Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

Biaya Operasi Tahi Lalat

Biaya Operasi Tahi Lalat

Biaya Operasi Tahi Lalat – Bagi beberapa orang memang perlu bersyukur karena dikaruniai wajah mulus tanpa bekas luka, jerawat, kutil ataupun tahi lalat. Namun, ada pula orang sejak sudah lahir memiliki tahi lalat di area wajah atau area tubuh lainnya sehingga membuatnya merasa kurang percaya diri.

Tahi lalat sendiri merupakan sekumpulan sel-sel melanosit seperti pigmen eumelanin berwarna cokelat kehitaman serta pigmen karoten berwarna kekuningan. Sel-sel tersebut kemudian berkumpul dan membentuk titik hitam di permukaan kulit.

Untungnya kini beberapa rumah sakit ataupun klinik di Indonesia sudah menyediakan fasilitas operasi menghilangkan tahi lalat dengan tarif mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Oleh sebab itu, bagi kalian yang ingin menghilangkan tahi lalat mengunakan operasi, penting untuk mengetahui berapa besar biayanya.

Nah, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai bagaimana prosedur operasi tahi lalat serta berapa besar biayanya. Tanpa berlama-lama lagi, langsung saja simak baik-baik pembahasan biaya operasi tahi lalat di bawah ini.

Prosedur Operasi Tahi Lalat

Prosedur Operasi Tahi Lalat

Perlu diketahui, alasan menghilangkan tahi lalat bukan karena masalah penampilan saja. Namun, menurut sebagian besar dokter tahi lalat tersebut terkadang harus di operasi karena dicurigai sebagai kanker. Sebelum mengetahui berapa besar biaya operasi tahi lalat, sebaiknya kalian juga mengerti terlebih dahulu apa saja prosedurnya.

Bedah Pencukuran

Metode bedah pencukuran dilakukan untuk tahi lalat berukuran kecil dan lebih tinggi dari kulit sekitar. Dokter akan membius di area sekitar tahi lalat dengan cara menyuntikkan anestesi lokal. Lalu pisau bedah digunakan untuk mengangkat seluruh tahi lalat yang lebih tinggi di area sekitar.

Pembedahan Eksisi

Pembedahan eksisi dikhususkan untuk operasi menghilangkan tahi lalat berukuran besar. Bisanya dokter akan menggunakan pisau bedah untuk mengangkat bagian tahi lalat sampai ke akar-akarnya. Nantinya kulit yang tadinya ditumbuhi tahi lalat akan dijahit.

Laser

Operasi menggunakan laser digunakan ketika hendak menghilangkan tahi lalat rata dengan permukaan kulit. Penggunaan laser diberikan dengan cara menembakkan sinar khusus ke area tahi lalat hingga pigmen berwarna cokelat menghilang.

Biaya Operasi Tahi Lalat

Kisaran Biaya Operasi Tahi Lalat

Sebenarnya besaran biaya operasi tahi lalat cukup bervariasi, tergantung metode, ukuran, lokasi serta pihak yang melakukan operasi. Apabila ukuran tahi lalat masih tergolong kecil, biasanya beberapa rumah sakit mematok harga mulai dari Rp 800.000 hingga Rp 1.600.000. Besaran biaya tersebut hampir sama ketika melakukan CT SCAN di rumah sakit.

Sementara jika ukuran tahi lalat cukup besar, tarif operasi untuk menghilangkannya berada di kisaran Rp 1.000.000 sampai Rp 10.000.000. Selain itu apabila operasi tersebut dilakukan oleh dokter berpengalaman di rumah sakit terkenal, maka biayanya juga bisa semakin mahal. Perlu diingat, karena operasi medis ini bertujuan estetika, jadi tidak akan ditanggung oleh BPJS.

Terlebih lagi, proses menghilangkan tahi lalat tersebut bisanya membutuhkan dua kali operasi sehingga diperlukan adanya anggaran dana cukup besar. Meskipun demikian, besaran biaya tersebut sudah termasuk konsultasi dokter, kontrol pasca operasi, pemeriksaan darah, tindakan bedah operasi hingga obat.

Risiko Operasi Tahi Lalat

Risiko Operasi Tahi Lalat

Perlu diketahui, proses menghilangkan tahi lalat menggunakan operasi bedah memiliki beberapa risiko. Salah satu risiko yang terlihat jelas yaitu luka bekas operasi sehingga bisa mempengaruhi penampilan.

Berdasarkan pengalaman beberapa orang, ada kemungkinan dimana bekas operasi tersebut tidak bisa hilang sama sekali karena ukurannya besar serta karena faktor benang jahitan. Selain itu, ada juga kemungkinan kerusakan pada sistem saraf pasca operasi meskipun hal ini sangat jarang terjadi.

Perawatan Setelah Operasi Tahi Lalat

Perawatan Setelah Operasi

Di atas sudah kami jelaskan secara lengkap mengenai prosedur serta biaya operasi tahi lalat di rumah sakit ataupun klinik masyarakat. Setelah operasi berhasil, terdapat beberapa hal yang wajib diperhatikan, salah satunya yaitu jangan melakukan gerakan secara berlebihan agar tidak merusak jahitan.

Apabila perban bekas jahitan terkena air, segera ganti perban tersebut. Kalian juga harus mengonsumsi makanan berprotein dan bervitamin tinggi. Selain itu, sangat kami sarankan untuk mengonsumsi mineral secukupnya guna mendukung proses penyembuhan.

Kesimpulan

Seperti dijelaskan di atas, biaya menghilangkan tahi lalat baik di rumah sakit ataupun klinik besarannya tergantung beberapa faktor seperti lokasi, ukuran hingga metode pembedahan. Oleh karena itu, semakin besar ukuran tahi lalat maka akan semakin besar pula biaya operasinya.

Itulah sekiranya penjelasan seputar biaya operasi tahi lalat di rumah sakit ataupun klinik beserta prosedur pembedahannya versi Biayatarif. Semoga informasi di atas bermanfaat serta dapat dijadikan bahan pertimbangan sebelum melakukan operasi menghilangkan tahi lalat.

Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

Biaya Tes HIV di Prodia

Sofyan
2 min read

Biaya Medical Check Up

Sofyan
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *