Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

Biaya Mutasi Motor Lewat Biro Jasa

Biaya Mutasi Motor Lewat Biro Jasa

Biaya Mutasi Motor Lewat Biro Jasa – Tidak semua alamat pada surat-surat kendaraan bermotor sesuai dengan domisili pemiliknya saat ini. Karena tidak ingin repot pada saat melakukan perpanjangan surat-surat, maka kebanyakan diantara mereka lebih memilih untuk mutasi kendaraan.

Mutasi kendaraan sendiri diperlukan supaya berkas kendaraan yang dimiliki dapat sesuai dengan identitas serta alamat pemilik barunya. Seiring dengan berjalannya waktu, saat ini pengurusan mutasi kendaraan khususnya sepeda motor sudah dapat dilakukan melalui biro jasa.

Salah satu alasan mengapa seseorang lebih memilih menggunakan biro jasa ketimbang mengurusnya sendiri yaitu karena tidak ingin repot. Namun, tentunya setiap biro jasa memiliki syarat dan ketentuan tarif atau biaya pengurusan berkas-berkas mutasi motor konsumennya.

Oleh sebab itu, apabila kalian berencana menggunakan biro jasa ketika akan melakukan mutasi motor, alangkah baiknya ketahui terlebih dahulu berapa besar biayanya. Nah, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai rincian biaya mutasi motor lewat biro jasa.

Jenis Mutasi Motor

Jenis Mutasi Motor

Seperti dijelaskan di atas, biro jasa merupakan perpanjangan tangan kita ketika mengurus surat-surat kendaraan bermotor. Jadi, pelanggan hanya cukup menitipkan berkas dan biro jasa lah yang akan mengurus semuanya hingga beres.

Sebelum membahas biaya mutasi motor lewat biro jasa lebih lanjut, ada baiknya ketahui terlebih dahulu jenis-jenisnya. Saat ini mutasi kendaraan roda dua terbagi menjadi dua jenis, yaitu mutasi antar SAMSAT serta mutasi antar daerah.

Mutasi Antar SAMSAT

Mutasi satu daerah ialah jenis mutasi dimana alamat pemilik kendaraan yang pindah dari satu wilayah SAMSAT ke wilayah SAMSAT lainnya, namun nomor polisinya tetap sama. Sebagai contoh pemilik motor sebelumnya beralamat di Bekasi dengan nomor polisi B. Apabila berganti pemilik yang tinggal di Jakarta, maka nomor polisinya tetap B, namun wilayah SAMSAT-nya sudah berbeda.

Mutasi Antar Daerah

Sedangkan mutasi antar daerah ialah alamat pemilik motor pindah dari satu provinsi ke provinsi lainnya, atau bisa juga berganti nama nomor polisi pemilik kendaraan lama dengan pemilik baru. Misalkan motor di Jakarta dengan nomor polisi B akan dilimpahkan ke pemilik barunya yang tinggal di kota Riau bernomor polisi BM.

Syarat Mutasi Motor Lewat Biro Jasa

Syarat Mutasi Motor Lewat Biro Jasa

Ketika mengurus mutasi motor lewat biro jasa, terdapat beberapa berkas atau dokumen persyaratan yang harus disiapkan oleh konsumennya. Adapun beberapa dokumen persyaratan mutasi motor lewat biro jasa tersebut diantaranya yaitu sebagai berikut.

  • BPKB asli motor disertai salinannya.
  • STNK asli motor disertai salinannya.
  • Kuitansi bukti pembayaran unit motor yang ditandatangani oleh penjual di atas materai disertai salinannya.
  • Kuitansi kosong disertai tandatangan oleh penjual.
  • KTP asli atas nama pemilik baru disertai salinannya.
  • Faktur atau Form A asli disertai salinannya.

Biaya Mutasi Motor Lewat Biro Jasa

Rincian Biaya Mutasi Motor Lewat Biro Jasa

Pada dasarnya biaya mutasi motor lewat biro jasa sedikit lebih murah dibandingkan MUTASI MOBIL ANTAR PROVINSI. Biasanya biaya untuk perpanjangan pajak motor lewat biro jasa berkisar antara Rp 150.000 hingga Rp 300.000.

Selain membayar biaya perpanjangan pajak kendaraan roda dua, pelanggan juga harus membayar ongkos biro jasanya. Daripada penasaran, berikut akan kami berikan rincian biaya mutasi kendaraan roda dua lewat biro jasa baik itu mutasi antar SAMSAT ataupun antar provinsi.

Mutasi Antar SAMSAT

Upah biro jasa dalam pengurusan mutasi motor antar SAMSAT atau mutasi satu provinsi kurang lebih sekitar Rp 1.000.000 hingga Rp 1.500.000. Biaya ini juga belum termasuk biaya pengurusan mutasi diluar pajak kendaraan. Oleh sebab itu, sebaiknya siapkan dana melebihi dari estimasi tersebut.

Mutasi Antar Provinsi

Sementara mutasi motor antar provinsi, biayanya akan jauh lebih besar, yaitu sekitar Rp 2.000.000 sampai Rp 3.000.000. Pasalnya biro jasa harus melakukan berkas terlebih dahulu di kota asal barulah proses mutasi di provinsi tujuan. Oleh karena itu, besaran biaya mutasi motor lewat biro jasa ini bergantung pada tempat mutasi tujuan.

Tips Memilih Biro Jasa

Tips Memilih Biro Jasa

Di atas sudah kami jelaskan secara lengkap mengenai rincian biaya mutasi motor lewat biro jasa, entah itu satu provinsi ataupun antar provinsi. Agar kalian terhindar dari kasus penipuan biro jasa, sebaiknya ikuti beberapa tips memilihnya di bawah ini.

  • Pastikan biro jasa memiliki alamat kantor jelas.
  • Proses pengerjaan mutasi motor harus tepat waktu.
  • Biro jasa harus mencantumkan rincian biaya pengurusan mutasi kendaraannya.
  • Pastikan nomor rekening bank biro jasa sesuai dengan pemiliknya.
  • Pertimbangkan dengan melihat review dari pada pelanggan.

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa besaran biaya pengurusan mutasi kendaraan roda dua lewat biro jasa ini bergantung pada tempat tujuan mutasinya. Sedangkan untuk ongkos jasa pengurusannya sendiri tergantung dari kebijakan masing-masing penyedia biro jasa.

Demikian penjelasan dari Biayatarif seputar rincian biaya mutasi motor lewat biro jasa, entah itu mutasi satu daerah ataupun mutasi antar provinsi. Semoga informasi di atas bermanfaat serta dapat dijadikan gambaran ketika hendak menggunakan biro jasa dalam pengurusan mutasi motor.

Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *