Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

Biaya Pasang Listrik 900 Watt

Biaya Pasang Listrik 900 Watt

Biaya Pasang Listrik 900 Watt – Setiap bangunan entah itu rumah tinggal ataupun gedung perkantoran pastinya membutuhkan listrik sebagai sumber pasokan energi sehari-hari. Bahkan listrik diklaim sudah menjadi kebutuhan pokok keempat manusia setelah sandang, pangan serta papan.

Tidak hanya terbatas pada warga di kawasan terpencil saja, namun warga kota besar juga terkadang membutuhkan pemasangan listrik baru dari PLN. Sebut saja bagi orang yang baru membangun rumah ataupun toko serta tempat usaha lainnya tentu mereka membutuhkan instalasi listrik baru.

Jika kalian memiliki sebuah bangunan baru terutama rumah tinggal dan ingin memasang listrik, mungkin kalian bisa mengajukan permohonan pemasangan listrik 900 Watt atau 900 VA. Sebab, listrik berkapasitas 900 Watt dinilai ideal untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari rumah tangga.

Oleh sebab itu, sebelum mengajukan permohonan pemasangan listrik baru 900 Watt, alangkah baiknya ketahui terlebih dahulu berapa besar biayanya. Nah, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai rincian biaya pasang listrik 900 Watt disertai syarat hingga tata cara pengajuannya.

Syarat Pasang Listrik 900 Watt

Syarat Pasang Listrik 900 Watt

Selain membayar biaya pasang listrik 900 Watt, pemohon juga diharuskan memenuhi seluruh dokumen persyaratan lainnya. Adapun beberapa berkas ataupun dokumen persyaratan tersebut diantaranya yaitu seperti di bawah ini.

  • Mempersiapkan fotokopi kartu identitas pemilik bangunan berupa KTP atau SIM masih berlaku.
  • Mempersiapkan denah lokasi rumah agar memudahkan pihak PLN dalam memproses survei lapangan.
  • Mempersiapkan surat kuasa apabila pengajuan permohonan pasang listrik diwakilkan.
  • Bersedia membayar semua biaya penyambungan listrik baru 900 Watt.

Cara Pasang Listrik 900 Watt

Cara Pasang Listrik 900 Watt

Setelah memenuhi semua syarat dan ketentuan di atas, selanjutnya kalian juga harus mengerti bagaimana prosedur pengajuan permohonan penyambungan listrik baru 900 Watt. Saat ini, setidaknya ada 3 cara pasang listrik 900 Watt yang dapat dilakukan, yaitu secara offline, via panggilan telepon ataupun lewat situs resmi PLN.

Saran kami sebaiknya lakukan pengajuan permohonan pemasangan listrik baru 900 Watt melalui panggilan telepon ke customer service PLN. Karena cara ini dianggap lebih efisien daripada melalui situs resminya. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah tahapan-tahapan pasang listrik 900 Watt via telepon.

  1. Langkah pertama, silahkan hubungi call center PLN di 123.
  2. Jika sudah tersambung, silahkan utarakan tujuan untuk memasang listrik baru 900 Watt.
  3. Nantinya kalian akan diminta melengkapi dokumen seperti denah lokasi bangunan serta nomor HP aktif dan dapat dihubungi.
  4. Selang beberapa hari, pihak PLN biasanya akan datang ke rumah untuk melakukan proses survei lapangan.
  5. Kemudian kalian diminta melakukan pembayaran administrasi di kantor atau Rayon PLN terdekat.
  6. Setelah pembayaran biaya administrasi pasang listrik 900 Watt berhasil dilakukan, kalian diminta menandatangani Surat Perjanjian Jual Beli Tenaga Listrik (SPJBTL).
  7. Umumnya proses instalasi listrik akan dilakukan oleh petugas PLN dalam jangka waktu 3 sampai 7 hari kerja.

Biaya Pasang Listrik 900 Watt

Rincian Biaya Pasang Listrik 900 Watt

Mungkin besaran tarif pemasangan listrik 900 Watt akan jauh lebih mahal dibandingkan dengan proses PENGGANTIAN METERAN LISTRIK KE TOKEN. Pasalnya, di dalam proses penyambungan listrik baru tersebut, terdapat beberapa elemen penting yang harus dipenuhi.

  • Biaya Guna Penyambungan (BP).
  • Uang Jaminan sebagai Langganan (UJL).
  • Biaya materai.
  • Biaya pembelian token atau stroom perdana (khusus listrik prabayar).

Selain itu, antara meteran listrik prabayar dengan meteran listrik pascabayar juga biasanya memiliki perbedaan tarif atau upah jasa pemasangannya. Daripada penasaran, langsung saja simak baik-baik rincian biaya pasang listrik 900 Watt di bawah ini.

Listrik Prabayar

Listrik prabayar adalah sistem pembayaran listrik yang berada di awal penggunaan. Dimana penggunanya bisa mengendalikan ataupun mengontrol berapa banyak energi listrik yang digunakan untuk kebutuhan rumah tangga sehari-hari.

Besaran biaya pasang listrik prabayar dengan daya 900 Watt biasanya berada di kisaran Rp 863.000. Besaran biaya tersebut juga sudah mencakup biaya penyambungan serta biaya pembelian token perdana. Berikut adalah rinciannya.

  • Biaya penyambungan : Rp 843.000.
  • Biaya pembelian token perdana : Rp 20.000.
  • Biaya Materai : Rp 0.

Listrik Pascabayar

Sementara listrik pascabayar merupakan listrik dengan metode pembayaran pada akhir bulan sesuai dengan besaran penggunaan energi listriknya. Saat ini, pihak PLN memberikan diskon sebesar 50% bagi pemasangan listrik pascabayar berkapasitas 900 Watt.

Jadi, jika kalian berminat menggunakan listrik pascabayar, maka siapkan dana minimal Rp 486.300. Agar lebih jelasnya, di bawah ini akan kami jelaskan rincian biaya pasang listrik 900 Watt untuk jenis pascabayar.

  • Biaya penyambungan (setelah diskon 50%) : Rp 421.500.
  • Biaya jaminan langganan : Rp 64.800.
  • Biaya materai : Rp 0.

Catatan : Biaya di atas mengacu pada ketentuan tarif tenaga listrik serta peraturan perpajakan yang berlaku saat ini. Oleh sebab itu, besaran tarif penyambungan di atas bisa berbeda di beberapa daerah, tergantung kebijakan dari pihak PLN.

Call Center PLN

Call Center PLN

Di atas sudah kami jelaskan secara lengkap mengenai rincian biaya pasang listrik 900 Watt beserta syarat hingga tata cara pengajuannya. Jika masih bingung, sebaiknya tanyakan secara langsung kepada pihak PLN dengan cara menghubungi customer service melalui beberapa contact center berikut ini.

  • Telepon : (Kode Area) 123
  • WhatsApp : 123
  • Email : pln123@pln.co.id
  • Facebook : PLN 123
  • Twitter : @pln_123
  • Instagram : pln123_official

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa besaran tarif penyambungan listrik 900 Watt antara jenis prabayar dan pascabayar sedikit berbeda. Hanya saja listrik prabayar dinilai lebih efisien dibandingkan listrik pascabayar karena pelanggan bisa mengontrol penggunaan sehari-harinya.

Itulah sekiranya penjelasan dari Biayatarif seputar rincian biaya pasang listrik 900 Watt disertai syarat hingga tata cara pengajuannya. Semoga informasi di atas bermanfaat serta dapat dijadikan gambaran ketika hendak memasang listrik baru 900 Watt.

Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

Biaya Perpanjangan SIM C 2021

Sofyan
3 min read

Biaya UTBK 2021

Sofyan
3 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *