Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

22 Biaya Buka Usaha Takjil 2022 : Modal Awal & Keuntungan Bisnis

Biaya Buka Usaha Takjil
Advertisements

Biaya Buka Usaha Takjil – Bulan puasa atau Ramadhan telah tiba dan bukan menjadi hal aneh lagi bila takjil menjadi salah satu paling dicari oleh masyarakat sebagai hidangan untuk berbuka puasa. Dimana selama bulan puasa sendiri biasanya tersedia cukup banyak sekali jenis menu takjil yang dijajakan para pedagang makanan, terutama saat menjelang buka puasa.

Hal tersebut tentunya dapat dimanfaatkan sebagai peluang usaha baru yang sangat menguntungkan selama bulan puasa. Oleh karena itu, banyak sekali masyarakat di perkotaan maupun pedesaan yang memanfaatkan momen Ramadhan untuk berjualan karena penghasilan per harinya cukup menggiurkan.

Akan tetapi, kalian harus benar-benar pintar dalam memilih jenis usaha takjil. Sebab, terdapat beberapa jenis usaha atau bisnis takjil yang membutuhkan modal cukup besar dan bahkan kurang diminati oleh para pemburu takjil. Maka dari itu, supaya bisnis tidak sia-sia, sebaiknya cari tahu terlebih dahulu beberapa jenis usaha takjil beserta modal awalnya.

Advertisements

Terlebih lagi saat ini Indonesia juga sedang dalam masa pandemi Covid-19 sehingga kalian harus pintar dalam menekan anggaran dana atau budget ketika hendak membuka usaha takjil. Nah, untuk membantunya pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai kisaran biaya buka usaha takjil, mulai dari perhitungan modal awal hingga keuntungannya.

Advertisements

Ide Bisnis Takjil

Seperti dijelaskan sebelumnya, mayoritas masyarakat Indonesia lebih memilih takjil sebagai pembuka hidangan puasa karena termasuk ke dalam makanan ringan. Hal inilah menjadi salah satu alasan mengapa peluang buka usaha takjil sangat menjanjikan, karena memang di Indonesia sendiri banyak peminatnya.

Namun, pastinya kalian harus benar-benar pintar dalam mengatur perencanaan bisnis takjil, entah itu dari segi jenis, modal awal, pemasaran hingga perhitungan keuntungannya. Sebelum membahas biaya buka usaha takjil lebih lanjut, di bawah ini akan kami berikan beberapa rekomendasi ide buka usaha takjil yang umum diperdagangkan saat bulan puasa dan bisa membawa keuntungan besar.

1. Olahan Kurma

Olahan Kurma
Advertisements

Sebagaimana diketahui, kurma merupakan salah satu jenis buah musiman identik saat bulan puasa tiba. Buah asal Timur Tengah ini dapat dimanfaatkan menjadi berbagai macam jenis olahan makanan saat buka puasa. Maka dari itu, olahan kurma bisa menjadi peluang usaha takjil menguntungkan di bulan Ramadhan.

2. Kolak Pisang

Kolak Pisang

Selain kurma, kolak juga menjadi salah satu takjil paling dicari sebagai hidangan untuk berbuka puasa. Untuk membuat kolak pisang dan ubi sendiri bahan yang dibutuhkan sangatlah sederhana serta mudah dicari. Biasanya kolak pisang sendiri dijual dengan harga Rp 10.000 per porsinya.

3. Kolak Biji salak

Kolak Biji salak

Tidak jauh berbeda dengan kolak pisang, usaha takjil biji salak juga sangat mudah untuk menemukan bahan-bahan dasar pembuatannya. Dimana kolak biji salak tidak menggunakan pisang, melainkan menggunakan ubi, santan serta gula merah.

4. Es Buah

Es Buah

Rekomendasi ide buka usaha takjil selanjutnya yaitu es buah segar. Perlu diketahui, untuk segelas es buah sebagai salah satu jenis buka usaha takjil, maka biasanya tidak akan membutuhkan biaya atau modal awal terlalu besar, namun bisa mendatangkan keuntungan cukup besar. Menariknya lagi, proses pembuatannya juga tergolong sangat mudah, karena hanya perlu mencampurkan beberapa jenis buah-buahan segar seperti melon, semangka, daging kelapa lalu agar-agar, susu kental manis hingga sirup.

5. Gorengan

Gorengan

Mungkin takjil jenis ini dapat ditemui dengan mudah di sepanjang jalan. Tekstur renyah serta rasa gurih menjadikan gorengan termasuk ke dalam ide usaha takjil yang dapat dipertimbangkan. Adapun beberapa jenis menu gorengan sebagai takjil di kala bulan Ramadhan diantaranya yaitu seperti lumpia goreng, cireng, tempe mendoan hingga pisang goreng.

6. Puding Buah

Usaha Takjil Puding Buah

Puding buah mungkin menjadi salah satu jenis takjil favorit anak-anak, karena teksturnya kenyal serta memiliki warna cukup menarik. Meskipun demikian, sebagian besar orang dewasa juga menyukai jajanan tersebut. Proses pembuatannya juga terbilang cukup mudah, tergantung pada pemilihan jenis buah-buahannya.

7. Salad Buah

Usaha Takjil Salad Buah

Salad mungkin menjadi salah satu jenis makanan kekinian yang dapat dijadikan sebagai peluang usaha takjil di bulan puasa. Pasalnya, selain dapat disajikan dengan berbagai macam campuran buah, salad juga bisa disajikan dengan tampilan menarik dengan membuatnya dalam bentuk roll.

8. Lontong Isi

Usaha Takjil Lontong Isi

Rekomendasi usaha takjil terakhir di saat bulan Ramadhan yaitu lontong isi. Dimana lontong isi atau juga biasa disebut sebagai buras di beberapa daerah ini menjadi salah satu menu takjil paling legendaris. Dengan biaya atau modal usaha kecil, kalian sudah bisa buka bisnis takjil saat bulan puasa.

Biaya Buka Usaha Takjil

Setelah mengetahui beberapa rekomendasi usaha atau bisnis takjil di kala bulan Ramadhan, selanjutnya kalian juga harus mengerti berapa besar biaya atau budget yang dibutuhkan sebagai modal awal buka bisnis. Sama halnya seperti saat hendak menjadi reseller es krim Campina, modal awal yang dibutuhkan untuk membuka usaha takjil juga harus disesuaikan dengan jenisnya.

Sebagai contoh kalian ingin buka usaha takjil es buah segar, maka untuk modal beli buah-buahan per kilonya diperkirakan sekitar Rp 15.000 sampai Rp 25.000, agar-agar instan Rp 5.000, susu kental manis sekitar Rp 20.000 hingga sirup satu botol Rp 17.000. Jika di total, maka buka usaha takjil es buah segar membutuhkan biaya atau modal awal sebesar Rp 150.000.

Dengan modal tersebut, kalian bisa menghasilkan kurang lebih sekitar 25 porsi es buah. Misalkan harga satu porsi es buah (satu mangkok) saat ini adalah Rp 12.000, maka kalian bisa mendapatkan keuntungan sebesar Rp 6.000 per porsinya. Dengan kata lain, apabila 25 porsi es buah terjual habis, maka kalian akan meraup keuntungan sebesar Rp 150.000.

Namun, apabila berencana untuk buka usaha tidak hanya satu jenis takjil saja, maka tentunya membutuhkan anggaran biaya sedikit lebih besar sebagai modal awalnya. Maka dari itu, supaya bisa lebih lega dan untuk berjaga-jaga, alangkah baiknya siapkan anggaran biaya sebesar Rp 3.000.000 sampai Rp 5.000.000 ketika ingin membuka usaha takjil saat bulan Ramadhan.

Tips Buka Usaha Takjil

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap mengenai perhitungan biaya buka usaha takjil sebagai modal awal di saat bulan Ramadhan. Seperti sudah disinggung sebelumnya, saat mengincar bisnis musiman seperti takjil, ada baiknya tentukan target pasar sejak awal buka bisnis dengan memilih produk tepat.

Dalam hal ini yaitu kalian harus menyasar umat muslim yang menjalankan ibadah puasa serta merayakan Hari Raya Idul Fitri. Nah, supaya usaha atau bisnis takjil sebagai upaya meraih keuntungan dapat berjalan lancar, sebaiknya ikuti beberapa tips di bawah ini.

1. Tentukan Jenis Takjil

Sebelum membuka bisnis, telusuri terlebih dahulu minat serta keterampilan kalian. Jangan sampai memilih bidang tidak disukai dan kuasai, karena justru malah tidak akan berujung kesuksesan. Misalkan kalian tidak terlalu pintar dalam memasak, maka es buah segar bisa dijadikan solusi tepat ketika hendak membuka usaha takjil.

2. Perhitungkan Biaya Usaha

Setelah menentukan jenis takjil, selanjutnya perhitungkan dengan matang biaya sebagai modal awal buka usaha. Kami ingatkan sekali lagi bahwa modal kecil ataupun besar belum menjamin kesuksesan bisnis. Pada intinya, perhitungan dan kalkulasi modal usaha dengan keuntungan harus dilakukan dengan teliti sejak awal.

3. Jalankan Usaha dengan Fokus

Tips terakhir yaitu jalankan usaha takjil dengan fokus, pantang menyerah dan tetaplah semangat. Dalam menjalankan suatu bisnis, tentunya akan ada berbagai macam masalah serta hambatan. Akan tetapi, hal tersebut pastinya akan dengan mudah dilalui jika kalian tetap fokus dan semangat dalam menjalaninya.

Kesimpulan

Memang benar bahwa salah satu faktor laris atau tidaknya berjualan takjil yaitu lokasi atau tempat pemasarannya. Misalkan rumah atau tempat berjualan dekat dengan tempat-tempat umum yang sering dilalui banyak orang, maka kemungkinan besar dagangan akan terjual habis.

Atau kalian juga bisa menyewa kios atau gerai di tempat-tempat umum seperti dekat terminal, pusat perbelanjaan dan lain sebagainya. Berbicara mengenai terminal dan bulan puasa, bagi kalian yang ingin mudik menggunakan bus, sebaiknya cari tahu terlebih dahulu berapa harga tiket bus lebaran.

Demikian sekiranya penjelasan dari Biayatarif seputar biaya buka usaha takjil untuk semua jenis, mulai dari perhitungan modal awal hingga keuntungannya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika hendak membuka peluang usaha berjualan takjil saat bulan Ramadhan.

Advertisements
Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.