?

Sebelum membahas gaji perawat di puskesmas lebih lanjut, ada baiknya pahami terlebih dahulu sekilas pengertiannya. Perawat (nurse) ialah seorang profesional yang memiliki kemampuan, tanggung jawab serta kewenangan dalam melaksanakan pelayanan atau asuhan keperawatan.

Dimana untuk menjadi perawat, seseorang perlu menyelesaikan pendidikan profesional keperawatan yang kemudian diberikan kewenangan untuk melaksanakan peran serta fungsinya. Dengan kata lain, perawat ialah orang yang mengasuh dan merawat orang lain ketika mengalami masalah atau gangguan kesehatan.

Akan tetapi, seiring berjalannya waktu seperti sekarang ini pengertian perawat semakin meluas. Menurut beberapa orang, kini perawat merujuk pada posisinya sebagai bagian dari tenaga kesehatan termasuk puskesmas dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat secara profesional.

Tanggung Jawab Perawat di Puskesmas

Seperti dijelaskan sebelumnya, tentunya sebagai seorang perawat mereka harus bertanggung jawab atas semua kebutuhan pasien di puskesmas. Jadi, tanggung jawab utama perawat di puskesmas yaitu membantu apa pun yang pasien butuhkan guna memenuhi keperluan tersebut.

Sebagai contoh perawat perlu bertanggung jawab atas kenyamanan fisik dan rasa aman pasien ketika mendapatkan pengobatan atau dalam pemantauan. Perawat juga perlu bertanggung jawab atas pemeliharaan serta pengamanan alat medis dan non medis pada program ISPA.

Di sisi lain, perawat di puskesmas juga harus bertanggung jawab atas pencatatan serta pelaporan kegiatan dibidang tugasnya. Dari peran dan tanggung jawab tersebut dapat diartikan bahwa perawat sebenarnya memiliki peran penting dalam berjalannya pelayanan puskesmas di seluruh Indonesia.

Tugas Perawat di Puskesmas

Mungkin sebelum mengetahui gaji pokok perawat di puskesmas, kalian harus mengetahui apa saja tugasnya. Dimana untuk saat ini sebenarnya perawat di puskesmas memiliki 2 jenis tugas, yaitu tugas pokok serta tugas tambahan.

Jika dilihat dari segi profesionalitas, perawat akan melaksanakan berbagai macam fungsi, yaitu fungsi dependen perawat, fungsi independen perawat serta fungsi interdependen perawat. Agar lebih jelasnya, di bawah ini adalah tugas perawat di puskesmas.

Tugas Pokok

  • Melaksanakan tugas asuhan keperawatan (ASKEP) di dalam gedung ataupun di luar gedung.
  • Berkolaborasi dengan dokter dalam hal pelayanan pengobatan pasien di puskesmas.
  • Membantu berjalannya kegiatan lintas program terkait.
  • Membantu pelaksanaan kegiatan puskesmas di luar gedung.
  • Membantu kepala puskesmas dalam pembuatan perencanaan sebuah kegiatan.
  • Membantu kepala puskesmas dalam pembuatan laporan kegiatan.
  • Melaksanakan tugas lainnya atas perintah atasan.

Tugas Tambahan

  • Pengelola program P2 ISPA.
  • Pengelola program diare.
  • Pengelola program kesehatan tradisional.

Gaji Perawat di Puskesmas

Seperti dijelaskan sebelumnya, perawat memiliki tugas pokok untuk melayani semua pasien di puskesmas. Adapun beberapa jenis kegiatan pelayanan pasien tersebut diantaranya yaitu seperti pembersihan karang gigi, pemeriksaan THT, pemasangan gigi palsu, penambalan gigi berlubang dan lain sebagainya.

Berbicara mengenai gaji perawat di puskesmas, sebenarnya peraturan tersebut sudah diatur oleh Kementrian Kesehatan dan self assessment Tim Nusantara Sehat. Untuk saat ini, gaji pokok perawat di puskesmas yaitu kurang lebih berada di kisaran Rp 2.250.148 per bulannya.

Mungkin besaran gaji perawat tersebut terbilang kecil jika dibandingkan dengan perawat di rumah sakit ataupun klinik umum. Namun, sebenarnya di luar gaji pokok, perawat mempunyai penghasilan tambahan lainnya, diantaranya yaitu seperti berikut ini.

  • Tunjangan daerah.
  • Insentif khusus Nakes (Tenaga Kesehatan).
  • Kapitasi.
  • Biaya Operasional Kesehatan (BOK).
  • Perjalanan dinas atau transportasi lokal.
  • Biaya transportasi.
  • Uang makan.

Besaran poin tunjangan di luar gaji pokok di atas juga nantinya akan dipengaruhi oleh area dinas perawat di puskesmas dengan perincian seperti di bawah ini.

Jenis Area DinasPenghasilan di Luar Gaji Pokok
BiasaRp 1.241.077
TerpencilRp 979.894
Sangat TerpencilRp 718.682

Selain itu, penghasilan perawat di puskesmas di luar gaji pokok juga sebenarnya dapat dikelompokkan kembali berdasarkan status kepegawaiannya. Daripada penasaran, langsung saja simak baik-baik daftar penghasilan perawat di puskesmas di luar gaji pokok berdasarkan status kepegawaiannya berikut ini.

Status KepegawaianArea BiasaArea TerpencilArea Sangat Terpencil
PNS/CPNSRp 2.376.712Rp 2.021.035Rp 1.382.335
Honorer/KontrakRp 1.218.650Rp 681.022Rp 555.000
PTT Pusat/DaerahRp 3.666.081Rp 3.021.359Rp 871.333
SukarelawanRp 756.957Rp 617.453Rp 358.000

Berdasarkan data di atas, maka dapat diambil kesimpulan bahwa kisaran gaji perawat di puskesmas saat ini adalah Rp 5.200.000 sampai Rp 5.800.000 per bulannya. Dimana besaran penghasilan tersebut berasal dari gaji pokok serta tunjangan di luar gaji pokok.

Karakter Perawat di Puskesmas

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap besaran gaji perawat di puskesmas untuk semua daerah, baik itu gaji pokok ataupun tunjangan tambahannya. Sebagai informasi tambahan, berikut juga akan kami berikan beberapa karakter perawat di puskesmas.

  • Peduli.
  • Terampil.
  • Aktif serta komunikatif.
  • Sabar.
  • Telaten.
  • Teliti.
  • Terampil.
  • Ramah.
  • Kreatif.
  • Etis.

Dengan mempunyai seluruh karakter tersebut, menekuni profesi perawat sudah bukan hal yang aneh lagi. Jangan khawatir karena karakter-karakter perawat tersebut sangat mungkin untuk bisa dimiliki oleh seseorang apabila mereka benar-benar ingin melatih, membentuk serta mempersiapkannya sejak dini.

Kesimpulan

Demikian penjelasan dari Biayatarif seputar besaran gaji perawat di puskesmas untuk semua daerah dilengkapi peran, tugas beserta tanggung jawabnya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika hendak mendaftarkan diri perawat di puskesmas terdekat.

Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *