Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

10 Biaya Buka Usaha Angkringan 2022 : Modal Awal & Omset

Biaya Buka Usaha Angkringan

Biaya Buka Usaha Angkringan – Mempunyai modal terbatas tidak dapat dijadikan sebagai alasan untuk tidak mencoba berbisnis. Kalian tidak perlu harus menunggu modal besar terlebih dahulu untuk memulai usaha. Pasalnya, saat ini sudah tersedia cukup banyak bisnis yang dapat dimulai dengan modal awal kecil, khususnya di dunia kuliner.

Salah satu usaha di bidang kuliner yang kini tergolong sangat menjanjikan ialah usaha angkringan di pinggir jalan. Dimana warung angkringan sendiri ialah sejenis warung makan yang menggunakan gerobak kayu ditutupi terpal. Tidak hanya di kota-kota besar saja, namun angkringan juga saat ini sudah tersedia hampir di seluruh wilayah Indonesia.

Akan tetapi, ketika hendak memulai bisnis seperti warung angkringan, tentunya kalian harus memperhitungkan dengan matang berapa kebutuhan untuk modal awal hingga pembelian bahan-bahan penjualannya. Selain itu, kalian juga pastinya harus memperhitungkan berapa besar pendapatan atau omset setiap malamnya.

Maka dari itu, jika kalian berencana membuka usaha atau bisnis di dunia kuliner seperti warung angkringan, sebaiknya cari tahu terlebih dahulu besaran modal awalnya. Untuk membantunya, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai biaya buka usaha angkringan dari modal awal hingga perhitungan keuntungan penjualannya.

Tahapan Buka Usaha Angkringan

Tahapan Buka Usaha Angkringan

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, usaha warung angkringan di era modern seperti sekarang ini menjadi peluang bisnis sangat menguntungkan. Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya hanya dengan biaya atau modal awal tidak terlalu besar, kalian sudah bisa buka usaha angkringan dengan berbagai macam jenis menu kuliner di dalamnya.

Kesehatan

Akan tetapi, supaya proses merintis usaha angkringan dapat berjalan lancar, terdapat beberapa hal penting perlu direncanakan dengan matang sejak awal. Maka dari itu, sebelum membahas poin utama mengenai biaya buka usaha angkringan lebih lanjut, ada baiknya pahami terlebih dahulu beberapa tahapan atau perencanaannya di bawah ini.

1. Pilih Lokasi Angkringan

Perlu diketahui, pembukaan usaha angkringan ini cukup berbeda dengan kios, toko ataupun jenis usaha lainnya. Dimana usaha angkringan sendiri membutuhkan tempat ataupun lokasi strategis dengan tujuan untuk mendatangkan banyak pelanggan. Untuk saat ini, lokasi paling ideal warung angkringan yaitu di pinggir jalan raya.

2. Pilih Tempat Nyaman

Tidak hanya dari lokasi stratregis saja, namun membuka usaha angkringan juga harus memperhatikan faktor kenyamanannya. Jadi, percuma saja jika lokasi angkringan strategis, namun tidak memiliki space luas. Maka dari itu, buatlah kondisi warung angkringan senyaman mungkin seperti mempunyai tempat luas serta memberi alas untuk lesehan.

3. Tentukan Konsep Usaha Angkringan

Kemudian tahapan membuka usaha angkringan selanjutnya yaitu menentukan konsepnya. Sebenarnya penentuan konsep buka usaha angkringan sendiri biasanya tergantung pada biaya atau modal awalnya, apakah ingin membuka model angkringan sederhana atau model angkringan gaul dan modern (kekinian). Namun, pada intinya supaya bisa menarik banyak orang, desainlah gerobak semenarik mungkin agar bisa menjadi pusat perhatian publik.

4. Kelengkapan Fasilitas Angkringan

Secara garis besar, terdapat cukup banyak cara yang bisa kalian lakukan untuk membuat warung angkringan ramai pembeli, salah satunya yaitu dengan memasang WiFi. Pasalnya, pemasangan WiFi ini kemungkinan besar akan menarik pelanggan untuk berbondong-bondong memesan makanan di warung angkringan. Namun, kembali lagi bahwa untuk fasilitas WiFi seperti pemasangan WiFi ID membutuhkan biaya tambahan.

5. Tonjolkan Menu Unik & Spesial

Selain dari kelengkapan fasilitas, kebanyakan orang akan tertarik pada warung angkringan apabila mereka menyediakan hal tidak biasa. Oleh sebab itu, saran kami sebaiknya tonjolkan menu unik serta spesial sehingga mampu mengundang minat pembeli. Kalian bisa memadukan beberapa jenis makanan tradisional dengan makanan modern agar terlihat lebih unik.

6. Harga Miring

Sudah menjadi rahasia umum apabila menu-menu di warung angkringan terkenal dengan harga murah. Kebanyakan orang lebih memilih warung angkringan dengan harga miring untuk masing-masing jenis makanannya. Jadi, penentuan harga dari setiap menu makanan di angkringan menjadi hal penting untuk diperhatikan.

7. Selalu Jaga Kebersihan

Mematok harga miring kepada setiap menu makanan saja tidak cukup ketika sedang merencanakan buka usaha angkringan, entah itu dari segi modal awal atau biaya hingga target penjualannya. Dimana salah satu strategi untuk dapat mendatangkan banyak pelanggan yaitu dengan selalu menjaga kebersihan di lingkungan sekitarnya.

8. Berikan Pelayanan Berkualitas

Sebagai seorang pebisnis sekaligus penjual di warung angkringan, tentunya kalian harus bisa memberikan pelayanan memuaskan kepada para konsumen. Selain menyajikan menu makanan enak dan menarik, kalian juga pastinya harus bersikap baik kepada pelanggan. Kalian bisa menonjolkan keramahan ketika sedang melayani konsumen. Dengan begitu, kemungkinan mereka akan datang lagi ke angkringan di lain waktu akan cukup besar, mengingat pelayanannya sangat memuaskan.

Biaya Buka Usaha Angkringan

Setelah mengetahui beberapa tips serta urutan buka usaha angkringan, selanjutnya kalian juga harus mengerti berapa biaya yang perlu dipersiapkan sebagai modal awal. Sebagai informasi tambahan, mungkin besaran biaya buka usaha warung angkringan bisa lebih ditekan tergantung kebutuhan, hampir sama seperti buka usaha takjil.

Dimana untuk membuka usaha angkringan sendiri terdapat dua hal penting yang perlu diperhatikan, mulai dari gerobak sebagai tempat jualan serta pembelian bahan-bahan makanannya. Daripada penasaran, berikut akan kami jelaskan secara lengkap mengenai rincian biaya buka usaha warung angkringan.

KeteranganBiaya
Beli gerobakRp 2.500.000
Beli peralatan makan dan masakRp 2.000.000
Kompor dan tabung gasRp 350.000
Sewa tempat angkringanRp 500.000
Bahan makanan selama 1 bulanRp 4.500.000
Biaya lainnyaRp 150.000
TOTALRp 10.000.000

Dari rincian perhitungan di atas, maka untuk membuka usaha warung angkringan awal membutuhkan anggaran biaya sebagai modal awal kurang lebih sekitar Rp 10.000.000. Perlu diingat, biaya buka usaha angkringan di atas belum termasuk untuk sumber daya manusia sebagai karyawan. Sebab, untuk usaha kuliner seperti angkringan sendiri minimal mempunyai 2 orang pelayan.

Perhitungan Keuntungan Usaha Angkringan

Perhitungan Keuntungan Usaha Angkringan

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap mengenai rincian biaya buka usaha angkringan, mulai dari biaya pembelian peralatan dan perlengkapan warung hingga sewa tempat atau lahan. Seperti sudah kami singgung sebelumnya, usaha kuliner memang terkenal sebagai usaha yang menjanjikan, dalam artian mampu memberikan keuntungan sangat besar.

Sebagai contoh estimasi penjualan angkringan setiap malamnya memiliki 30 pelanggan dengan asumsi harga yang dibayarkan masing-masing orang adalah Rp 10.000, maka setelah 1 bulan kalian akan mendapatkan omset atau penghasilan kotor sebesar Rp 9.000.000.

Nah, untuk mengetahui keuntungan sendiri bisa didapatkan dengan cara mengurangi pendapatan kotor dengan biaya operasional bulanan yang sebelumnya sudah dihitung. Jadi, dari data estimasi di atas, maka keuntungan yang bisa kalian dapatkan ketika membuka usaha angkringan yaitu sebesar Rp 3.900.000 setiap bulannya.

Kesimpulan

Itulah sekiranya penjelasan dari Biayatarif seputar rincian biaya buka usaha angkringan mulai dari perhitungan modal awal hingga keuntungan penjualannya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika hendak membuka usaha warung angkringan.

Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.