Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

Biaya Pasang Listrik Baru 1300 Watt 2021 : Syarat & Cara Pengajuan

Biaya Pasang Listrik Baru 1300 Watt

Biaya Pasang Listrik Baru 1300 Watt – Seperti diketahui, saat ini kebutuhan pemasangan sistem kelistrikan untuk kebutuhan rumah tangga semakin meningkat setiap harinya. Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya hampir semua aktivitas manusia saat ini membutuhkan adanya suplai tenaga energi listrik.

Dengan begitu, semua bangunan entah itu rumah tinggal ataupun gedung perkantoran yang baru selesai dibuat pastinya membutuhkan instalasi listrik. Untungnya, saat ini masyarakat sudah bisa menentukan daya atau kapasitas penggunaan listrik sesuai dengan keinginan serta kebutuhan.

Khusus kebutuhan rumah tangga ataupun usaha serta bisnis, biasanya PLN akan merekomendasikan pelanggannya untuk menggunakan listrik berkapasitas 1300 Watt. Dimana listrik dengan daya 1300 Watt ini dinilai mampu untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga dalam skala sedang.

Jika kalian berencana memasang listrik baru berkapasitas 1300 Watt, ada baiknya pahami terlebih dahulu berapa besaran biayanya. Oleh sebab itu, pada kesempatan kali ini kami akan membantu menjelaskan secara lengkap mengenai rincian biaya pasang listrik baru 1300 Watt, baik itu jenis meteran prabayar ataupun pascabayar.

Syarat Pasang Listrik Baru 1300 Watt

Seperti dijelaskan di atas, salah satu syarat yang harus dipenuhi oleh masyarakat ketika ingin memasang listrik baru dari PLN yaitu membayar sejumlah biaya administrasinya. Umumnya di dalam biaya administrasi tersebut sudah mencakup biaya penyambungan, biaya materai dan lain sebagainya.

Selain itu, calon pelanggan PLN juga tentunya perlu memenuhi beberapa syarat dan ketentuan pendukung lainnya. Daripada penasaran, langsung saja perhatikan baik-baik syarat beserta ketentuan pemasangan listrik baru 1300 Watt di bawah ini.

  • Menyediakan tempat untuk pemasangan alat ukur dan pembatas (AAP).
  • Menyediakan tempat untuk peralatan instalasi PLN seperti tiang listrik, gardu dan penghantar apabila memang dibutuhkan.
  • Fotokopi kartu identitas pemilik bangunan seperti KTP ataupun SIM.
  • Menyerahkan denah lokasi rumah supaya memudahkan PLN dalam proses survei lapangan.
  • Mempersiapkan surat kuasa jika pengajuan pemasangan listrik baru diwakilkan oleh orang lain.
  • Membayar semua biaya administrasi pasang listrik baru 1300 Watt sesuai ketentuan dari PLN.
  • Mempersiapkan SLO (Surat Laik Operasi).

Cara Pasang Listrik Baru 1300 Watt

Jika sudah memenuhi beberapa syarat dan ketentuan pasang listrik baru kapasitas 1300 Watt di atas, selanjutnya juga akan kami jelaskan bagaimana tata cara ataupun prosedur pengajuan permohonan penyambungannya. Sebenarnya pengajuan pasang listrik baru dapat dilakukan baik itu secara offline ataupun secara online.

Jika dilakukan secara offline, maka kalian perlu mendatangi kantor cabang atau Rayon PLN terdekat dengan membawa beberapa dokumen persyaratannya. Nantinya petugas PLN akan memandu kalian mulai dari proses pendaftaran, pembayaran biaya administrasi hingga proses pemasangannya.

Namun, jika tidak ingin repot pergi ke kantor cabang PLN, saran kami sebaiknya ajukan permohonan pasang listrik baru secara online melalui panggilan telepon. Sebelum pembahasan biaya pasang listrik baru 1300 Watt berlanjut, berikut akan kami berikan tata cara pengajuannya via panggilan telepon ke customer service PLN.

  • Pertama-tama, hubungi call center PLN di nomor 123.
  • Apabila sudah tersambung, sampaikan tujuan untuk memasang listrik baru 1300 Watt, baik itu untuk kebutuhan rumah tangga ataupun bisnis.
  • Kemudian kalian nantinya akan diminta untuk melengkapi dokumen persyaratannya mulai dari nomor HP hingga denah lokasi bangunan.
  • Setelah beberapa hari, biasanya pihak PLN akan mengunjungi rumah kalian untuk melakukan survei kondisi lapangan.
  • Setelah itu kalian akan diminta untuk melakukan pembayaran biaya administrasi pasang listrik baru di Rayon ataupun kantor cabang PLN terdekat.
  • Jika pembayaran administrasinya sudah berhasil dilakukan, nantinya kalian diminta menandatangani Surat Perjanjian Jual Beli Tenaga Listrik (SPJBTL).
  • Tunggulah beberapa hari sampai petugas PLN mulai melakukan pemasangan atau instalasi sistem kelistrikan di rumah kalian.

Umumnya proses pemasangan listrik baru 1300 Watt ini akan dilakukan selama kurun waktu 3 hingga 7 hari kerja setelah pengajuan diterima. Namun, jika melebihi estimasi waktu tersebut, saran kami sebaiknya segera datangi kantor cabang PLN untuk menanyakan informasi lebih lanjut terkait pemasangannya.

Biaya Pasang Listrik Baru 1300 Watt

Perlu diketahui, tentunya besaran biaya pasang listrik baru 1300 Watt akan sedikit lebih mahal jika dibandingkan dengan tarif pemasangan listrik 900 Watt. Namun, untuk komponen-komponen atau unsur-unsur biaya administrasi saat pemasangan listrik baru sebenarnya sama saja, diantaranya yaitu seperti berikut ini.

  • Biaya Penyambungan (BP).
  • Uang Jaminan Langganan (UJL).
  • Biaya materai.
  • Biaya pembelian stroom atau token perdana (listrik prabayar).

Selain itu, antara meteran listrik prabayar (prepaid) dengan pascabayar (postpaid) juga pastinya memiliki sedikit selisih perbedaan biaya. Nah, agar lebih jelasnya sebaiknya simak baik-baik rincian biaya pasang listrik baru 1300 Waat di bawah ini, entah itu sistem prabayar maupun pascabayar.

Listrik 1300 Watt Prabayar

Seperti diketahui, listrik prabayar atau prepaid merupakan sistem pembayaran yang dilakukan pada saat awal penggunaan. Biasanya pelanggan yang menggunakan listrik jenis ini dapat mengontrol atau mengendalikan berapa banyak energi listrik yang digunakan setiap harinya.

Sebenarnya besaran biaya pasang listrik baru 1300 Watt sistem prabayar akan sama saja di semua daerah, baik itu di kota-kota besar ataupun pelosok. Pelanggan akan dikenai biaya atau tarif pemasangan listrik baru 1300 Watt sebesar Rp 1.238.000. Berikut adalah rinciannya.

  • Biaya Penyambungan : Rp 1.218.000.
  • Beli token perdana : Rp 20.000.
  • Biaya materai : Rp 0.

Listrik 1300 Watt Pascabayar

Sementara untuk pemasangan listrik baru daya 1300 Watt dengan sistem pascabayar atau postpaid, biaya administrasi sedikit lebih mahal. Namun, keuntungannya pelanggan hanya perlu melakukan pembayaran tagihan penggunaan listrik pada akhir bulan.

Ketika hendak memasang listrik pascabayar baru berkapasitas 1300 Watt, kalian perlu mempersiapkan anggaran biaya sebesar Rp 1.389.000, entah itu untuk kebutuhan rumah tangga ataupun bisnis. Adapun komponen-komponen di dalam biaya administrasi tersebut diantaranya yaitu seperti berikut ini.

  • Biaya penyambungan : Rp 1.218.000.
  • Uang Jaminan Langganan : Rp 171.600.
  • Biaya materai : Rp 0.

Besaran biaya pemasangan listrik baru di atas mengacu pada ketentuan tarif tenaga listrik serta peraturan perpajakan yang berlaku. Tidak menutup kemungkinan apabila besaran tarif atau biaya pemasangan tersebut bisa berbeda di beberapa daerah karena terpengaruh oleh beberapa faktor.

Call Center PLN

Di atas sudah dibahas secara rinci mengenai besaran biaya pasang listrik baru 1300 Watt dilengkapi dengan syarat hingga tata cara pengajuannya. Jika masih merasa bingung, saran kami sebaiknya hubungi pihak customer service PLN secara langsung melalui beberapa layanan di bawah ini.

  • Telepon : (Kode Area) 123
  • WhatsApp : 123
  • Email : pln123@pln.co.id
  • Facebook : PLN 123
  • Twitter : @pln_123
  • Instagram : pln123_official

Kesimpulan

Kami ingatkan sekali lagi bahwa besaran biaya atau tarif pemasangan listrik baru berkapasitas 1300 Watt tersebut mengacu pada mengacu pada ketentuan tarif tenaga listrik serta peraturan perpajakan. Namun, saran kami sebaiknya siapkan anggaran dana melebihi estimasi di atas untuk berjaga-jaga apabila nantinya terdapat penyesuaian tarif dari pihak PLN.

Demikian sekiranya pembahasan dari Biayatarif seputar besaran biaya pasang listrik baru 1300 Watt, baik itu sistem prabayar maupun pascabayar. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika hendak mengajukan permohonan pemasangan listrik baru dengan daya 1300 Watt.

Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *