Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

Update Biaya Operasi Tumor Otak 2022 : Umum & BPJS

Biaya Operasi Tumor Otak

Biaya Operasi Tumor Otak – Sebagaimana diketahui, tumor otak memang membutuhkan penanganan serius. Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya penyakit yang menyerang sistem saraf pada otak ini sangat berbahaya sehingga perlu dilakukan adanya tindakan operasi.

Secara garis besarnya, tumor otak merupakan benjolan yang tumbuh pada otak timbul akibat jaringan abnormal yang berasal dari jaringan otak itu sendiri. Selain itu, tumor otak juga sebenarnya bisa berasal dari kanker di organ lain yang bisa menyebar ke otak.

Salah satu jenis tindakan yang bisa dilakukan sebagai langkah penanganan atau pengobatan yaitu menjalani operasi. Di Indonesia sendiri, saat ini terdapat cukup banyak rumah sakit yang menawarkan operasi tumor otak, entah itu rumah sakit umum milik pemerintah maupun rumah sakit swasta.

Maka dari itu, apabila diantara kalian berencana untuk menjalani operasi tumor otak di rumah sakit terdekat, ada baiknya cari tahu terlebih dahulu besaran biayanya. Untuk membantunya, kali ini kami akan menjelaskan mengenai biaya operasi tumor otak di rumah sakit Indonesia dilengkapi prosedurnya.

Gejala Tumor Otak

Sebelum pembahasan poin utama mengenai biaya operasi tumor otak di rumah sakit Indonesia lebih lanjut, sebaiknya pahami terlebih dahulu beberapa indikasi ataupun gejalanya. Daripada penasaran, langsung saja perhatikan baik-baik beberapa gejala tumor otak di bawah ini.

  • Sakit kepala yang semakin lama semakin parah.
  • Muntah yang menyembur.
  • Amnesia.
  • Perubahan sifat, seperti jadi murah marah.
  • Sering merasa kebingungan atau penurunan fungsi otak.
  • Sulit menjaga keseimbangan tubuh.
  • Sulit berbicara.
  • Inkontinensia urine.
  • Mengalami gangguan penglihatan, seperti penglihatan kabur, ganda atau hilang sebagian.
  • Mengalami kejang, terutama pada orang tanpa riwayat penyakit kejang.

Penyebab Tumor Otak

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, tumor otak merupakan salah satu jenis penyakit ganas yang cukup berbahaya, bahkan bisa menyebabkan kematian. Adapun faktor penyebab utama munculnya tumor otak pada tubuh seseorang yaitu karena terjadi penurunan fungsi sistem kekebalan tubuh.

Selain itu, tumor otak juga bisa disebabkan oleh beberapa hal lain seperti terjadinya penumpukan toksin atau racun di otak, mutasi genetik sel-sel jaringan otak, hiperplasia atau sel tumbuh tidak terbatas dalam otak. Namun, penyebab terjadinya perubahan genetik sel-sel jaringan otak sendiri sebenarnya masih belum diketahui.

Terdapat beberapa faktor yang bisa meningkatkan risiko seseorang mengalami penyakit tumor otak, seperti faktor usia, faktor keturunan atau pernah menjalani radioterapi. Pada intinya, tumor otak bisa menyerang seseorang ketika sistem kekebalan tubuh mereka semakin menurun.

Prosedur Operasi Tumor Otak

Prosedur Operasi Tumor Otak

Selain harus mengetahui biaya operasi tumor otak di rumah sakit Indonesia, tentunya kalian juga harus memahami bagaimana prosedur pelaksanaannya. Sebenarnya, terdapat beberapa jenis operasi yang bisa dilakukan oleh dokter spesialis untuk mengangkat tumor otak di dalam tubuh pasien.

Nantinya jenis tindakan operasi yang dipilih tergantung pada seberapa besar serta seberapa ganas tumor yang terdapat di dalam otak pasien. Secara garis besarnya, prosedur operasi tumor otak dilakukan menggunakan bius umum sehingga pasien tidak akan sadar selama tindakan operasi berlangsung.

Dimana operasi dimulai dengan membuka tulang tempurung kepala pasien (kraniotomi) kemudian dilanjutkan dengan pemotongan jaringan tumornya sendiri. Operasi tumor otak bisanya berlangsung selama kurang lebih sekitar 3 jam atau lebih, tergantung tingkat keganasan tumor.

Apabila operasi berjalan dengan lancar, maka pasien tidak akan membutuhkan transfusi darah selama tindakan berlangsung. Pascaoperasi, pasien akan dirawat di ruang ICU (intensive care unit) dengan fasilitas yang lengkap dan selanjutnya dipindahkan ke ruang rawat inap.

Setelah itu, pasien diminta untuk menunggu hasil pemeriksaan patologi anatomi untuk mendapatkan diagnosa pastinya yang akan menentukan arah terapi selanjutnya. Setelah pengobatan berhasil dilakukan, pasien biasanya dianjurkan untuk menjalani fisioterapi guna mempercepat proses pemulihan.

Biaya Operasi Tumor Otak

Setelah memahami beberapa gejala, penyebab hingga prosedur operasi tumor otak, maka selanjutnya tinggal masuk ke pembahasan poin utama mengenai besaran biayanya. Perlu diketahui, sebenarnya besaran biaya operasi pengangkatan tumor otak bisa berbeda di beberapa rumah sakit, entah itu rumah sakit umum maupun swasta.

Apabila tindakan operasi tumor otak dilakukan secara mandiri, maka biaya operasi yang harus dikeluarkan memang tidak murah, yaitu berkisar antara Rp 15.000.000 sampai Rp 100.000.000. Biasanya di dalam besaran biaya operasi tumor otak tersebut sudah mencakup beberapa hal, tergantung dari kebijakan masing-masing rumah sakit.

Nah, seperti halnya biaya operasi polip hidung, sebenarnya tindakan operasi tumor otak juga akan ditanggung oleh BPJS. Dengan kata lain, pasien sekaligus peserta BPJS Kesehatan bisa mendapatkan fasilitas operasi pengangkatan tumor otak tanpa perlu membayarkan sejumlah biaya sepeserpun alias gratis.

Akan tetapi, pastinya pasien diwajibkan untuk memenuhi syarat serta mengikuti prosedur pengobatan yang berlaku. Dimana pasien hanya perlu melengkapi administrasi yang dibutuhkan untuk menjalani tindakan operasi dengan menyiapkan kebutuhan dokumen agar bisa mendapatkan pembebasan biaya operasi.

Efek Samping Operasi Tumor Otak

Di atas sudah dijelaskan mengenai besaran biaya operasi tumor otak di rumah sakit Indonesia, entah itu bagi pasien umum maupun BPJS. Meskipun operasi pengangkatan tumor otak merupakan tindakan aman dilakukan, namun tetap saja bahwa prosedur tersebut bisa memberikan beberapa efek samping atau risiko, diantaranya yaitu seperti di bawah ini.

  • Mengalami pembengkakan otak akibat munculnya tekanan di dalam tengkorak.
  • Mengalami sakit kepala karena bekas luka sayatan atau perubahan tekanan di kepala.
  • Mengalami kejang, dimana efek samping tersebut bias diminimalisir dengan pemberian obat anti kejang.
  • Kehilangan sejumlah kemampuan otak.
  • Munculnya reaksi alergi akibat pemberian obat anestesi.
  • Mual serta muntah.
  • Gangguan memori.

Kesimpulan

Demikian sekiranya penjelasan dari Biayatarif seputar besaran biaya operasi tumor otak di rumah sakit Indonesia dilengkapi dengan prosedur hingga efek sampingnya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika ingin menjalani operasi pengangkatan tumor otak di rumah sakit terdekat.

Sumber gambar : cancer.ucsf.edu

Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *