Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

Biaya Konsultasi ke Psikiater 2022 : Offline & Online

Biaya Konsultasi ke Psikiater

Biaya Konsultasi ke Psikiater – Seperti diketahui, saat ini di Indonesia masalah kesehatan fisik biasanya lebih menjadi perhatian masyarakat ketimbang masalah kesehatan jiwa atau mental. Bahkan hanya segelintir kalangan umumnya bagi warga kota-kota besar yang menganggapnya cukup penting karena memiliki permasalahan hidup lebih kompleks.

Saat ini tingkat penderita gangguan jiwa sebenarnya masih sangat tinggi, namun mereka enggan mencari pertolongan kepada para profesional seperti psikolog ataupun psikiater. Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya sebagian besar orang merasa takut apabila mereka dianggap gila.

Perlu diketahui, padahal gangguan jiwa bukan pasti orang tersebut gila sepenuhnya. Sebab, terdapat berbagai macam jenis gangguan jiwa seperti stres dan depresi. Jika tidak segera di terapi atau dikonsultasikan ke ahlinya dalam hal ini yaitu psikiater, maka gangguan jiwa seseorang bisa saja bertambah parah.

Oleh sebab itu, jika kalian berencana hendak mengunjungi psikiater untuk melakukan konsultasi gangguan jiwa, ada baiknya ketahui terlebih dahulu berapa besar biayanya. Nah, pada kesempatan kali ini kami akan memberikan penjelasan terkait besaran biaya konsultasi ke psikiater di seluruh Indonesia.

Perbedaan Psikiater dan Psikolog

Mungkin sebagian besar masyarakat di Indonesia masih menganggap bahwa tugas seorang psikiater akan sama seperti psikolog pada umumnya. Padahal sebenarnya kedua konsultan tersebut mempunyai tugas cukup berbeda.

Maka dari itu, sebelum pembahasan utama mengenai biaya konsultasi ke psikiater lebih lanjut, ada baiknya pahami terlebih dahulu beberapa perbedaannya. Psikolog ialah sarjana psikologi yang sudah menempuh program pendidikan kesarjanaan ilmu psikologi serta memiliki tugas memberi penanganan berupa terapi psikologi.

Sementara psikiater adalah seseorang berlatar belakang pendidikan kedokteran sehingga mempunyai hak dalam memberikan terapi obat-obatan (farmakologi) terhadap pasien gangguan kejiwaan, entah itu dalam tingkat sedang ataupun parah.

Akan tetapi, faktanya kedua konsultan tersebut dapat saling bekerjasama dalam menangani sebuah kasus, meskipun tugas ataupun kewenangannya berbeda. Psikolog biasanya akan memberikan rujukan kepada para pasien untuk menempuh pemeriksaan lebih lanjut dan mendapatkan resep obat dari psikiater.

Peran Konsultan Psikiater

Seperti dijelaskan sebelumnya, psikiater ialah seorang dokter spesialis ilmu kesehatan jiwa serta perilaku (psikiatri). Dimana psikiatri merupakan cabang keilmuan media yang berfokus pada diagnosis, pengobatan hingga pencegahan terhadap gangguan emosional, kejiwaan ataupun perilaku.

Dengan kata lain, peran seorang konsultan psikiater atau biasa disebut dengan psikiatri yaitu harus mampu mendiagnosis serta menangani gangguan mental pada klien atau pasiennya. Meskipun demikian, sebenarnya beberapa psikiater kerap mengambil pelatihan spesialisasi tambahan setelah menyelesaikan pelatihan sebagai psikiater.

Sehingga seorang psikiater bisa menangani sebuah masalah psikologis berdasarkan sertifikasi tambahan. Adapun beberapa masalah yang kerap ditangani oleh seorang psikiater diantaranya yaitu seperti di bawah ini.

  • Psikiatri forensik.
  • Psikiatri kecanduan (adiksi).
  • Psikiatri anak dan remaja.
  • Psikiatri geriatri.
  • Psikiatri psikosomatis.

Selain itu, seorang konsultan psikiater juga biasanya menangani sejumlah masalah lainnya seperti gangguan kecemasan, gangguan mental, penyalahgunaan obat, alkohol dan narkoba, gangguan tidur, kelainan seksual, gangguan makan, gangguan emosional, gangguan kepribadian, fobia dan lain sebagainya.

Indikasi Harus Konsultasi ke Psikiater

Perlu diketahui, apabila masalah mental tidak ditangani dengan cepat, maka bisa menyebabkan risiko masalah kejiwaan lainnya. Maka dari itu, sebenarnya kalian perlu mengetahui tanda-tanda ataupun indikasi masalah kesehatan mental. Daripada penasaran, di bawah ini adalah beberapa indikasi seseorang membutuhkan bantuan dari psikiater untuk membantu menangani permasalahannya.

  • Mengalami rasa lelah berlebihan.
  • Emosi terus menerus.
  • Mengalami perasaan takut di situasi tertentu.
  • Hilangnya ketertarikan minat.
  • Merasa putus asa.
  • Merasa menarik diri dari lingkungan sosial.
  • Kesulitan untuk melakukan aktivitas sehari-hari.
  • Merasa sedih berkepanjangan.
  • Serangan panik.
  • Sulit tidur.
  • Mempunyai keinginan bunuh diri.
  • Mengalami halusinasi.
  • Sedang atau pernah menyalahgunakan obat-obatan terlarang.

Persiapan Sebelum Konsultasi ke Psikiater

Selain harus mempersiapkan sejumlah uang guna membayar biaya konsultasi ke psikiater, kalian juga pastinya perlu mempersiapkan beberapa hal lainnya. Pasalnya memantapkan hati untuk bertemu psikiater membutuhkan adanya sebuah keberanian.

Hal ini dikarenakan nantinya kalian akan menunjukan kerapuhan diri (vulnerability) yang disembunyikan selama ini. Maka dari itu, di bawah ini adalah beberapa persiapan ketika hendak melakukan sesi konsultasi dengan psikiater.

  • Tentukan tujuan utama konsultasi ke psikiater.
  • Ceritakan emosi yang sedang dirasakan.
  • Ceritakan mengenai riwayat penyakit.
  • Persiapkan diri untuk membuka emosi.
  • Jadwalkan sesi konsultasi ketika memiliki waktu longgar.
  • Pahami jenis terapi ataupun konsultasi.

Dari data di atas, sebenarnya hal penting sebelum menjalani sesi konsultasi dengan psikiater yaitu mencatat penyebab yang memicu serta meringankan gejala penyakit mental serta durasi penyakit itu terjadi. Jika memang sudah pernah melakukan konsultasi ke psikiater lain, sebaiknya bawa hasil konsultasi dari tes tersebut.

Biaya Konsultasi ke Psikiater

Setelah mengetahui perbedaan psikiater dengan psikologi, peran seorang psikiatri hingga indikasi seseorang membutuhkan sesi konsultasi psikiater, selanjutnya kalian juga harus mengerti berapa besar biayanya. Perlu diketahui, sebenarnya besaran biaya konsultasi psikiater hampir sama seperti tarif konsultasi ke psikolog.

Akan tetapi kembali lagi bahwa besaran biaya sesi konsultasi ke psikiater tersebut tergantung pada rumah sakit ataupun tempat praktiknya. Umumnya di Indonesia sendiri biaya atau harga jasa konsultasi ke psikiater berada di kisaran Rp 150.000 sampai Rp 450.000 per sesi.

Dimana satu sesi konsultasi akan membutuhkan waktu kurang lebih sekitar 46 menit hingga 1 jam. Jika melewati batas waktu 1 sesi konsultasi, maka umumnya pasien akan dikenai biaya tambahan. Oleh sebab itu, sebaiknya persiapkan biaya melebihi estimasi tersebut untuk berjaga-jaga apabila terjadi penyesuaian tarif nantinya.

Sebagai informasi tambahan, sebenarnya saat ini konsultasi ke psikiater juga sudah bisa dilakukan secara online. Sedangkan untuk besaran biaya konsultasi ke psikiater via online sendiri sebenarnya tidak akan jauh berbeda, hanya saja memiliki selisih lebih mahal kurang lebih sekitar Rp 25.000.

Tips Memilih Konsultan Psikiater

Di atas sudah dijelaskan secara rinci besaran biaya konsultasi ke psikiater di seluruh wilayah di Indonesia, baik itu secara offline ataupun online. Untuk mendapatkan hasil konsultasi sesuai keinginan, tentunya kalian perlu memperhatikan bagaimana tata cara memilih psikiater berkualitas.

Memang benar bahwa sebenarnya semua konsultan psikiater di Indonesia sudah terbukti kualitasnya karena sudah dibekali dengan pelatihan serta pendidikan kesarjanaan. Daripada penasaran, di bawah ini adalah beberapa tips memilih konsultan psikiater.

  • Pastikan psikiater mempunyai gelar psikiater secara resmi.
  • Psikiater memiliki lisensi atau izin praktek secara resmi.
  • Mengecek ulasan dan konten konsultan psikiater terlebih dahulu.
  • Sebelum mengunjunginya, sebaiknya ajukan beberapa pertanyaan terlebih dahulu melalui panggilan telepon.

Kesimpulan

Dari pembahasan di atas dapat diambil kesimpulan bahwa antara psikiater dan psikolog sebenarnya memiliki sejumlah perbedaan, baik itu dari segi arti ataupun peran. Dimana seorang konsultan psikiater tidak hanya memperhatikan kesehatan fisik saja, namun juga dari segi kesehatan mental serta medis.

Meskipun demikian, sebenarnya kedua konsultan tersebut kerap bekerjasama dalam menangani suatu kasus kesehatan mental ataupun gangguan jiwa. Oleh sebab itulah besaran biaya ataupun tarif konsultasinya juga tidak akan jauh berbeda, baik itu di psikiater ataupun psikolog.

Demikian informasi dari Biayatarif seputar besaran biaya konsultasi ke psikiater di seluruh Indonesia dilengkapi dengan peran dan tanggung jawabnya. Semoga penjelasan di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika hendak melakukan sesi konsultasi ke psikiater.

Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.