Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

2 Biaya Les Kumon Semua Wilayah 2022 : SD, SMP & SMA

Biaya Les Kumon

Biaya Les Kumon – Sebagian besar masyarakat di Indonesia pasti sudah tidak asing lagi dengan metode pembelajaran Kumon. Dimana metode pembelajaran tersebut pertama kali dikenalkan oleh seorang pendidik asal Jepang bernama Toru Kumon serta menjadi sistem pendidikan Matematika dan Bahasa Inggris terbesar di dunia.

Hingga saat ini, sudah lebih dari 4 juta anak yang menerapkan metode pembelajaran Kumon melalui lebih dari 26.000 lembaga pendidikan pendidikan Kumon yang tersebar di kurang lebih sekitar 47 negara. Di dalam Kumon, siswa belajar mengerjakan lembar kerjanya secara mandiri tanpa perlu diajari, mulai dari level mudah sampai ke level lebih sulit.

Di Indonesia sendiri, saat ini metode pembelajaran Kumon sudah dapat diikuti oleh para siswa dengan jenjang pendidikan mulai dari prasekolah, SD, SMP hingga SMA. Akan tetapi, ketika hendak mengikuti metode pembelajaran Kumon, seorang siswa diharuskan membayar sejumlah biaya, entah itu untuk pendaftaran ataupun uang bulanan.

Oleh sebab itu, apabila diantara kalian berencana mengikuti les Kumon di wilayah setempat, ada baiknya cari tahu terlebih dahulu berapa besar biayanya. Nah, untuk membantunya pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai biaya les Kumon untuk semua daerah dan program pembelajaran berdasarkan jenjang pendidikannya.

Apa Itu Kumon?

Apa Itu Kumon

Sebelum pembahasan poin utama mengenai biaya les Kumon lebih lanjut, ada baiknya pahami terlebih dahulu sekilas pengertiannya. Seperti sudah kami jelaskan sebelumnya, Kumon ialah salah satu program ataupun metode pendidikan non formal yang sudah sangat terkenal di dunia.

Kumon sendiri memiliki misi untuk menggali potensi setiap individu siswa semaksimal mungkin. Dimana pembimbing Kumon memberikan bimbingan atau arahan yang tepat kepada pada siswa supaya mereka bisa mengerjakan soal-soal sesuai dengan kemampuan sendiri.

Hasilnya, siswa menjadi memahami bahwa mereka sebenarnya bisa mengerjakan sesuatu apabila mau mencobanya, memiliki rasa percaya diri serta kemampuan untuk menghadapi tantangan baru dengan kemampuan sendiri. Pada intinya, Kumon bertujuan untuk membentuk individu yang sehat dan cakap sehingga bisa menentukan jalan hidupnya sendiri.

Program Pembelajaran Kumon

Di Kumon, pada siswa akan mendapatkan materi belajar yang sesuai dengan kemampuan masing-masing sehingga waktu untuk mendapatkan manfaat Kumon sendiri bisa berbeda-beda. Meskipun begitu, dengan belajar setiap hari secara kontinu, siswa diklaim akan mencapai materi yang setara tingkatan kelasnya dalam kurun waktu 6 bulan sampai 1 tahun.

Setelah itu, mereka juga pastinya akan maju ke level lebih tinggi dari tingkatan kelasnya. Pada umumnya, ketika pelajaran siswa sudah maju melampaui tingkatan kelasnya di sekolah formal, mereka akan merasakan bahwa dalam dirinya terbentuk kemampuan akademik lebih baik serta kemandirian belajar.

Hingga kini, Kumon memiliki beberapa program les atau pembelajaran kepada para siswanya, entah itu di jenjang prasekolah, SD, SMP maupun SMA. Daripada penasaran, langsung saja simak baik-baik program pembelajaran atau les Kumon untuk semua jenjang pendidikannya tersebut berikut ini.

  • Program Les Matematika
    • Membantu para siswa menguasai kemampuan berhitung untuk maju ke bahan Matematika SMA.
  • Program Les Bahasa Inggris (EE Program)
    • Mengembangkan kemampuan membaca dalam bahasa Inggris dengan baik serta bisa membaca secara luas.
  • Program Les Bahasa Inggris (EFL Program)
    • Mengembangkan kemampuan bahasa Inggris secara umum dengan baik.
  • Program Les Keterampilan Menggunakan Pensil
    • Membantu anak-anak yang masih kecil (anak prasekolah) dalam memperoleh keterampilan dasar dalam mengontrol pensil.

Biaya Les Kumon Semua Area

Setelah mengetahui sekilas pengertian hingga program les atau pembelajaran Kumon, selanjutnya kalian juga harus mengetahui berapa besar biaya administrasinya. Seperti sudah kami singgung sebelumnya, rincian biaya les Kumon sendiri terbagi menjadi beberapa kategori, yaitu biaya pendaftaran serta uang bulanan.

Selain itu, perlu diingat bahwa besaran biaya pendaftaran dan uang bulanan les Kumon sendiri ditentukan berdasarkan area atau wilayah program pembelajarannya. Agar lebih jelasnya, langsung saja simak baik-baik besaran biaya les Kumon untuk semua area dan program pembelajaran berdasarkan jenjang pendidikannya di bawah ini.

Biaya Pendaftaran Les

Area LesBiaya Pendaftaran
Area 1Rp 280.000
Area 2Rp 280.000
Area 3Rp 250.000

Uang Les Bulanan

Area LesUang Bulanan
Area 1Prasekolah – SD : Rp 460.000
SMP – SMA : Rp 510.000
Area 2Prasekolah – SD : Rp 460.000
SMP – SMA : Rp 510.000
Area 3Prasekolah – SD : Rp 460.000
SMP – SMA : Rp 510.000

Keterangan :

  • Area 1 : Jabodetabek, Banten dan Karawang (Karawang Barat, Karawang Timur, Majalaya, Teluk Jambe Barat, Teluk Jambe Timur).
  • Area 2 : Jawa Barat, Jawa Timur, Bali, Bangka Belitung, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Kepulauan Riau, Sulawesi Selatan, Sulawesi Utara, Sulawesi Selatan dan Sulawesi Utara.
  • Area 3 : DI Yogyakarta, Jawa Tengah, Aceh, Jambi, Lampung NTB, Riau dan Sumatera Barat.

Cara Daftar Les Kumon

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap mengenai besaran biaya les Kumon untuk semua program pembelajaran berdasarkan jenjang pendidikannya. Pada intinya, les atau pembelajaran Kumon dapat dimanfaatkan oleh para siswa, khususnya siswa SMA yang hendak melanjutkan jenjang pendidikan ke yang lebih tinggi, salah satunya yaitu kuliah di Universitas Satya Negara Indonesia.

Maka dari itu, kalian juga pastinya harus mengerti bagaimana tata cara ataupun prosedur pendaftaran les Kumon di setiap area. Adapun penjelasan cara pendaftaran les Kumon untuk semua jenjang pendidikan dan program pembelajarannya tersebut diantaranya yaitu seperti di bawah ini.

  1. Kunjungi kelas Kumon terdekat di lokasi tempat tinggal kalian.
  2. Buat perjanjian untuk orientasi orang tua. Dimana di setiap kelas Kumon sendiri orientasi orang tua dilaksanakan setiap satu bulan sekali.
  3. Membahas hasil tes penempatan dengan para pembimbing. Perlu diketahui, penjelasan seputar cara belajar di kelas Kumon akan dipaparkan secara detail oleh pembimbing ketika orientasi orang tua berlangsung. Biasanya tes penempatan dilakukan guna menentukan level awal yang tepat bagi para siswa.

Kesimpulan

Itulah sekiranya penjelasan dari Biayatarif seputar biaya les Kumon untuk semua program pembelajaran dan wilayah di Indonesia sesuai jenjang pendidikannya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika hendak mendaftarkan diri untuk mengikuti les pembelajaran Kumon.

Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *