Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

Biaya Nanggap Wayang Kulit Update 2022

Biaya Nanggap Wayang Kulit

Biaya Nanggap Wayang Kulit – Seperti diketahui, kesenian wayang kulit telah ditetapkan UNESCO sebagai salah satu Warisan Budaya Tak Benda pertama di Indonesia. Dimana wayang kulit sendiri merupakan kesenian dengan menggunakan bentuk karakter mitologi yang biasanya dibuat menggunakan lembaran kulit binatang kerbau atau sapi yang dikeringkan.

Dimainkan oleh seorang dalang, wayang kulit membawakan cerita-cerita dengan pesan berasal dari kepercayaan dan budaya setempat terkait budi pekerti luhur atau bahkan berupa kritik sosial. Pada intinya, wayang kulit tidak dapat dilihat hanya sebagai benda, karena sebenarnya kesenian tersebut mempunyai arti lebih dalam kepada para penontonnya.

Di Indonesia sendiri, saat ini kesenian wayang kulit seringkali ditanggap oleh seseorang ataupun sebuah instansi pada sebuah acara khusus, seperti pernikahan, acara pelantikan dan lain sebagainya. Namun sayangnya, masih ada sebagian besar orang di luar sana merasa kebingungan tentang berapa besar biaya atau harga untuk menanggap wayang kulit.

Nah, apabila diantara kalian berencana untuk nanggap kesenian wayang kulit untuk sebuah acara, ada baiknya cari tahu terlebih dahulu berapa besar biayanya. Untuk membantunya, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai biaya nanggap wayang kulit untuk semua dalang di seluruh wilayah Indonesia.

Seputar Wayang Kulit

Sebelum pembahasan poin utama mengenai biaya nanggap wayang kulit lebih lanjut, sebaiknya pahami terlebih dahulu sekilas pengertiannya. Melansir dari beberapa situs terpercaya, nama wayang berasal dari kata ‘Ma Hyang” yang bisa diartikan sebagai menuju kepada roh spiritual, para dewa atau sang kuasa.

Tentunya wayang kulit menjadi kebanggaan tersendiri karena kesenian ini memang sudah dimainkan sejak zaman dahulu, lebih tepatnya sejak kerajaan Hindu-Buddha dimana sebagian besar masyarakat Indonesia masih mempunyai kepercayaan terhadap dewa-dewa.

Kesenian Wayang Kulit di Indonesia

Kesenian Wayang Kulit di Indonesia

Perlu diketahui, besaran biaya nanggap wayang kulit di Indonesia sendiri bisa saja berbeda di sejumlah wilayah, tergantung pada dalang yang membawakannya. Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya Indonesia sendiri mempunyai puluhan ragam atau jenis wayang kulit berbeda-beda di setiap daerah seperti di Jawa, Bali, Lombok, Kalimantan dan Sumatera.

Di Pulau Jawa dikenal terdapat beberapa wayang kulit seperti wayang beber, wayang gedog, wayang golek, wayang jemblung, wayang kalithik (klithik), wayang karucil (krucil), wayang legendria, wayang lilingong, wayang lumping, wayang madya, wayang pegon, wayang purwa, wayang puwara, wayang sasak, wayang topeng serta wayang wong atau wayang orang.

Kemudian di wilayah Bali para masyarakatnya juga mengenal beberapa wayang kulit seperti wayang gambuh, wayang parwa dan wayang ramayana. Sedangkan di daerah Lombok dan sekitarnya, terdapat beberapa ragam wayang kulit seperti wayang sasak, di Kalimantan ada wayang banjar serta di Sumatera ada wayang palembang.

Sebenarnya masih terdapat cukup banyak jenis wayang yang bisa dibagi dalam tiga kriteria seperti pelaku, sumber cerita dan bahasanya. Pada intinya, wayang tidak hanya bisa dilihat sebagai benda saja, pasalnya sebenarnya kesenian ini mempunyai arti lebih dalam, serta berbagai penyampaian pesan sehingga harus selalu dijaga kelestariannya supaya tidak hilang di telan zaman.

Biaya Nanggap Wayang Kulit

Setelah mengetahui sekilas sejarah hingga ragam kesenian wayang kulit di Indonesia, maka selanjutnya kalian juga harus mengerti berapa besar biaya untuk menanggapnya. Sebagai informasi tambahan, Sunan Kalijaga dikenal sebagai wali yang membiarkan adanya kesenian wayang kulit dengan diadaptasi cerita terselip dakwah.

Untuk saat ini, di Indonesia sendiri sudah terdapat cukup banyak dalang wayang kulit terkenal, seperti dalang Seno, Eko Suwaryo, Ki Bayu Aji, Ki Anom Suroto, Ulin Nuha dan masih banyak lainnya. Dimana besaran biaya nanggap wayang kulit sendiri berada di kisaran Rp 5.000.000 sampai Rp 10.000.000 bagi dalang belum terkenal.

Nah, apabila bagi dalang wayang kulit yang sudah mempunyai nama besar di telinga masyarakat Indonesia, maka kalian perlu mempersiapkan biaya nanggap mulai dari Rp 50.000.000, bahkan bisa mencapai ratusan juta. Tentunya biaya nanggap wayang kulit tersebut sepadan dengan keterampilan yang dimiliki oleh para dalang.

Dimana setiap dalang diharuskan untuk bisa mendalang wayang kulit dengan lakon yang mengubah-ubah suara. Selain itu, pertunjukkan wayang kulit semalam suntuk ini juga membutuhkan adanya beberapa peralatan yang membutuhkan anggaran biaya untuk perawatannya.

Kesimpulan

Itulah sekiranya penjelasan dari Biayatarif seputar biaya nanggap wayang kulit di seluruh wilayah Indonesia, mulai dari dalang biasa hingga dalang terkenal. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika ingin nanggap wayang kulit untuk sebuah acara.

Sumber gambar : tribunnews.com

Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *