Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

2 Biaya Masuk MAN Insan Cendekia Serpong 2022

Biaya Masuk MAN Insan Cendekia Serpong

Biaya Masuk MAN Insan Cendekia Serpong – Mungkin sebagian besar dari kalian sudah tidak asing lagi dengan lembaga pendidikan bernama Insan Cendekia (IC). Dimana lembaga pendidikan tersebut saat ini sudah mempunyai cukup banyak cabang yang tersebar di hampir seluruh wilayah Indonesia, salah satunya yaitu MAN Insan Cendekia Serpong.

Sesuai dengan namanya, MAN Insan Cendekia Serpong menyediakan jenjang atau program pendidikan Madrasah Aliyah yang setara dengan Sekolah Menengah Atas (SMA). Mengusung konsep Islamic Boarding School, pastinya MAN Insan Cendekia Serpong juga mempunyai beberapa gedung atau bangunan asrama yang disediakan untuk para peserta didiknya.

Seperti halnya lembaga pendidikan pada umumnya, setiap tahun ajaran baru tentunya MAN Insan Cendekia Serpong memberikan kesempatan bagi calon siswa ketika ingin melanjutkan jenjang pendidikannya. Namun, pastinya mereka diharuskan untuk memenuhi sejumlah syarat beserta ketentuan pendaftarannya, terutama tentang biaya pendidikannya.

Oleh karena itu, apabila diantara kalian berencana untuk mendaftarkan diri di MAN Insan Cendekia Serpong, ada baiknya cari tahu terlebih dahulu berapa besar biayanya. Untuk membantunya, kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai biaya masuk MAN Insan Cendekia Serpong beserta syarat hingga tata cara pendaftarannya.

Jenjang Pendidikan MAN Insan Cendekia Serpong

Jenjang Pendidikan MAN Insan Cendekia Serpong

Sebelum pembahasan poin utama mengenai biaya masuk MAN Insan Cendekia Serpong lebih lanjut, sebaiknya pahami terlebih dahulu beberapa jenjang pendidikannya. Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, saat ini MAN Insan Cendekia Serpong menyediakan jenjang pendidikan Madrasah Aliyah sekelas Sekolah Menengah Atas (SMA).

Karena mengusung konsep Islamic Boarding School, maka MAN Insan Cendekia Serpong tidak hanya menyediakan program atau sistem pembelajaran formal saja, namun juga menekankan pada keagamaan. Maka dari itu, tak heran apabila MAN Insan Cendekia semua cabang seringkali menjadi favorit sebagian besar masyarakat Indonesia.

Syarat Masuk MAN Insan Cendekia Serpong

Selain harus membayar biaya masuk MAN Insan Cendekia Serpong, tentunya calon peserta didik juga diwajibkan untuk memenuhi sejumlah syarat beserta ketentuan pendukung lainnya. Sebagai bahan gambaran, di bawah ini akan kami jelaskan secara lengkap mengenai sejumlah syarat dan ketentuan masuk MAN Insan Cendekia Serpong.

  • Tercatat sebagai peserta didik kelas IX MTs/SMP.
  • Berusia maksimal 17 tahun pada saat mendaftar.
  • Mendapatkan rekomendasi sebagai siswa terbaik atau berprestasi dari Kepala Madrasah/sekolah asal sesuai dengan kuota pendaftar per madrasah/sekolah yang ditetapkan.
  • Mendapatkan surat keterangan atau rekomendasi dari Kepala Madrasah/sekolah asal sebagai siswa berprestasi tingkat nasional (OSN, KSM Nasional, OPSI, MYRES) dan penghargaan dari luar negeri.
  • Mempunyai NISN yang terdaftar pada EMIS (bagi MTs) atau DAPODIK (bagi SMP).
  • Mengupload pas foto berwarna ukuran 3×4.
  • Mengupload fotokopi rapor semester 3,4 dan 5 yang sudah dilegalisir.
  • Mengupload fotokop sah Akta Kelahiran/Kenal Lahir.
  • Mengupload fotokopi Kartu Keluarga Sejahtera (KKS), kartu Program Keluarga Harapan (PKH) ataupun Kartu Indonesia Pintar (KIP) bagi pendaftar yang mengajukan keringanan biaya personal pendidikan pada saat masuk MAN Insan Cendekia Serpong.

Cara Daftar MAN Insan Cendekia Serpong

Seperti halnya pendaftaran Alexandria Islamic School, saat ini prosedur pendaftaran peserta didik baru di MAN Insan Cendekia Serpong sudah bisa dilakukan secara online melalui situs resminya. Dimana setiap tahun ajaran baru saat ini MAN Insan Cendekia Serpong membuka SNPDB (Seleksi Nasional Peserta Didik Baru) melalui website resminya.

Namun, perlu diingat bahwa kini MAN Insan Cendekia Serpong juga mempunyai 2 jenis jalur seleksi pendaftaran untuk peserta didik baru, yaitu Jalur Tes serta Jalur Prestasi. Daripada penasaran, ada baiknya perhatikan baik-baik bagaimana tata cara ataupun tahapan alur pendaftaran siswa baru di MAN Insan Cendekia Serpong berikut ini.

  1. Calon peserta didik baru di MAN Insan Cendekia Serpong diharuskan membuat akun yang nantinya akan digunakan selama proses SNPDB berlangsung.
  2. Setelah berhasil membuat akun, silahkan klik menu Login yang berada di sebelah kiri.
  3. Kemudian catat email dan password yang kalian masukkan ketika kalian membuat akun sebelumnya.
  4. Apabila sudah berhasil login, nantinya kalian akan diarahkan ke Dashboard Pendaftaran Online.
  5. Tahap selanjutnya lengkapi data diri dan mengunggah sejumlah persyaratan guna di verifikasi oleh panitia.
  6. Nantinya pengumuman hasil seleksi masuk akan diinformasikan melalui Dashboard Pendaftaran Online dengan akun yang telah dibuat oleh calon peserta didik.

Biaya Masuk MAN Insan Cendekia Serpong

Setelah mengetahui sekilas jenjang pendidikan hingga syarat dan ketentuan beserta tata cara pendaftarannya, maka langkah selanjutnya yaitu tinggal mencari tahu berapa besar biaya pendidikan di MAN Insan Cendekia Serpong. Dimana biaya masuk MAN Insan Cendekia Serpong sendiri terdiri dari beberapa kategori, mulai dari biaya SPP, biaya bangunan atau uang gedung, biaya buku serta biaya ekstrakurikuler dan lain-lain.

Namun sayangnya, pihak MAN Insan Cendekia Serpong hingga kini belum memberikan informasi secara resmi terkait besaran biaya atau uang pendidikannya tersebut. Pihak pengelolanya hanya memberikan penjelasan mengenai beberapa ketentuan untuk biaya masuk MAN Insan Cendekia Serpong, diantaranya yaitu seperti di bawah ini.

  • Biaya personal pendidikan seperti uang makan dan pakaian seragam yang tidak dianggarkan dalam DIPA Madrasah dibebankan kepada masing-masing orang tua/wali peserta didik baru MAN Insan Cendekia Serpong. Biaya Personal ini merupakan sumbangan biaya dari dan untuk peserta didik yang digunakan untuk membiayai kepentingan dan kebutuhannya selama di asrama.
  • Pengelolaan sumbangan biaya personal peserta didik dilaksanakan oleh Komite Madrasah sesuai ketentuan peraturan perundangan-perundangan yang berlaku. Besaran biaya personal tersebut nantinya akan disesuaikan dengan kondisi wilayah setempat.
  • Peserta didik yang berasal dari keluarga kurang mampu bisa dibuktikan dengan menunjukkan kepemilikan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) atau kartu Program Keluarga Harapan (PKH) atau Kartu Indonesia Pintar (KIP) atau siswa miskin yang dibuktikan dengan Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) dari Kepala Desa/Lurah setempat, maka nantinya akan diberikan bantuan biaya pendidikan setelah melalui proses verifikasi.
  • Untuk MAN Insan Cendekia Serpong Program Keagamaan, mendapatkan bantuan beasiswa senilai Rp700 ribu tiap siswa per bulan.

Call Center MAN Insan Cendekia Serpong

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap mengenai besaran biaya masuk MAN Insan Cendekia Serpong beserta syarat dan ketentuan hingga tata cara pendaftarannya. Apabila masih bingung, saran kami sebaiknya tanyakan secara langsung kepada pihak MAN Insan Cendekia Serpong melalui beberapa contact center di bawah ini.

  • Telepon : 021 – 7563578
  • WhatsApp : +6285697962120
  • Email : humas@ic.sch.id
  • Facebook : @manicserpong
  • Twitter : @official_manics
  • Instagram : @official_manics

Kesimpulan

Demikian sekiranya penjelasan dari Biayatarif seputar besaran biaya masuk MAN Insan Cendekia Serpong dilengkapi dengan syarat dan ketentuan hingga tata cara pendaftarannya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika ingin mendaftarkan diri di MAN Insan Cendekia Serpong.

Sumber gambar : ic.sch.id

Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *