Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

Tarif Tol Balikpapan Samarinda

Tarif Tol Balikpapan Samarinda

Tarif Tol Balikpapan Samarinda – Jalan tol merupakan sebuah jalur bebas hambatan yang dibuat dengan tujuan untuk mempersingkat jarak dan waktu tempuh pengendara. Sehingga apabila masyarakat ingin berkunjung dari satu daerah ke daerah lainnya, dengan menggunakan jalan tol ini mereka akan sampai jauh lebih cepat.

Selain tol Trans Jawa, pemerintah juga saat ini sudah meresmikan beberapa jalan tol di daerah lainnya seperti tol Sumatera serta Kalimantan, salah satunya yaitu tol Balikpapan – Samarinda. Sesuai dengan namanya, jalan tol Balikpapan – Samarinda atau Balsam ini mengubungkan antara Kota Balikpapan dengan Kota Samarinda.

Jalan bebas hambatan yang satu ini menjadi jalan tol pertama di Kalimantan dengan panjang kurang lebih sekitar 99,02 kilometer yang mulai beroperasi sejak tahun 2019. Jalan tol Balsam ini juga direncanakan akan melintasi wilayah Ibu Kota Baru Republik Indonesia yang berada di Kalimantan Timur.

Namun, untuk dapat menggunakan jalan tol tersebut, kalian harus mempersiapkan sejumlah biaya guna membayar tarif gerbang tol. Nah, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai tarif tol Balikpapan Samarinda untuk semua rute perjalanan serta jenis golongan kendaraan yang boleh melintasinya.

Pintu Masuk Tol Balikpapan Samarinda

Pintu Masuk Tol Balikpapan Samarinda

Bagi kalian yang ingin melakukan perjalanan dari Kota Balikpapan ke Kota Samarinda menggunakan jalan tol, sebaiknya ketahui terlebih dahulu mengenai pintu masuk atau gerbang jalan tol Balsam. Umumnya pengendara yang ingin berkunjung ke Kota Samarinda ini harus melalui gerbang tol Samboja.

Apabila kalian masuk dari pintu masuk tol tersebut, maka kalian bisa menemukan beberapa titik rest area yang dapat digunakan untuk beristirahat. Di rest area tersebut juga sudah dilengkapi dengan beberapa fasilitas umum yang dapat kalian manfaatkan seperti SPBU atau pom bensin, toilet, masjid, restoran hingga tempat parkir yang luas.

Tarif Tol Balikpapan Samarinda Semua Rute dan Golongan

Tarif Tol Balikpapan Samarinda Semua Rute dan Golongan

Pengendara yang melakukan perjalanan dari Bakikpapan menuju Samarinda menggunakan jalan tol ini hanya akan membutuhkan waktu tempuh kurang lebih 1 jam 30 menit. Jenis kendaraan yang boleh melintasi jalan tol Balsam tersebut yaitu kendaraan beroda 4 atau lebih seperti mobil pribadi.

Sama halnya dengan TOL TRANS JAWA, pemerintah juga menetapkan tarif yang harus pengendara bayarkan ketika memasuki gerbang tol tersebut. Nah, di bawah ini akan kami berikan tarif tol Balikpapan Samarinda untuk semua rute dan golongan kendaraan yang diperbolehkan melintasinya.

1. Tarif Tol Golongan I

Kendaraan golongan I ini terdiri atas sedan, jip, truk kecil atau pick up hingga bus. Tarif yang dibebankan untuk kendaraan golongan ini merupakan tarif terendah dibandingkan dengan golongan lainnya.

AsalTujuanTarif
SambojaSimpang PasirRp 75.500
SambojaSimpang Jembatan Mahkota 2Rp 83.500
Simpang PasirSambojaRp 75.500
Simpang Jembatan Mahkota 2SambojaRp 83.500

2. Tarif Tol Golongan II

Sedangkan untuk golongan II ini diisi oleh kendaraan truk dengan 2 gandar atau sumbu roda. Kendaraan yang masuk ke dalam golongan II ini akan dikenakan tarif yang lebih tinggi dibandingkan dengan golongan I.

AsalTujuanTarif
SambojaSimpang PasirRp 113.000
SambojaSimpang Jembatan Mahkota 2Rp 125.500
Simpang PasirSambojaRp 113.000
Simpang Jembatan Mahkota 2SambojaRp 125.500

3. Tarif Tol Golongan III

Jenis kendaraan yang masuk ke dalam golongam III ini di antaranya yaitu truk dengan 3 sumbu roda atau gandar. Berikut ini adalah tabel tarif tol Balikpapan Samarinda untuk jenis kendaraan yang masuk ke dalam golongan III.

AsalTujuanTarif
SambojaSimpang PasirRp 113.000
SambojaSimpang Jembatan Mahkota 2Rp 125.500
Simpang PasirSambojaRp 113.000
Simpang Jembatan Mahkota 2SambojaRp 125.500

4. Tarif Tol Golongan IV

Tarif yang diberlakukan untuk jenis kendaraan golongan IV ini lebih tinggi dibandingkan dengan golongan-golongan sebelumnya. Untuk jenis kendaraan yang termasuk di dalam golongan ini yaitu truk dengan 4 gandar atau sumbu roda.

AsalTujuanTarif
SambojaSimpang PasirRp 151.000
SambojaSimpang Jembatan Mahkota 2Rp 167.500
Simpang PasirSambojaRp 151.000
Simpang Jembatan Mahkota 2SambojaRp 167.500

5. Tarif Tol Golongan V

Kendaraan yang masuk ke dalam golongan V ini di antaranya yaitu truk dengan 5 gandar atau sumbu roda. Untuk besaran tarif yang dibebankan ini sama dengan golongan IV.

AsalTujuanTarif
SambojaSimpang PasirRp 151.000
SambojaSimpang Jembatan Mahkota 2Rp 167.500
Simpang PasirSambojaRp 151.000
Simpang Jembatan Mahkota 2SambojaRp 167.500

Pembayaran Tol Balikpapan Samarinda

Pembayaran Tol Balikpapan Samarinda

Setelah mengetahui tarif tol Balikpapan Samarinda, selanjutnya kalian juga harus mengerti bagaimana sistem pembayaran gerbang tol atau pintu masuknya. Seiring dengan berkembangnya teknologi, saat ini sistem pembayaran gerbang tol Balsam juga menggunakan teknologi digital, yaitu menggunakan kartu tol elektronik atau e-toll.

Jadi, pengendara tidak perlu repot-repot lagi untuk mempersiapkan uang tunai ketika hendak menggunakan jalan tol yang satu ini. E-toll juga kini bisa kalian dapatkan dengan mudah karena sudah tersedia di beberapa ritel ataupun minimarket seperti Alfamart dan Indomaret.

Rest Area Tol Balikpapan Samarinda

Rest Area

Seperti yang sudah kami singgung di atas, di sepanjang jalan tol yang menghubungkan Kota Balikpapan dan Kota Samarinda ini juga memiliki satu titik rest area yang bisa kalian gunakan untuk beristirahat. Rest area tersebut tepatnya berada di KM 36A.

Di tempat peristirahatan tersebut juga sudah dilengkapi dengan beberapa fasilitas umum seperti area parkir, sarana ibadah, toilet gratis, area kuliner, mini market hingga SPBU. Jadi, apabila kalian mengalami kelelahan atau mengantuk pada saat berkendara, tidak ada salahnya berhenti sejenak untuk beristirahat di rest area tersebut.

Peta Jalan Tol Balikpapan Samarinda

Itulah sekiranya yang dapat Biayatarif sampaikan kali ini mengenai tarif tol Balikpapan Samarinda terbaru untuk semua rute perjalanan serta jenis golongan kendaraan yang boleh melaluinya. Pastikan saldo e-toll yang kalian miliki cukup untuk membayar tarif tol yang menghubungkan Kota Balikpapan menuju Kota Samarinda tersebut.

Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

Tarif Tol Trans Jawa

Sofyan
4 min read

Halo dunia!

Selamt datang di WordPress. Ini adalah pos pertama Anda. Sunting atau hapus, kemudian mulai menulis!
Sofyan
3 sec read

Biaya Ganti Plat Mobil 2021

Sofyan
3 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *