Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

5 Biaya Perbaikan TV LED Tidak Ada Gambar 2022 : Merk & Ukuran

Biaya Perbaikan TV LED Tidak Ada Gambar Semua Ukuran

Biaya Perbaikan TV LED Tidak Ada Gambar – Salah satu jenis masalah yang seringkali dialami oleh para pengguna TV yaitu kerusakan pada layar LED. Adapun beberapa jenis masalah tersebut diantaranya yaitu seperti layar menjadi black atau tidak ada gambar, layar gelap, LED bergaris atau bahkan sampai layar mati total.

Tentunya berbagai macam permasalahan pada TV LED tersebut dapat disebabkan oleh berbagai macam hal, mulai dari faktor internal ataupun eksternal, termasuk masalah TV LED tidak ada gambar namun ada suara. Nah, salah satu cara untuk mengatasi permasalahan TV LED tersebut yaitu dengan memperbaikinya ke teknisi atau tukang service.

Untungnya, di Indonesia sendiri saat ini sudah tersedia cukup banyak sekali teknisi atau tukang service yang menyediakan jasa perbaikan untuk berbagai macam masalah pada TV LED. Akan tetapi, pastinya setiap teknisi atau tukang service TV LED tersebut memiliki ketentuan mengenai besaran tarif atau harga yang harus dibayarkan oleh pelanggannya.

Maka dari itu, apabila kalian berencana melakukan perbaikan TV LED tidak ada gambar ke tukang service terdekat, sebaiknya cari tahu terlebih dahulu kisaran biayanya. Untuk membantunya, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai biaya perbaikan TV LED tidak ada gambar untuk semua merk dilengkapi penyebab masalahnya.

Penyebab TV LED Tidak Ada Gambar

Penyebab TV LED Tidak Ada Gambar

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, munculnya permasalahan pada TV LED seperti layar blank atau tidak ada gambar bisa disebabkan oleh berbagai macam hal, entah itu faktor internal maupun eksternal. Oleh karena itu, sebelum membahas biaya perbaikan TV LED tidak ada gambar lebih lanjut, berikut kami berikan beberapa penyebab permasalahannya.

1. Lampu Backlight TV LED Mati

Penyebab TV LED tidak ada gambar namun ada suara pertama yaitu karena lampu backlight di belakang lapisan panel LCD ada yang mati. Hal ini dikarenakan sistem tersebut dirangkai secara seri sehingga semua lampu menjadi mati dan gambar tidak akan muncul di TV LED.

2. Adanya Kerusakan Pada Modul T-con

Perlu diketahui, di dalam TV LED terdapat sebuah modul T-con yang berguna sebagai penyalur tegangan pada panel LED. Dimana apabila komponen tersebut rusak, maka akan menyebabkan TV LED tidak ada gambar. Biasanya hal ini disebabkan karena IC utama rusak atau karena fuse dan transistor putus.

3. Layar atau Panel TV LED Rusak

Kemudian layar atau panel TV LED rusak juga bisa menjadi salah satu penyebab mengapa perangkat elektronik tersebut tidak ada gambar. Hal tersebut seringkali terjadi karena flexibel panel yang terputus atau IC COF terbakar.

4. Kabel LVDS Terlepas

Penyebab terakhir kenapa TV LED tidak ada gambar namun ada suara yaitu karena ada masalah pada kabel LVDS. Biasanya permasalahan tersebut akan muncul karena kabel LVDS terlepas dari soket, entah itu karena pemasangannya kurang kencang ataupun kurang sempurna.

Biaya Perbaikan TV LED Tidak Ada Gambar

Biaya Perbaikan TV LED Tidak Ada Gambar Semua Merk

Setelah mengetahui beberapa penyebab TV LED tidak ada gambar tetapi ada suara, selanjutnya kalian juga harus mengerti bagaimana tata cara mengatasi atau memperbaikinya. Seperti sudah kami singgung sebelumnya, salah satu cara untuk memperbaiki TV LED tidak ada gambar yaitu dengan membawanya ke teknisi atau tukang service.

Perlu diketahui, ketika kalian hendak mengunjungi tukang service atau teknisi, maka kalian perlu mempersiapkan biaya sekitar Rp 50.000Rp 75.000 sebagai ongkos pengecekan. Sementara untuk biaya service atau perbaikan TV LED tidak ada gambar sendiri biasanya tergantung pada beberapa hal, seperti ukuran serta merknya.

1. Biaya Service TV LED

Untuk saat ini, besaran biaya perbaikan TV LED tidak ada gambar di kota-kota besar tergantung ukuran layar serta merknya, entah itu Polytron, Samsung, Sharp, LG dan lain sebagainya. Daripada penasaran, langsung saja simak baik-baik biaya service TV LED tidak ada gambar namun ada suara untuk beberapa merk berdasarkan ukurannya di bawah ini.

Ukuran TV LEDBiaya Perbaikan
TV LED 19 inchRp 100.000 – Rp 150.000
TV LED 24 inchRp 150.000 – Rp 200.000
TV LED 32 inchRp 200.000 – Rp 250.000
TV LED 32 – 42 inchRp 250.000 – Rp 300.000
TV LED > 42 inchRp 300.000 ke atas

2. Biaya Penggantian Komponen

Apabila tingkat kerusakan TV LED sudah sangat parah, maka solusi terakhirnya yaitu dengan mengganti beberapa komponen dengan yang baru. Akan tetapi, perlu diingat bahwa besaran biaya penggantian komponen seperti LCD pada TV LED akan jauh lebih mahal apabila dibandingkan dengan biaya ganti LCD HP Oppo.

Oleh karena itu, sebagai bahan pertimbangan jika memang diharuskan untuk mengganti beberapa komponen, di bawah ini akan kami berikan biaya penggantian komponen TV LED tidak ada gambar untuk semua merk dan ukuran layar.

Ukuran TV LEDBiaya Perbaikan
TV LED 14 inchRp 300.000 – Rp 500.000
TV LED 19 inchRp 550.000 – Rp 750.000
TV LED 24 inchRp 800.000 – Rp 1.000.000
TV LED 32 inchRp 1.200.000 – Rp 1.750.000
TV LED 39 inchRp 1.500.000 – Rp 2.000.000
TV LED 42 inchRp 2.000.000 – Rp 3.000.000
TV LED 50 – 55 inchRp 4.000.000 – Rp 5.000.000

Catatan : Biaya perbaikan dan penggantian TV LED tidak ada gambar di atas bisa berbeda di sejumlah wilayah karena terpengaruh oleh beberapa faktor.

Tips Agar TV LED Lebih Tahan Lama

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap mengenai biaya perbaikan TV LED tidak ada gambar namun ada suara untuk semua ukuran layar serta merknya. Nah, supaya layar TV LED di rumah bisa lebih awet dan tahan lama, alangkah baiknya ikuti beberapa tips merawatnya berikut ini.

  • Jangan biarkan TV LED menyala ketika tidak ada yang menonton.
  • Jangan biarkan TV LED dalam mode standby.
  • Perhatikan letak penempatannya.
  • Pastikan ventilasi ruangan TV LED baik.
  • Sesuaikan tingkat kecerahan TV LED.
  • Sesuaikan tingkat kontras TV LED.
  • Gunakan stabilizer.
  • Pastikan TV LED terbebas dari debu.
  • Jauhkan TV LED dari perangkat elektronik lainnya seperti handphone.

Kesimpulan

Demikian sekiranya penjelasan dari Biayatarif seputar biaya perbaikan TV LED tidak ada gambar untuk semua merk dan ukuran layar dilengkapi sejumlah penyebab permasalahannya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika hendak memperbaiki TV LED tidak ada gambar ke teknisi atau tukang service terdekat.

Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *