Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

Update Biaya Ganti LCD Laptop Semua Merk & Tipe 2022

Biaya Ganti LCD Laptop

Biaya Ganti LCD Laptop – Seperti diketahui, laptop merupakan salah satu peralatan elektronik yang terbilang kuat dan menggabungkan banyak unit sistem, monitor dan berbagai kabel bersama-sama dalam satu perangkat. Kebanyakan orang menggunakan laptop sebagai salah satu alat elektronik untuk mengerjakan suatu pekerjaan.

Selain mempunyai body yang ringan dan kecil, laptop sendiri juga banyak menawarkan benefit serta fitur yang membuat banyak orang menyukainya untuk digunakan sehari-hari. Meskipun demikian, dibalik keunggulan beberapa fitur tersebut, tetap saja terdapat beberapa masalah yang sering muncul, khususnya pada layar LCD.

Adanya kerusakan pada LCD laptop sendiri sebenarnya bisa disebabkan oleh berbagai macam hal, entah itu dari faktor internal maupun eksternal. Untungnya, saat ini di hampir semua wilayah Indonesia sendiri sudah tersedia tukang service atau teknisi yang menyediakan jasa perbaikan hingga penggantian LCD laptop untuk semua ukuran.

Oleh karena itu, apabila diantara kalian berencana untuk melakukan penggantian layar LCD laptop di tukang service terdekat, ada baiknya cari tahu terlebih dahulu besaran biayanya. Untuk membantunya, kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai biaya ganti LCD laptop semua merk dan ukuran layarnya.

Ciri LCD Laptop Bermasalah

Perlu diketahui, LCD laptop merupakan komponen dengan peran sangat penting, yaitu sebagai penerjemah visual dari sistem komputer yang berada di dalamnya. Akan tetapi, LCD laptop sangat rawan terhadap kerusakan. Bahkan jika kerusakannya sudah sangat parah, maka salah satu solusi untuk mengatasinya yaitu ganti dengan yang baru.

Secara garis besarnya, ciri-ciri atau tanda-tanda kerusakan pada LCD laptop sebenarnya hampir sama untuk semua merk dan tipe. Maka dari itu, sebelum pembahasan poin utama mengenai biaya ganti LCD laptop semua merk dan ukuran layar lebih lanjut, berikut akan kami berikan sejumlah ciri-ciri kerusakannya.

  • Munculnya garis pada LCD laptop.
  • Munculnya groomy pada LCD laptop.
  • LCD laptop mengalami blank.
  • Layar LCD laptop berkedip.
  • Munculnya black spot pada LCD laptop.
  • Perubahan tampilan warna LCD laptop.
  • Munculnya distorsi pada LCD laptop.
  • Layar LCD laptop flicker atau bergoyang.
  • LCD laptop menampilkan tampilan artifact.

Penyebab LCD Laptop Rusak

Munculnya permasalahan atau kerusakan pada suatu perangkat elektronik pastinya dapat disebabkan oleh sejumlah hal, entah itu faktor internal maupun eksternal, termasuk kerusakan pada LCD laptop. Nah, sebagai bahan gambaran, di bawah ini akan kami berikan beberapa penyebab kerusakan layar LCD laptop.

  • Laptop sudah dinyalakan namun LCD tidak hidup.
  • Layar LCD terang cahaya putih sedikit kebiruan atau kehitaman.
  • Layar LCD laptop blank pasca install software.
  • Layar LCD laptop terlalu terang.
  • Layar LCD laptop sangat gelap.
  • Adanya kerusakan motherboard.
  • Adanya kerusakan kartu vidio.
  • Terdapat kabel terjepit atau rusak.
  • Terdapat masalah dengan matriks.

Usia Pakai Ideal LCD Laptop

Selain harus mengetahui besaran biaya ganti LCD laptop, tentunya kalian juga harus mengerti berapa standar atau ideal usia pemakaian komponen elektronik tersebut. Sebenarnya daya yang dibutuhkan oleh layar LCD laptop kurang lebih sekitar 22 watt dan angka tersebut dapat bervariasi, tergantung dari ukuran layar yang digunakan.

Apabila ditanya mengenai daya tahannya, LCD laptop memiliki ketahanan kurang lebih sekitar 60.000 jam, atau hanya mempunyai umur hingga 11 tahun jika digunakan selama 15 jam setiap harinya. Meskipun demikian, usia atau umur pakai LCD laptop sendiri sebenarnya sangat bergantung pada tata cara perawatannya.

Biaya Ganti LCD Laptop

Biaya Ganti Layar LCD Laptop

Setelah memahami beberapa ciri hingga penyebab kerusakan LCD laptop, maka selanjutnya kalian tinggal mencari tahu bagaimana tata cara mengatasinya. Seperti sudah kami singgung sebelumnya, apabila kerusakan LCD laptop sudah sangat parah, maka salah satu solusi untuk mengatasinya yaitu melakukan penggantian komponen.

Seperti halnya saat ganti keyboard laptop, besaran biaya penggantian LCD laptop juga nantinya akan dipengaruhi oleh beberapa hal, mulai dari merk, tipe, ukuran layar dan lain sebagainya. Di beberapa wilayah di Indonesia sendiri saat ini biaya atau ongkos jasa tukang service dan teknisi untuk ganti LCD laptop berada di kisaran Rp 80.000 sampai Rp 150.000.

Akan tetapi, perlu diingat bahwa besaran biaya tersebut belum mencakup pembelian komponen LCD laptop yang baru. Dengan kata lain, kalian perlu mempersiapkan anggaran biaya tambahan untuk pembelian komponen LCD laptop baru sesuai dengan merk, tipe serta ukuran layarnya, seperti Asus, HP, Acer, Lenovo dan lain sebagainya.

Untungnya, saat ini untuk mendapatkan LCD laptop sendiri tergolong cukup mudah, entah itu di toko-toko offline elektronik di lingkungan sekitar ataupun di toko-toko online seperti di marketplace. Untuk itu, saran kami sebaiknya kalian perlu mempersiapkan anggaran biaya pembelian LCD laptop sekitar Rp 800.000 hingga Rp 2.150.000.

Tips Merawat LCD Laptop Agar Tetap Awet

Di atas sudah dijelaskan mengenai biaya ganti LCD laptop untuk semua merk, tipe hingga ukuran layarnya dilengkapi dengan ciri beserta penyebab kerusakannya. Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, usia pakai LCD laptop sebenarnya sangat bergantung pada tata cara perawatan oleh para pemiliknya.

Dimana ketika layar LCD laptop dirawat dengan baik, maka kemungkinan besar usia pemakaiannya akan jauh lebih tahan lama daripada jangka waktu umumnya. Oleh karena itu, di bawah ini akan kami berikan beberapa tips dalam merawat layar LCD laptop supaya tetap awet dan tahan lama.

  • Atur tingkatan brightness dan contrast pada layar LCD laptop.
  • Atur time off LCD laptop.
  • Batasi penggunaan laptop.
  • Bersihkan LCD laptop dari debu dan kotoran secara rutin.
  • Jangan menutup laptop dalam kondisi panas.
  • Perhatikan ketika membuka serta menutup laptop.

Kesimpulan

Demikian sekiranya penjelasan dari Biayatarif seputar besaran biaya ganti LCD laptop untuk semua merk, tipe hingga ukuran layarnya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika ingin mengganti LCD laptop di tukang service terdekat.

Sumber gambar : pcfixlondon.com

Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *