Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

2 Harga Suntik Vitamin C di Puskesmas 2022 : Prosedur & Risiko

Harga Suntik Vitamin C di Puskesmas
Advertisements

Harga Suntik Vitamin C di Puskesmas – Seperti diketahui, tren suntik vitamin C saat ini tengah populer di kalangan masyarakat Indonesia. Hal tersebut bukan tanpa alasan, suntik vitamin C sendiri diyakini mampu meningkatkan daya tahan tubuh seseorang. Terlebih lagi saat ini Indonesia masih dalam masa pandemi karena Covid-19 sehingga mengharuskan seseorang memiliki imun yang tinggi.

Selain itu, sebenarnya suntik atau injeksi vitamin C terkenal dapat mencerahkan kulit wajah. Dimana vitamin C sendiri ialah salah satu nutrisi yang penting dalam diet. Menariknya lagi, vitamin C juga mempunyai segudang manfaat bagi kesehatan tubuh manusia, mulai dari untuk menyembuhkan luka, mencegah kerusakan sel, membangun kolagen dan lain sebagainya.

Untungnya, di Indonesia sendiri saat ini suntik vitamin C sudah dapat dilakukan di berbagai macam tempat pelayanan kesehatan, salah satunya yaitu di puskesmas. Akan tetapi, pastinya setiap puskesmas masing-masing daerah di Indonesia memiliki beberapa syarat dan ketentuan terkait kegiatan suntik vitamin C tersebut, termasuk mengenai biaya atau tarif jasa pelayanannya.

Advertisements

Maka dari itu, apabila kalian berencana melakukan suntik vitamin C di puskesmas terdekat, sebaiknya cari tahu terlebih dahulu besaran harganya. Nah, untuk membantunya pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai besaran harga suntik vitamin C di puskesmas semua daerah di Indonesia dilengkapi dengan prosedur hingga efek sampingnya.

Advertisements

Manfaat Suntik Vitamin C

Manfaat Suntik Vitamin C
Advertisements

Sebelum membahas poin utama mengenai harga suntik vitamin C di puskesmas lebih lanjut, ada baiknya pahami terlebih dahulu sejumlah manfaat ataupun kegunaannya. Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, suntik vitamin C sendiri memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh manusia. Daripada penasaran, berikut kami jelaskan sejumlah manfaat suntik vitamin C.

  • Meningkatkan imunitas tubuh.
  • Mengatasi defisiensi vitamin C.
  • Meningkatkan daya tahan tubuh.
  • Mengatasi gangguan genetik tyrosnemia.
  • Mencegah serangan stroke.
  • Perlindungan terhadap sinar UV.
  • Membuat wajah menjadi lebih cerah.
  • Membantu pembentukan kolagen.
  • Mengatasi kondisi peradangan kulit.
  • Menghambat sel kanker.

Dosis Umum Suntik Vitamin C

Di dalam kegiatan suntik vitamin C di puskesmas, dosis injeksi atau penyuntikan juga harus sesuai dengan tujuan penggunaannya. Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya dosis atau takaran suntik vitamin C di puskesmas sendiri cukup bervariasi, tergantung pada tujuan pemanfaatannya.

Sebagai contoh vitamin C digunakan untuk mengobati kekurangan vitamin C, dosis injeksi yang dibutuhkan yaitu sekitar 200 mg sekali untuk satu minggu. Sementara untuk penyembuhan luka, dosis suntik vitamin C yaitu kurang lebih sekitar 1 gram sekali sehari selama 5 sampai 21 hari.

Nah, untuk penggunaan suntik vitamin C di luar kriteria khusus, berbagai macam dosis vitamin C yang telah digunakan sendiri diantaranya yaitu sekitar 10 sampai 100 gram. Dimana dosis suntik vitamin C dapat diberikan setiap hari maupun secara berkala pada interval yang berbeda.

Prosedur Suntik Vitamin C di Puskesmas

Prosedur Suntik Vitamin C di Puskesmas

Selain harus mengetahui besaran harga suntik vitamin C di puskesmas, tentunya kalian juga harus mengerti bagaimana prosedur pelaksanaannya. Hampir semua puskesmas di seluruh Indonesia menggunakan prosedur serupa dalam suntik vitamin C ke tubuh pasien. Daripada penasaran, berikut adalah 3 cara pemberian suntik vitamin C di puskesmas.

  • Intramuskular : Penyuntikan ke dalam otot.
  • Intravena : Penyuntikan ke dalam pembuluh darah vena.
  • Subkutan : Penyuntikan di bawah kulit.

Meskipun sebenarnya pihak puskesmas menyediakan 3 prosedur suntik vitamin C, namun biasanya mereka menyarankan pasiennya untuk menggunakan intravena. Namun, jika prosedur dilakukan secara intravena, maka suntik vitamin C harus diencerkan terlebih dahulu bersama cairan infus.

Harga Suntik Vitamin C di Puskesmas

Perlu diketahui, sebenarnya besaran harga suntik vitamin C di puskesmas sendiri dapat berbeda di sejumlah wilayah karena terpengaruh oleh sejumlah faktor. Adapun beberapa faktor yang memengaruhi besaran tarif jasa suntik vitamin C di puskesmas tersebut diantaranya yaitu seperti kelengkapan fasilitas atau peralatan medis, adanya penyulit atau tidak hingga risiko pelaksanaannya.

Nah, untuk besaran harga suntik vitamin C di puskesmas masing-masing daerah sendiri di banderol mulai dari Rp 75.000 sampai Rp 200.000. Apabila dibandingkan dengan biaya pasang hebel di puskesmas, maka besaran tarif jasa suntik atau injeksi vitamin C jauh lebih murah.

Akan tetapi, saran kami sebaiknya siapkan anggaran dana melebihi estimasi di atas ketika hendak menjalani suntik vitamin C di puskesmas. Hal ini bertujuan untuk berjaga-jaga apabila pihak puskesmas terdekat melakukan penyesuaian tarif mengenai suntik vitamin C.

Efek Samping Suntik Vitamin C

Efek Samping Suntik Vitamin C

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap mengenai harga suntik vitamin C di puskesmas semua daerah dilengkapi dengan dosis hingga prosedur pelaksanaannya. Meskipun suntik vitamin C merupakan prosedur aman untuk dilakukan, namun tetap saja bahwa kegiatan tersebut memiliki beberapa efek samping atau risiko kepada para pasiennya.

Biasanya risiko atau efek samping ini akan muncul apabila pasien menggunakan suntik vitamin C secara terus-menerus dengan dosis yang tidak terukur. Sebagai gambaran, di bawah ini akan kami jelaskan secara lengkap mengenai efek samping suntik vitamin C bagi tubuh seseorang.

  • Kulit menjadi kemerahan.
  • Ruam kulit disertai gatal.
  • Pembengkakan.
  • Pendarahan.
  • Memar dalam kurun waktu tertentu.
  • Sakit kepala.
  • Nyeri di sekitar bekas suntikan.
  • Diabetes.
  • Diare.
  • Menopause dini.
  • Membebani ginjal.

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa saat ini hampir semua puskesmas di Indonesia menyediakan layanan suntik vitamin C kepada para masyarakat. Sementara untuk besaran harga jasa pelayanannya sendiri sebenarnya sangat bervariasi, tergantung pada tujuan penggunaan, tingkat penyulit hingga risiko pelaksanaannya.

Demikian sekiranya pembahasan dari Biayatarif seputar harga suntik vitamin C di puskesmas seluruh daerah di Indonesia dilengkapi dengan manfaat, prosedur hingga efek sampingnya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika hendak menjalani suntik vitamin C di puskesmas terdekat.

Advertisements
Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.