Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

2 Biaya Operasi Kelenjar Getah Bening 2022 : Pasien Umum & BPJS

Biaya Operasi Kelenjar Getah Bening

Biaya Operasi Kelenjar Getah Bening – Sebagaimana diketahui, kanker kelenjar getah bening atau limfoma ialah sebuah penyakit yang terjadi akibat adanya kerusakan pada sel-sel limfosit. Untuk saat ini, berbagai macam metode pengobatan seperti kemoterapi dan radioterapi bisa membantu mengendalikan penyakit ini.

Selain dengan cara-cara tersebut, tindakan operasi juga bisa dijadikan sebagai salah satu cara untuk mengobati kanker kelenjar getah bening. Namun, perlu diingat bahwa dalam banyak kasus, tindakan medis seperti operasi ini biasanya dilakukan untuk mendiagnosis limfoma serta mengetahui tingkat keparahannya.

Di Indonesia sendiri, saat ini prosedur operasi kelenjar getah bening sudah bisa dilakukan di berbagai macam tempat kesehatan, salah satunya yaitu di rumah sakit. Akan tetapi, pastinya setiap rumah sakit di seluruh wilayah Indonesia mempunyai ketentuan mengenai tarif atau harga untuk jasa pelayanan tindakan medisnya.

Maka dari itu, apabila kalian berencana melakukan operasi kelenjar getah bening di rumah sakit terdekat, ada baiknya cari tahu terlebih dahulu berapa besar biayanya. Nah, untuk membantunya pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai biaya operasi kelenjar getah bening untuk pasien umum dan BPJS.

Gejala Kelenjar Getah Bening

Gejala Kelenjar Getah Bening

Munculnya penyakit kelenjar getah bening pastinya ditandai dengan berbagai macam hal. Namun, secara garis besarnya gejala dan ciri-ciri kanker kelenjar getah bening stadium satu atau awal dapat dikenali melalui beberapa kondisi. Maka dari itu, sebelum membahas biaya operasi kelenjar getah bening lebih lanjut, berikut adalah beberapa gejalanya.

  • Pembengkakan di kelenjar getah bening.
  • Kelelahan yang tidak kunjung hilang.
  • Demam serta berkeringat pada malam hari.
  • Penurunan berat badan tanpa alasan tertentu.
  • Kulit terasa gatal-gatal.
  • Batuk dan sesak nafas.
  • Perasaan seperti kenyang di perut.
  • Pusing.
  • Sakit kepala.
  • Kejang.

Penyebab Kelenjar Getah Bening

Seperti halnya penyakit lain pada umumnya, penyakit kanker kelenjar getah bening juga pastinya disebabkan oleh berbagai macam faktor. Daripada penasaran, di bawah ini akan kami jelaskan secara lengkap mengenai sejumlah penyebab kelenjar getah bening pada tubuh seseorang.

  • Infeksi.
  • Gangguan sistem daya tahan tubuh.
  • Kanker.
  • Efek samping obat tertentu.

Prosedur Operasi Kelenjar Getah Bening

Prosedur Operasi Kelenjar Getah Bening

Selain harus mengetahui besaran biaya operasi kelenjar getah bening, tentunya kalian juga harus mengerti bagaimana prosedur pelaksanaannya. Dimana prosedur operasi pengangkatan kelenjar getah bening di rumah sakit sendiri sebenarnya tergantung pada tingkat keparahan penyakitnya.

Pada umumnya, dokter akan memberikan obat anestesi atau bius kepada para pasien sebelum operasi dimulai. Sebagai bahan gambaran, berikut adalah beberapa jenis operasi yang seringkali digunakan oleh pihak rumah sakit di Indonesia untuk mengangkat kanker operasi kelenjar getah bening.

Biopsi

Operasi biopsi dilakukan untuk menentukan stadium kanker kelenjar getah bening terbagi menjadi beberapa jenis. Namun jenis operasi yang paling sering dilakukan oleh para dokter yaitu operasi biopsi eksisi dan insisi.

Laparotomi Eksplorasi

Prosedur operasi laparotomi eksplorasi diperuntukkan bagi pasien limfoma yang mempunyai tumor atau sel kanker di perutnya. Setelah area perut dibersihkan dan diberikan bius, dokter akan membuat sayatan lalu mengangkat tumor atau area organ yang terdampak kanker.

Splenektomi

Kemudian operasi kelenjar getah bening splenektomi dilakukan dengan metode keyhole, dimana dokter hanya akan membuat sayatan kecil untuk mengangkat limpa. Di dalam tindakannya, dokter akan menggunakan peralatan operasi khusus yang digunakan bersamaan dengan laparoskopi (tabung kecil dengan kamera serta senter).

Biaya Operasi Kelenjar Getah Bening

Setelah mengetahui beberapa gejala dan penyebab hingga prosedur pengangkatan kelenjar getah bening di rumah sakit, selanjutnya kalian juga harus mengerti berapa besar biayanya. Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, saat ini besaran tarif operasi kelenjar getah bening ditentukan berdasarkan tingkat keparahannya.

Selain itu, jenis pasien juga biasanya akan menentukan besaran tarif untuk setiap jenis layanan rumah sakit terkait. Agar lebih jelasnya, berikut akan kami berikan pembahasan mengenai biaya operasi kelenjar getah bening di rumah sakit seluruh Indonesia, entah itu bagi pasien umum ataupun pasien BPJS.

Pasien Umum

Bagi pasien umum, saat ini besaran biaya operasi kelenjar getah bening berada di kisaran Rp 20.000.000 sampai Rp 50.000.000. Dimana di dalam besaran biaya tersebut juga biasanya belum termasuk obat-obatan dan lain sebagainya. Jika dibandingkan dengan tarif operasi pengangkatan lipoma, maka tindakan operasi kelenjar getah bening tergolong jauh lebih mahal.

Pasien BPJS

Sementara bagi pasien BPJS, mereka berhak mendapatkan fasilitas tindakan operasi pengangkatan kelenjar getah bening secara gratis tanpa mengeluarkan biaya sepeserpun. Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya tindakan operasi kelenjar getah bening sudah sepenuhnya ditanggung oleh pemerintah. Namun, untuk mendapatkan layanan tersebut, pasien BPJS harus memenuhi semua syarat dan ketentuannya.

Efek Samping Operasi Kelenjar getah Bening

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap mengenai besaran biaya operasi kelenjar getah bening di rumah sakit dilengkapi dengan prosedur pelaksanaannya. Meskipun operasi kelenjar getah bening di rumah sakit merupakan prosedur aman dilakukan, namun tetap saja bahwa tindakan tersebut bisa menimbulkan efek samping ataupun risiko kepada para pasiennya.

Oleh karena itu, sebagai bahan pertimbangan, di bawah ini akan kami jelaskan secara lengkap mengenai beberapa efek samping ataupun risiko menjalani operasi kelenjar getah bening di rumah sakit.

  • Demam disertai menggigil.
  • Pendarahan di area bekas operasi.
  • Munculnya rasa sakit dan nyeri di area bekas operasi.
  • Sesak nafas.
  • Sakit di kaku, tangan, perut hingga kepala.
  • Kesulitan buang air kecil.
  • Urine berwarna merah, keruh ataupun berbau tidak sedap.
  • Diare atau sembelit tidak kunjung membaik dalam 2 hari.

Kesimpulan

Demikian sekiranya penjelasan dari Biayatarif seputar besaran biaya operasi kelenjar getah bening di rumah sakit dilengkapi dengan prosedur pelaksanaannya, entah itu bagi pasien umum ataupun BPJS. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika hendak menjalani operasi kelenjar getah bening di rumah sakit terdekat.

Sumber gambar : sehatq.com, hellosehat.com

Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *