Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

Biaya Pengobatan Jerawat di Dokter Kulit

Biaya Pengobatan Jerawat di Dokter Kulit

Biaya Pengobatan Jerawat di Dokter Kulit – Memiliki jerawat di bagian wajah bisa membuat seseorang menjadi tidak percaya diri, entah itu pada pria ataupun wanita. Maka dari itu, berbagai macam cara dilakukan oleh beberapa orang untuk menghilangkan jerawat.

Di pasaran Indonesia sendiri sudah tersedia cukup banyak produk-produk kecantikan dengan menawarkan perawatan bagi kulit untuk menyembuhkan jerawat. Selain itu, terdapat juga bahan-bahan alami yang juga bisa dimanfaatkan sebagai salah satu cara untuk menghilangkan jerawat.

Namun, jika merasa hal tersebut tidak cukup ampuh untuk menghilangkan jerawat di muka, maka kalian bisa mencoba untuk melakukan pengobatan di dokter kulit. Tentunya dokter kulit tersebut juga memiliki ketentuan mengenai tarif atau harga terkait pengobatan jerawat.

Oleh sebab itu, jika berencana untuk melakukan pengobatan di dokter kulit terdekat, alangkah baiknya ketahui terlebih dahulu mengenai berapa besar biayanya. Nah, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai rincian biaya pengobatan jerawat di dokter kulit.

Apa Itu Jerawat

Apa Itu Jerawat

Sebelum membahas biaya pengobatan jerawat di dokter kulit atau kecantikan lebih lanjut, sebaiknya pahami terlebih dahulu pengertian jerawat. Jerawat ialah masalah pada kulit sehingga menyebabkan timbulnya bintik-bintik di bagian-bagian tubuh seperti wajah, leher, punggung hingga dada.

Munculnya permasalahan kulit tersebut bisa dialami oleh siapa saja tanpa mengenal usia, tetapi umumnya jerawat muncul dari usia pubertas atau remaja pada rentang usia 10 sampai 13 tahun. Di beberapa kasus, jerawat juga bisa muncul pada bati serta anak-anak.

Gejala Muncul Jerawat

Gejala Muncul Jerawat

Munculnya jerawat di beberapa bagian tubuh manusia ini tentunya bisa ditandai dengan beberapa gejala. Adapun beberapa gejala munculnya jerawat tersebut diantaranya yaitu sebagai berikut ini.

  • Benjolan berwarna kemerahan ataupun kuning (karena mengandung nanah di dalamnya).
  • Benjolan kecil atau papul muncul di atas kulit.
  • Sensasi panas ataupun terbakar akibat adanya peradangan.
  • Timbulnya rasa gatal di benjolan.
  • Benjolan kecil terdapat nanah di ujungnya (pustula).
  • Benjolan kecil kemerahan disertai nyeri (papula).
  • Benjolan keras terbentuk di bawah permukaan kulit disertai nyeri (nodul).
  • Benjolan besar terbentuk di bawah permukaan kulit berisi nanah disertai nyeri (kista).

Penyebab Timbul Jerawat

Penyebab Timbul Jerawat

Setelah mengetahui apa saja gejala munculnya jerawat, selanjutnya kalian juga harus mengerti apa saja hal-hal yang menyebabkan timbulnya jerawat. Biasanya jerawat tersebut muncul karena kurangnya perawatan terhadap kulit. Selain itu, berikut adalah beberapa kondisi penyebab jerawat.

  • Produksi sebum berlebih, ialah produksi zat oleh kelenjar minyak sebagai pencegahan kulit kering.
  • Penyumbatan folikel rambut oleh campuran sebum serta sel kulit mati.
  • Berkembangnya bakteri jenis Propionibacterium acnes sehingga menyumbat folikel rambut serta menyebabkan peradangan.
  • Faktor keturunan atau genetik.
  • Pembengkakan karena penyumbatan folikel sehingga membentuk komedo putih maupun komedo hitam.
  • Aktivitas hormon berlebih atau saat terjadinya perubahan hormon saat masa menstruasi.
  • Alergi terhadap penggunaan kosmetik karena kulit tidak cocok.
  • Stres sehingga mempengaruhi gaya hidup seseorang seperti pola makan tidak teratur.

Prosedur Pengobatan Jerawat di Dokter Kulit

Prosedur Pengobatan Jerawat di Dokter Kulit

Seperti dijelaskan di atas, salah satu cara menghilangkan jerawat yaitu melakukan pengobatan atau perawatan ke dokter spesialis kulit. Selain harus mengetahui berapa kisaran biaya pengobatan jerawat di dokter kulit, kalian juga harus mengerti apa saja prosedur perawatannya sebelum mengunjunginya.

Sebagian besar dokter kulit menyarankan empat tindakan medis bagi para pasien ketika hendak menghilangkan jerawat. Nah, di bawah ini adalah empat tindakan medis agar jerawat menjadi cepat hilang ataupun bersih.

1. Light Therapy

Light therapy merupakan salah satu tindakan pengobatan jerawat menggunakan sinar laser yang telah di filter sehingga dapat menghasilkan gelombang dengan warna-warna tertentu. Cahaya atau laser light therapy tersebut tentunya bisa mengatasi benjolan kemerahan pada kulit.

2. Suntik Jerawat

Beberapa dokter spesialis mengklaim bahwa suntik jerawat atau suntik steroid menjadi cara cukup ampuh untuk menghilangkan jerawat. Setelah melalui prosedur ini biasanya jerawat akan sembuh dalam kurun waktu lebih cepat, yaitu sekitar dua sampai empat hari saja.

3. Chemical Peeling

Chemical peeling ialah salah satu cara pengobatan jerawat dengan pengelupasan kulit. Dimana pasien akan diolesi bahan kimia sehingga akan mempercepat pengelupasan kulit sehingga regenerasi kulit akan semakin cepat.

4. Ekstraksi Jerawat

Prosedur pengobatan jerawat di dokter kulit terakhir yaitu melalui tindakan facial ataupun ekstraksi jerawat. Tindakan tersebut harus dilakukan menggunakan alat-alat steril serta tidak bisa dilakukan secara sembarangan atau asal-asalan. Selain jerawat, facial juga bisa mengeluarkan komedo dari dalam pori-pori wajah.

Biaya Pengobatan Jerawat di Dokter Kulit

Rincian Biaya Pengobatan Jerawat di Dokter Kulit

Sebelum melakukan pengobatan jerawat, dokter spesialis kulit biasanya akan mendiagnosis dengan melakukan wawancara medis serta pemeriksaan fisik. Kegiatan ini perlu dilakukan agar dokter mengetahui tingkat keparahan jerawat, entah itu dari segi jumlah ataupun tingkat peradangan.

Biaya pengobatan jerawat di dokter kulit juga akan berbeda dengan pengobatan atau OPERASI TAHI LALAT. Sebab, proses pengobatan jerawat di dokter spesialis kulit tersebut memerlukan beberapa kali pertemuan sampai jerawat benar-benar hilang dan bersih.

Besaran biaya pengobatan jerawat di dokter kulit ini sebenarnya cukup bervariasi, mulai dari Rp 250.000 hingga Rp 500.000, tergantung pada tingkat keparahan serta tingkat kesulitannya. Perlu diingat bahwa tarif tersebut hanya berlaku untuk satu kali pertemuan saja.

Oleh sebab itu, ikutilah semua arahan dokter mulai dari cara perawatan ataupun penggunaan obat-obatan supaya jerawat lebih cepat hilang. Dengan begitu kalian jadi bisa menghemat biaya pengobatan karena hanya diperlukan beberapa kali pertemuan saja.

Cara Mencegah Jerawat Muncul

Cara Mencegah Jerawat Muncul

Di atas sudah kami jelaskan secara lengkap mengenai rincian biaya pengobatan jerawat di dokter kulit. Setelah jerawat hilang dan bersih, kalian juga harus mengerti bagaimana cara untuk mencegah agar jerawat tidak muncul kembali. Di bawah ini adalah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mencegah munculnya jerawat.

  • Mencuci muka serta mandi dua kali sehari.
  • Hindari penggunaan produk kosmetik mengandung minyak (oil-based).
  • Selalu angkat kosmetik di wajah hingga bersih sebelum tidur.
  • Hindari penggunaan pakaian terlalu ketat.
  • Hindari makanan yang bisa memicu timbulnya jerawat seperti susu.

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas dapat diambil kesimpulan bahwa pengobatan jerawat di dokter spesialis kulit membutuhkan beberapa kali pertemuan. Selain itu, biaya pengobatannya juga cukup bervariasi, tergantung pada tingkat keparahan serta tingkat kesulitannya.

Demikian penjelasan dari Biayatarif seputar rincian biaya pengobatan jerawat di dokter kulit dilengkapi dengan prosedur pelaksanaannya. Semoga informasi di atas bermanfaat serta dapat dijadikan gambaran ketika hendak melakukan pengobatan jerawat di dokter spesialis terdekat.

Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

Biaya Tes HIV di Prodia

Sofyan
2 min read

Biaya Medical Check Up

Sofyan
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *