Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

2 Biaya Kejar Paket B 2022 : Pendaftaran, Pendidikan & Ujian

Biaya Kejar Paket B

Biaya Kejar Paket B – Tidak semua anak-anak putus sekolah merupakan anak nakal. Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya terdapat beberapa sebab mereka tidak melanjutkan pendidikan, diantaranya yaitu seperti anak kurang mampu membayar biaya sekolah, bekerja terlalu dini untuk ekonomi keluarga ataupun karena mereka mengalami penyakit kronis.

Demi menghapus stigma negatif ini, maka pemerintah menyelenggarakan program kejar paket yang bisa ditempuh oleh masyarakat yang putus sekolah, salah satunya jenjang SMP bernama kejar paket B. Dimana program kejar paket B ini tentunya mendapatkan respon positif dari masyarakat yang membutuhkan ijazah kesetaraan.

Di Indonesia sendiri, saat ini seseorang sudah bisa mendaftarkan diri untuk mengikuti program pendidikan kejar paket B melalui lembaga Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM). Akan tetapi, pastinya setiap PKBM tersebut memiliki ketentuan mengenai biaya administrasi atau uang pendidikan untuk setiap jenis programnya.

Maka dari itu, apabila kalian berencana melanjutkan jenjang pendidikan setara SMP dengan mengikuti kejar paket B, ada baiknya cari tahu terlebih dahulu berapa besar biayanya. Nah, untuk membantunya pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai biaya kejar paket B dilengkapi syarat beserta cara pendaftarannya.

Seputar Kejar Paket B

Seputar Kejar Paket B

Sebelum pembahasan poin utama mengenai biaya kejar paket B lebih lanjut, sebaiknya pahami terlebih dahulu sekilas pengertiannya. Seperti sudah kami jelaskan sebelumnya, kejar paket B merupakan sebuah program pendidikan kesetaraan pendidikan non formal yang setara dengan SMP (Sekolah Menengah Pertama).

Secara garis besarnya, kejar paket B merupakan jalur alternatif dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan bagi masyarakat ataupun siswa siswi yang putus sekolah. Selain itu, program tersebut juga berhak diikuti oleh siapapun yang tidak berkesempatan mendapatkan pendidikan formal karena keterbatasan ekonomi, sosial, waktu serta geografi.

Program kejar paket B juga sebenarnya dapat dimanfaatkan oleh seseorang yang mempunyai kesibukan lain dalam hal profesi sebagai atlet, berwirausaha, karyawan hingga pegawai. Pada intinya, kejar paket B setara SMP ialah penyempurnaan program Ujian Persamaan yang sebelumnya pernah diberlakukan oleh pemerintah Indonesia.

Syarat Kejar Paket B

Selain harus mengetahui besaran biaya atau uang pendidikan kejar paket B, tentunya kalian juga harus mengerti apa saja syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi ketika hendak mengikutinya. Seperti halnya program kejar paket C, program pendidikan kejar paket B setara SMP juga bisa diikuti oleh seluruh Warga Negara Indonesia (WNI) serta Warga Negara Asing (WNA).

Sebagai informasi tambahan, sebenarnya program kejar paket B diselenggarakan oleh lembaga PKBM swasta, namun di pantau secara langsung oleh pemerintah Indonesia. Daripada penasaran, langsung saja simak baik-baik sejumlah syarat dan ketentuan umum ketika hendak mengikuti kejar paket B di salah satu lembaga PKBM.

  • Mengisi formulir pendaftaran.
  • Membawa akta kelahiran.
  • Membawa kartu keluarga (KK).
  • Menyerahkan pas foto ukuran 2×3 (5 buah) dan 3×4 (5 buah) background merah serta mengenakan baju putih bekerah (bukan kaos).
  • Menyerahkan 3 lembar fotocopy ijazah SD.
  • Menyerahkan 3 lembar fotocopy SKHUN SD.
  • Ijazah SD bisa berasal dari semua daerah di Indonesia ataupun luar negeri.

Ketika hendak mendaftarkan diri untuk menempuh jenjang pendidikan setara SMP melalui program kejar paket B, saran kami sebaiknya carilah lembaga PKBM sesuai dengan domisili atau tempat tinggal. Selain itu, pastikan semua dokumen atau berkas persyaratan di atas terpenuhi sehingga proses pendaftaran bisa berjalan lancar.

Biaya Kejar Paket B

Setelah mengetahui sekilas pengertian hingga syarat dan cara pendaftaran kejar paket B, selanjutnya kalian juga harus mengerti berapa besar biaya ataupun uang pendidikannya. Pada dasarnya, besaran biaya pendidikan kejar paket B tergantung dengan kebijakan dari masing-masing lembaga PKBM di seluruh wilayah Indonesia.

Umumnya lembaga penyedia program kejar paket B tersebut menyediakan beberapa pilihan kelas bagi para siswanya, mulai dari kelas reguler hingga kelas HS tunggal atau mandiri. Pada saat mendaftarkan diri di salah satu lembaga PKBM, para siswa siswi diharuskan membayar biaya pendaftaran kurang lebih sekitar Rp 200.000.

Selain itu, siswa program kejar paket B juga akan dikenakan biaya atau uang pendidikan (SPP) sesuai dengan pemilihan kelasnya. Agar lebih jelasnya, langsung saja simak baik-baik besaran biaya kejar paket B untuk semua kelas per semester ataupun per bulan berikut ini.

Kelas Reguler

KeteranganBiaya
SPP Paket B (setara SMP)Pilihan 1 : Rp 3.000.000 per semester
Pilihan 2 : Rp 2.800.000 per semester
SPP Paket B (setara SMP) kelas 9Pilihan 1 : Rp 850.000 per bulan
Pilihan 2 : Rp 750.000 per bulan

Kelas Mandiri

KeteranganBiaya
SPP Paket B (setara SMP)Pilihan 1 : Rp 1.350.000 per semester
Pilihan 2 : Rp 1.200.000 per semester
SPP Paket B (setara SMP) kelas 9Pilihan 1 : Rp 400.000 per bulan
Pilihan 2 : Rp 350.000 per bulan

Catatan : Biaya kejar paket B di atas dapat berubah sewaktu-waktu tergantung kebijakan lembaga PKBM sebagai pihak penyelenggara.

Fasilitas Kejar Paket B

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap mengenai besaran biaya kejar paket B mulai dari biaya pendaftaran, uang pendidikan hingga uang ujian. Ketika memutuskan untuk mengikuti program kejar paket B, maka kalian akan mendapatkan sejumlah fasilitas yang menguntungkan. Adapun beberapa fasilitas kejar paket B tersebut diantaranya yaitu seperti di bawah ini.

  • Mendapatkan ijazah SMP.
  • Bisa meneruskan jenjang pendidikan ke SMA.
  • Mengenyam pendidikan yang setara SMP pada sekolah formal.

Kesimpulan

Itulah sekiranya penjelasan dari Biayatarif seputar biaya kejar paket B di seluruh wilayah Indonesia dilengkapi dengan syarat hingga tata cara mendaftarnya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika hendak mengikuti program pendidikan kejar paket B.

Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *