Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

Biaya Tes Kesuburan Wanita di Klinik & Rumah Sakit 2022

Biaya Tes Kesuburan Wanita

Biaya Tes Kesuburan Wanita – Sebagaimana diketahui, terdapat cukup banyak faktor yang membuat wanita sulit hamil, salah satunya yaitu masalah ketidaksuburan. Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya masih banyak wanita di luar sana yang tidak bisa mengetahui langsung masa suburnya.

Sebenarnya tidak ada tanda-tanda kesuburan lain, seperti bercak darah atau rasa nyeri yang lebih tepat serta dapat diandalkan selain lendir yang keluar pada vagina. Nah, untuk memastikannya, kalian bisa melakukan tes kesuburan untuk mengetahui adanya gangguan yang mungkin terjadi.

Untungnya, di Indonesia sendiri saat ini tes kesuburan wanita sudah bisa dilakukan di berbagai macam tempat pelayanan kesehatan, mulai dari klinik umum hingga rumah sakit. Akan tetapi, masing-masing tempat pelayanan kesehatan tersebut pastinya mempunyai ketentuan mengenai tarif untuk jasa pelayanannya.

Maka dari itu, apabila diantara kalian berencana untuk menjalani tes kesuburan, ada baiknya cari tahu terlebih dahulu besaran biayanya. Untuk membantunya, kali ini kami akan menjelaskan mengenai biaya tes kesuburan wanita di semua tempat pelayanan kesehatan dilengkapi dengan prosedur hingga waktu ideal melakukannya.

Penyebab Gangguan Kesuburan Wanita

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, kebanyakan orang selalu mengaitkan masalah kesuburan dengan kehamilan. Dimana pasangan yang sudah setahun lebih tidak mempunyai anak biasanya khawatir akan adanya masalah dengan kesuburannya, atau bahkan dibilang mandul atau infertilitas.

Adapun penyebab gangguan kesuburan atau infertilitas pada wanita ini sebenarnya bisa disebabkan oleh banyak kondisi. Oleh karena itu, sebelum membahas poin utama mengenai biaya tes kesuburan wanita lebih lanjut, sebaiknya pahami terlebih dahulu beberapa penyebab gangguannya berikut ini.

  • Adanya gangguan lendir serviks yang mempersulit proses pertemuan sel sperma dan sel telur.
  • Adanya gangguan ovulasi yang menyebabkan tidak dapat atau membutuhkan waktu lebih lama untuk melepaskan sel telur.
  • Mengalami edometriosis (kondisi jaringan dari lapisan dalam dinding rahim atau endometrium tumbuh di luar rongga rahim).
  • Adanya kelainan anatomi seperti kelainan pada tuba falopi, gangguan pada cairan leher rahim (serviks), miom dan lain sebagainya.

Prosedur Tes Kesuburan Wanita

Prosedur Tes Kesuburan Wanita

Selain harus mengetahui besaran biaya tes kesuburan wanita di klinik kesehatan maupun rumah sakit, tentunya kalian juga harus memahami apa saja tahapan prosedur pemeriksaannya. Pada umumnya, pemeriksaan kesuburan wanita akan diawali dengan beberapa tes fisik, begitu pula pada pemeriksaan kesuburan pada pria.

Adapun beberapa pemeriksaan fisik tersebut diantaranya yaitu seperti berat badan, tinggi badan, tekanan darah, riwayat kesehatan serta informasi seputar pola hidup seperti merokok atau tidak dan lain sebagainya. Agar lebih jelasnya, di bawah ini adalah prosedur tes kesuburan wanita, entah itu di klinik kesehatan maupun rumah sakit.

1. Tes Ovulasi

Prosedur pertama yang akan dijalani oleh wanita setelah melakukan tes fisik pada pemeriksaan kesuburan yaitu tes ovulasi. Dimana tes ini dilakukan dengan tujuan untuk mengukur tingkat hormon dalam menentukan apakah pasien berovulasi dan menghasilkan sel telur secara teratur.

2. Pemeriksaan Cadangan Sel Telur

Kemudian prosedur tes kesuburan wanita selanjutnya yaitu pemeriksaan cadangan sel telur pada ovarium. Pada umumnya, tes tersebut biasanya diawali dengan pemeriksaan hormon di awal siklus menstruasi. Melalui tes cadangan sel telur, dokter dapat mengetahui kualitas serta jumlah sel telur yang tersedia untuk ovulasi.

3. Tes Hormon

Perlu diketahui, sebenarnya tes hormon tidak wajib untuk dilakukan, tetapi mungkin pasien akan disarankan untuk melakukan tes tersebut. Adapun beberapa jenis tes hormon di dalam prosedur pemeriksaan kesuburan wanita tersebut diantaranya yaitu seperti hormon tiroid dan kelenjar pituitari yang juga turut mempengaruhi proses reproduksi.

4. Hysteroscopy

Tahapan terakhir di dalam prosedur tes kesehatan wanita yaitu hysteroscopy. Dimana tes ini dilakukan dengan cara memasukkan alat khusus melalui leher rahim wanita guna memantau kondisi rahim serta memeriksa apakah ada kelainan atau tidak.

Biaya Tes Kesuburan Wanita

Setelah mengetahui beberapa penyebab gangguan hingga prosedur tes kesuburan wanita, maka selanjutnya tinggal masuk ke pembahasan utama mengenai besaran biaya atau harganya. Seperti halnya biaya tes sperma di Prodia, besaran biaya tes kesuburan wanita juga bisa berbeda di sejumlah tempat, baik itu di klinik kesehatan maupun rumah sakit.

Dimana tes kesuburan wanita sendiri dapat dilakukan entah itu sebelum maupun setelah menikah. Seperti sudah disinggung sebelumnya, pasien akan menjalani beberapa tahapan prosedur di dalam pemeriksaan kesuburan wanita. Agar lebih jelasnya, simak baik-baik besaran biaya tes kesuburan wanita untuk beberapa jenis pemeriksaan di bawah ini.

Jenis Tes Kesuburan WanitaBiaya
Tes ProgesteronRp 375.000 – Rp 535.000
Tes TestosteronRp 355.000 – Rp 500.000
Tes ProlactinRp 304.000 – Rp 400.000
Tes EstradiolRp 365.000 – 525.000
LHRp 420.000
FSHRp 435.000
CHCG KuantitatifRp 640.000

Perlu diingat, besaran biaya tes kesuburan wanita di atas bisa saja berbeda di klinik kesehatan maupun rumah sakit di berbagai macam wilayah. Selain itu, biaya tersebut juga belum mencakup beberapa komponen lainnya seperti biaya konsultasi dokter, obat-obatan dan lain sebagainya.

Waktu Ideal Tes Kesuburan Wanita

Sebagai informasi tambahan, sebenarnya terdapat saat-saat tertentu dimana wanita maupun pria mempunyai waktu yang tepat untuk memeriksakan kesuburannya, terutama ketika kalian sedang merencanakan hamil. Oleh sebab itu, berikut akan kami berikan kapan waktu ideal menjalani tes kesuburan wanita.

  • Berusia di bawah 35 tahun.
  • Berat badan ideal, yaitu tidak kurang dari 45 kg dengan indeks massa tubuh sebelum hamil lebih dari 18 kg per meter persegi.
  • Berusia di atas 35 tahun.
  • Mengalami keguguran.

Tips Mengatasi Gangguan Kesuburan Wanita

Di atas sudah dijelaskan mengenai biaya tes kesuburan wanita di klinik kesehatan maupun rumah sakit dilengkapi dengan prosedur pemeriksaan hingga waktu ideal melakukannya. Secara garis besarnya, pada beberapa wanita hanya membutuhkan satu atau dua terapi untuk meningkatkan angka kesuburannya.

Akan tetapi, terdapat beberapa wanita lain yang mungkin membutuhkan sejumlah jenis perawatan khusus untuk mencapai kehamilan. Oleh karena itu, cara untuk mengatasi gangguan kesuburan pada wanita ini tidak bisa disamakan sehingga tidak ada acuan maupun patokan tertentu.

Jadi, dapat dikatakan bahwa cara-cara untuk mengatasi gangguan kesuburan wanita sangat bergantung pada kondisi fisik serta penyebabnya. Untuk itu, di bawah ini kami akan membantu kalian dengan memberikan beberapa tips dalam mengatasi gangguan kesuburan pada wanita.

  • Merangsang ovulasi dengan obat kesuburan.
  • Inseminasi Intrauterine (IUI).
  • Pembedahan untuk memulihkan kesuburan.

Kesimpulan

Itulah sekiranya penjelasan dari Biayatarif mengenai biaya tes kesuburan wanita di klinik kesehatan maupun di rumah sakit dilengkapi dengan prosedur hingga waktu ideal menjalaninya. Semoga informasi di atas bisa dijadikan sebagai referensi ketika ingin menjalani tes kesuburan wanita di klinik ataupun rumah sakit terdekat.

Sumber gambar : orami.co.id

Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *