Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

2 Biaya Cek Kolesterol di Kimia Farma 2022 : Prosedur & Risiko

Biaya Cek Kolesterol di Kimia Farma

Biaya Cek Kolesterol di Kimia Farma – Saat seseorang melakukan pemeriksaan kondisi kesehatan setiap tahunnya, biasanya salah satu hal yang kerap kali diikutsertakan yaitu cek kolesterol. Dimana cek kolesterol sendiri berguna untuk memeriksa seberapa tinggi kadar zat lemak tersebut di dalam darah tubuh seseorang.

Cek kolesterol penting untuk dilakukan karena mampu menjaga kadar kolesterol di ambang normal sehingga mampu mencegah berbagai penyakit yang disebabkan oleh lemak terlalu banyak di dalam tubuh. Pasalnya, kolesterol tinggi dapat menjadi salah satu penyebab penyakit dengan tingkat kematian tertinggi di Indonesia, mulai dari serangan jantung koroner serta stroke.

Berbicara mengenai cek kolesterol, untungnya saat ini kegiatan tersebut sudah dapat dilakukan di berbagai macam tempat pelayanan kesehatan, salah satunya yaitu di Klinik Kimia Farma. Akan tetapi, pastinya setiap cabang Klinik Laboratorium Kimia Farma sendiri memiliki ketentuan mengenai biaya administrasi pelayanannya.

Oleh sebab itu, apabila kalian berencana mengecek kadar kolesterol di Klinik Kimia Farma terdekat, sebaiknya cari tahu terlebih dahulu berapa besar biayanya. Nah, untuk membantunya pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai biaya cek kolesterol di Kimia Farma semua cabang dilengkapi prosedur pemeriksaannya.

Kegunaan Cek Kolesterol

Kegunaan Cek Kolesterol

Secara garis besarnya, cek kolesterol perlu dilakukan oleh seseorang guna memeriksa kadar kolesterol dalam darah. Dimana jenis pemeriksaan ini sangat penting untuk dilakukan karena jika seseorang mempunyai kadar kolesterol tinggi, maka kemungkinan mereka akan terserang penyakit mematikan cukup besar.

Kesehatan

Di dalam prosedur cek kadar kolesterol di Kimia Farma sendiri mencakup beberapa hal. Maka dari itu, sebelum membahas biaya cek kolesterol di Klinik Laboratorium Kimia Farma berlanjut, berikut kami jelaskan beberapa tipe lemak dalam darah yang termasuk ke dalam prosedur pemeriksaannya.

  • Kadar kolesterol total.
  • Low Density Lipoprotein (LDL).
  • Higs Density Lipoprotein (HDL).
  • Trigliserida.

Indikasi Tes Kolesterol

Memang benar bahwa cek kolesterol sendiri sangat disarankan untuk dilakukan setiap tahun oleh semua orang meskipun mereka tidak memiliki gejala terhadap gangguan kesehatan sekalipun. Namun, ketika seseorang mengalami beberapa kondisi tertentu, mereka diwajibkan untuk menjalani tes kolesterol. Adapun beberapa kondisi yang membutuhkan cek kolesterol tersebut diantaranya yaitu seperti berikut ini.

  • Laki-laki berusia di atas 45 tahun serta perempuan di atas 55 tahun.
  • Hipertensi.
  • Penyakit hati.
  • Arteriosklerosis pada tungkai.
  • Memiliki anggota keluarga dengan riwayat kadar kolesterol tinggi, diabetes, hipertensi dan sysbetalipoproteinemia.
  • Mengalami obesitas atau berat badan berlebih.
  • Kekurangan hormon tiroid atau hipotiroid.
  • Mempunyai gangguan pada ginjal.
  • Diabetes tipe 1 ataupun tipe 2.
  • Sirosis bilier primer.

Prosedur Cek Kolesterol di Kimia Farma

Prosedur Cek Kolesterol di Kimia Farma

Selain harus mengetahui besaran biaya cek kadar kolesterol di Klinik Laboratorium Kimia Farma, tentunya kalian juga perlu mengerti bagaimana prosedur pelaksanaannya. Untuk saat ini, prosedur cek kolesterol di Klinik Kimia Farma sebenarnya hampir sama dengan prosedur cek kolesterol di Prodia.

Dimana alasan kenapa prosedur cek kolesterol di Kimia Farma bisa disamakan dengan di Prodia yaitu karena proses tersebut dilakukan dengan cara mengambil sampel darah pasien. Agar lebih jelasnya, di bawah ini akan kami jelaskan secara lengkap bagaimana prosedur cek kolesterol di Kimia Farma.

  • Langkah pertama, petugas medis membersihkan area lengan kanan pasien.
  • Kemudian petugas medis mengikat lengan kanan atas pasien menggunakan karet elastis.
  • Tahap berikutnya jarum di suntikan ke pembuluh darah di lengan pasien untuk pengambilan darah.
  • Setelah itu tabung khusus kemudian dipasangkan ke alat suntik guna menampung darah.
  • Jika sampel darah di tabung dirasa sudah cukup, jarum suntikan lalu dilepaskan dari lengan pasien.
  • Nah, sampel darah tersebut nantinya akan dibawa ke laboratorium untuk dilakukan penelitian terkait kadar kolesterol.

Biaya Cek Kolesterol di Kimia Farma

Setelah mengetahui kegunaan, indikasi hingga prosedur cek kadar kolesterol di Klinik Kimia Farma, selanjutnya kalian juga harus mengerti berapa besar biaya atau tarif layanannya. Namun, perlu diingat bahwa setiap cabang Klinik Laboratorium Kimia Farma biasanya mematok harga atau tarif pelayanan yang cukup bervariasi.

Meskipun demikian, selisih perbedaan biaya cek kolesterol di semua cabang Klinik Kimia Farma sendiri tidak akan terlalu jauh. Umumnya, Klinik Laboratorium Kimia Farma mematok biaya cek kolesterol mulai dari Rp 60.000 sampai Rp 110.000 per pemeriksaan, sedikit lebih mahal ketimbang biaya cek kolesterol di puskesmas.

Sebagai informasi tambahan, besaran biaya cek kadar kolesterol di Klinik Laboratorium Kimia Farma tersebut sudah mencakup beberapa hal seperti biaya pendaftaran, biaya pemeriksaan hingga biaya konsultasi. Namun, saran kami sebaiknya siapkan anggaran dana melebihi estimasi tarif tes kolesterol di atas untuk berjaga-jaga apabila Klinik Kimia Farma melakukan penyesuaian tarif.

Risiko Cek Kolesterol di Kimia Farma

Risiko Cek Kolesterol di Kimia Farma

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap mengenai biaya cek kolesterol di Kimia Farma dilengkapi dengan prosedur pemeriksaannya. Pada dasarnya, cek kolesterol di Kimia Farma merupakan prosedur aman untuk dilakukan. Namun tetap saja bahwa prosedur tersebut memiliki risiko atau efek samping kepada pasien. Sebagai bahan pertimbangan, berikut kami berikan sejumlah risiko cek kolesterol di Kimia Farma.

  • Pendarahan.
  • Pasien mengalami pingsan atau perasaan hampir pingsan.
  • Pasien mengalami penumpukan darah di bawah kulit atau memar (hematoma).
  • Munculnya rasa nyeri ataupun pegal di sekitar area penyuntikkan.
  • Pasien mengalami infeksi luka suntikan.

Kesimpulan

Dari pembahasan di atas dapat diambil kesimpulan bahwa saat ini hampir semua cabang Klinik Laboratorium Kimia Farma menyediakan jasa pelayanan cek kadar kolesterol di dalam darah pada tubuh seseorang. Untuk besaran biaya administrasi atau pelayanannya sendiri sebenarnya cukup bervariasi karena terpengaruh oleh beberapa hal.

Demikian sekiranya penjelasan dari Biayatarif seputar biaya cek kolesterol di Kimia Farma untuk semua cabang dilengkapi dengan manfaat, indikasi, prosedur hingga efek samping pemeriksaannya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika hendak menjalani cek kadar kolesterol di Klinik Kimia Farma terdekat.

Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.