Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

8 Biaya Pendakian Gunung di Jawa Tengah 2022 : Harga Tiket & Spot

Biaya Pendakian Gunung di Jawa Tengah

Biaya Pendakian Gunung di Jawa Tengah – Sebagaimana diketahui, saat ini aktivitas mendaki gunung sudah seperti menjadi hobi baru bagi sebagian besar kalangan anak muda. Tidak jarang mereka akan meluangkan waktu untuk menjelajahi gunung-gunung di Indonesia, khususnya gunung di Jawa Tengah.

Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya Jawa Tengah menjadi salah satu provinsi yang mempunyai sejumlah gunung dengan ketinggian lebih dari 3.000 meter di atas permukaan laut (mdpl). Dengan begitu, gunung-gunung di Jawa Tengah kerap dijadikan sebagai destinasi favorit para pendaki ataupun pecinta alam.

Akan tetapi, setiap orang yang hendak mendaki gunung pastinya mereka perlu mempersiapkan sejumlah biaya, khususnya untuk tarif ataupun karcis masuk. Dimana setiap pendaki diharuskan melakukan booking pendakian gunung beberapa hari sebelum melakukan perjalanan, entah itu booking secara online ataupun offline.

Oleh sebab itu, jika kalian berencana mendaki salah satu gunung di Jawa Tengah, di bawah ini akan kami berikan beberapa rekomendasi jenis gunung beserta biayanya. Nah, tanpa berlama-lama lagi, langsung saja perhatikan baik-baik daftar kumpulan biaya pendakian gunung di Jawa Tengah.

Biaya Pendakian Gunung di Jawa Tengah

Seperti dijelaskan sebelumnya, setiap orang yang hendak melakukan pendakian gunung di Jawa Tengah, mereka perlu mempersiapkan sejumlah biaya. Hal tersebut bukan tanpa alasan, sebab hampir semua gunung di Indonesia saat ini sudah memiliki ketentuan mengenai tiket atau karcis masuk pendakian, termasuk gunung-gunung di Jawa Tengah.

Di Jawa Tengah sendiri saat ini sudah tersedia cukup banyak gunung yang mampu memberikan pemandangan indah dan cantik, entah itu gunung berstatus aktif, istirahat ataupun sudah mati. Agar lebih jelasnya, di bawah ini akan kami jelaskan daftar biaya pendakian gunung di Jawa Tengah.

1. Biaya Pendakian Gunung Slamet

Biaya Pendakian Gunung Slamet

Rekomendasi pendakian gunung di Jawa Tengah pertama yaitu gunung Slamet. Gunung Slamet merupakan salah satu gunung dengan puncak paling tinggi di Provinsi Jawa Tengah, yaitu mencapai 3.428 mdpl. Dengan statusnya tersebut membuat banyak pendaki semakin tertarik untuk menaklukkan medannya.

Untuk besaran biaya pendakian gunung Slamet di Jawa Tengah sendiri sebenarnya cukup bervariatif, mulai dari Rp 15.000 sampai Rp 25.000 tergantung pada jalur pendakiannya, entah itu melalui Jalur Guci, Dipajaya, Bambangan ataupun Baturraden.

2. Biaya Pendakian Gunung Sindoro

Biaya Pendakian Gunung Sindoro

Rekomendasi gunung di Jawa Tengah selanjutnya yaitu Sindoro yang sudah terkenal dengan pemandangan indahnya. Selain menawarkan panorama terindah serta penuh cerita legenda, Sindoro juga menjadi salah satu tujuan favorit pendaki di Jawa Tengah, Yogyakarta dan sekitarnya.

Saat ini besaran biaya pendakian atau tarif tiket masuk gunung Sindoro di Jawa Tengah berada di kisaran Rp 20.000 per orang. Selain harus membayar karcis masuk, pendaki juga perlu mempersiapkan biaya untuk tiket parkir sebesar Rp 10.000 untuk motor dan Rp 20.000 untuk mobil.

3. Biaya Pendakian Gunung Sumbing

Biaya Pendakian Gunung Sumbing

Perlu diketahui, gunung Sumbing juga kerap disebut sebagai Triple S oleh para pendaki, khususnya di Jawa Tengah. Dimana sebutan tersebut sebenarnya merujuk pada nama beberapa gunung yaitu Slamet, Sindoro dan Sumbing. Gunung Sumbing sendiri juga letaknya tidak jauh dengan Sindoro.

Saat ini untuk mendaki gunung Sumbing sudah bisa dilakukan melalui beberapa jalur, yaitu jalur Bowongso dan Garung. Sementara untuk besaran biaya pendakian salah satu gunung di Jawa Tengah ini berada di kisaran Rp 25.000 per orang dengan tiket parkir motor sebesar Rp 10.000 dan mobil Rp 20.000.

4. Biaya Pendakian Gunung Andong

Biaya Pendakian Gunung Andong

Meskipun tidak mempunyai ketinggian seperti sejumlah gunung sebelumnya, akan tetapi Andong bisa dijadikan sebagai salah satu destinasi wisata yang bisa didaki serta sangat ramah dengan pemula. Gunung Andong di Jawa Tengah ini hanya memiliki ketinggian sekitar 1.762 mdpl saja.

Meskipun tergolong cukup mungil, namun gunung Andong mampu memberikan suguhan pemandangan sangat keren, bahkan mampu memberikan pemandangan kemegahan Triple S. Biaya pendakian gunung Andong sebagai salah satu gunung di Jawa Tengah ini yaitu sekitar Rp 20.000 per orang.

5. Biaya Pendakian Gunung Ungaran

Biaya Pendakian Gunung Ungaran

Jika kalian termasuk sebagai pendaki pemula, maka gunung Ungaran bisa menjadi salah satu tujuan destinasi wisata. Hal ini dikarenakan gunung yang terletak di Kabupaten Semarang, Jawa Tengah ini hanya memiliki ketinggian sekitar 2.050 mdpl saja. Meskipun tidak terlalu tinggi, namun gunung Ungaran mampu memberikan pemandangan indah bagi para pendaki.

Sebenarnya, gunung Ungaran dapat dikunjungi setiap hari selama 24 jam penuh dengan biaya pendakian atau tiket masuk sebesar Rp 10.000 per orang. Akan tetapi, terdapat jam khusus yang diberlakukan untuk registrasi, yaitu pada pukul 13.00 sampai 19.00 WIB. Selain itu, pendaki pun hanya terbatas hingga 300 orang saja per harinya.

6. Biaya Pendakian Gunung Merbabu

Pendakian Gunung Merbabu

Rekomendasi biaya pendakian gunung di Jawa Tengah selanjutnya yaitu Merbabu dengan ketinggian kurang lebih sekitar 3.145 mdpl. Secara geografis, lokasi gunung Merbabu sejajar dengan Merapi dan Urangan dan saat ini termasuk ke dalam status aktif. Oleh sebab itu, pendaki perlu mendapatkan Simaksi atau Surat izin Masuk Kawasan Konservasi.

Jalur pendakian gunung Merbabu terbagi menjadi 5, yaitu jalur Kopeng, Wekas, Selo, Chuntel serta Suwanting. Daripada penasaran, di bawah ini adalah rincian biaya pendakian gunung Merbabu sebagai salah satu gunung di Jawa Tengah, entah itu dari tiket masuk, tracking, hiking-climbing ataupun berkemah.

KeteranganWNIWNA
Tiket Masuk Perorangan
Hari BiasaRp 5.000Rp 150.000
Hari LiburRp 7.500Rp 225.000
Tiket Masuk Rombongan
Hari BiasaRp 3.000Rp 100.000
Hari LiburRp 4.500Rp 150.000
Tracking, Hiking-Climbing, Berkemah
PeroranganRp 5.000Rp 5.000
RombonganRp 2.500 per orangRp 2.500 per orang

7. Biaya Pendakian Gunung Merapi

Pendakian Gunung Merapi

Sebagian besar dari kalian pasti sudah mengenal gunung Merapi sebagai salah satu gunung paling aktif di Indonesia. Gunung Merapi sendiri terletak di perbatasan antara Yogyakarta dan provinsi Jawa Tengah, bahkan terlihat lebih dekat dengan gunung Merbabu.

Agar bisa mencapai Garuda sebagai puncak gunung Merapi, kalian bisa melakukan perjalanan dalam waktu 4 hingga 5 jam melalui jalur Selo Kabupaten Boyolali. Untuk besaran biaya pendakian salah satu gunung di Jawa Tengah ini sendiri yaitu seperti berikut ini.

KeteranganBiaya
Harga Tiket Masuk Taman Nasional Gunung MerapiRp 16.000
Guide PendakianRp 300.000
Jasa PorterRp 125.000
Sewa Trekking PoleRp 15.000
Antar-Jemput Yogya-BasecampRp 800.000
Menginap di BasecampDisesuaikan

8. Biaya Pendakian Gunung Semeru

Pendakian Gunung Semeru

Rekomendasi destinasi wisata pendakian gunung terakhir dari kami yaitu Semeru. Meskipun gunung yang memiliki puncak bernama Mahameru ini tidak terletak di Jawa Tengah, namun bagi para pecinta alam wajib untuk menaklukkannya. Pasalnya gunung Semeru memiliki ketinggian mencapai 3.676 mdpl sehingga menjadi kebanggaan tersendiri apabila berhasil menaklukkannya.

Namun sayangnya, untuk saat ini Semeru sedang tidak bisa didaki karena beberapa waktu lalu gunung tersebut mengalami erupsi. Tetapi, tidak menutup kemungkinan apabila nantinya pendakian bisa dibuka kembali apabila kondisinya sudah normal. Adapun besaran biaya pendakian gunung Semeru sendiri diantaranya yaitu seperti di bawah ini.

KeteranganBiaya
Tiket Masuk Hari BiasaRp 19.000
Tiket Masuk Akhir PekanRp 24.000
Tiket WNA Hari BiasaRp 210.000
Tiket WNA Akhir PekanRp 310.000

Kesimpulan

Itulah sekiranya pembahasan dari Biayatarif seputar besaran biaya pendakian beberapa gunung di Jawa Tengah dengan ketinggian mulai dari 2.000 mdpl sampai lebih dari 3.000 mdpl. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika hendak mendaki salah satu gunung di Jawa Tengah.

Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.