Biaya Pindah Sekolah SMA 2022: Syarat & Cara

Biaya Pindah Sekolah SMA – Mengurus surat pindah sekolah merupakan suatu hal yang harus dilakukan ketika murid ingin berpindah ke sekolah barunya. Terdapat beberapa alasan yang menyebabkan peserta didik harus pindah sekolah, seperti pindah domisili, sekolah yang bermasalah dan lain sebagainya.

Akan tetapi, terkadang pihak sekolah seringkali enggan mengizinkan siswanya pindah apabila anak tersebut berbakat. Dengan begitu, dapat diambil kesimpulan bahwa tidak semua siswa bisa berpindah sekolah secara acak tanpa alasan yang jelas, khususnya pada jenjang SMA.

Meskipun demikian, bukan berarti semua siswa SMA tidak diperkenankan untuk pindah sekolah sama sekali. Dimana pihak sekolah akan mengizinkan siswanya untuk pindah sekolah apabila semua syarat dan ketentuannya sudah terpenuhi, salah satunya mengenai biaya administrasinya.

Maka dari itu, apabila diantara kalian berencana untuk pindah sekolah SMA, ada baiknya cari tahu terlebih dahulu besaran biayanya. Untuk membantunya, kali ini kami akan menjelaskan mengenai biaya pindah sekolah SMA dilengkapi dengan syarat dan ketentuan beserta tata caranya.

Syarat Pindah Sekolah SMA

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, terdapat beberapa syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi oleh siswa beserta orang tua/wali ketika ingin pindah sekolah SMA. Dimana syarat pindah sekolah SMA tersebut dikategorikan menjadi dua jenis, yaitu syarat umum dan syarat khusus.

Selain itu, jenis perpindahan entah itu dalam kabupaten/kota ataupun antar provinsi juga nantinya akan mempunyai sedikit perbedaan syarat. Oleh sebab itu, sebelum membahas biaya pindah sekolah SMA lebih lanjut, sebaiknya pahami beberapa syarat dan ketentuannya berikut ini.

1. Syarat Umum

  • Fotokopi ijazah yang dilegalisir.
  • Fotokopi SKHUN yang dilegalisir.
  • Fotokopi nilai rapor terakhir yang dilegalisir.
  • Surat permohonan dari orang tua/wali.
  • Surat pengantar pindah sekolah.
  • Surat penerimaan dari sekolah baru.

2. Syarat Khusus

  • Syarat pindah sekolah SMA dalam kota.
    • Surat keterangan pindah sekolah SMA asal diketahui kepala UPTD Kecamatan.
    • Surat rekomendasi sekolah SMA yang dituju dan diketahui kepala UPTD Kecamatan.
    • Map polio 1 lembar.
  • Syarat pindah sekolah SMA luar kota.
    • Surat keterangan pindah sekolah SMA asal diketahui kepala UPTD Kecamatan.
    • Map polio 1 lembar.

Cara Pindah Sekolah SMA

Cara Pindah Sekolah SMA

Selain harus mengetahui besaran biaya pindah sekolah SMA, tentunya kalian juga harus mengerti bagaimana tata cara atau alur perpindahannya. Secara garis besarnya, alur prosedur perpindahan sekolah SMA maupun SMK di semua daerah sebenarnya sama saja.

Namun, terdapat sedikit perbedaan ketika seorang siswa pindah SMA dari satu provinsi ke provinsi lainnya. Daripada penasaran, langsung saja perhatikan baik-baik tata cara pindah sekolah SMA berikut ini, entah itu antar kabupaten/kota maupun provinsi.

1. Survey Sekolah SMA Baru

Langkah pertama yang harus dilakukan oleh siswa beserta orang tuanya yaitu melakukan survey terlebih dahulu ke sekolah baru. Pastikan kalian sudah memperhitungkan segala aspek mulai dari jarak, waktu, sarana hingga prasarana yang akan dihabiskan selama bersekolah.

Selain itu, tanyakan juga kepada pihak sekolah SMA yang baru apakah masih menerima siswa baru meskipun berada di masa pertengahan semester. Apabila sekolah SMA baru masih bisa menerima anak sebagai siswa, maka pihak sekolah akan menyiapkan surat keterangan penerimaan siswa baru.

2. Persiapkan Syarat Pindah Sekolah SMA

Cara selanjutnya yaitu tinggal mempersiapkan segala syarat dan ketentuan pindah sekolah SMA seperti sudah dijelaskan sebelumnya. Biasanya sekolah asal akan mengeluarkan surat rujukan untuk dibawa ke dinas pendidikan terkait.

Silahkan bawa surat keterangan tersebut. Di dinas pendidikan sendiri, kalian akan mengurus mutasi siswa. Dimana pihak dinas pendidikan nantinya akan memberikan berkas yang dibutuhkan, seperti surat tanda bukti pengajuan mutasi siswa, data mutasi siswa hingga kode validasi.

Perlu diketahui, kode validasi tersebut menjadi bukti transaksi ke sistem Data Pokok Kependidikan Nasional. Khusus untuk pindah sekolah SMA antar provinsi, siswa harus meminta surat keterangan dari dinas pendidikan provinsi (namun tergantung kebijakan sekolah tujuan apakah mereka meminta atau tidak).

3. Proses Verifikasi sesuai Kebutuhan Sekolah SMA

Setelah semua syarat dan ketentuan pindah sekolah SMA sudah terpenuhi, maka tahap selanjutnya tinggal menunggu proses verifikasi sesuai kebutuhan sekolah baru. Pada tahap ini, kalian hanya perlu menunggu jawaban dari sekolah SMA baru.

4. Siswa Pindah ke Sekolah SMA Baru

Apabila surat keterangan dari pihak sekolah lama dan dinas pendidikan sudah selesai, maka kalian pergi sekolah baru. Dimana berbagai macam dokumen yang sudah dibuat kepada pihak sekolah SMA baru untuk kemudian dibuatkan data barunya. Apabila sudah sampai pada tahap ini, maka akan sudah bisa ikut belajar di sekolah SMA barunya.

Biaya Pindah Sekolah SMA

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap mengenai syarat dan ketentuan hingga tata cara pindah sekolah SMA di semua wilayah Indonesia. Nah, langkah selanjutnya yaitu tinggal mencari tahu berapa besar biaya administrasi yang dibutuhkan untuk pindah sekolah SMA tersebut.

Seperti sudah kami singgung sebelumnya, cara pindah sekolah SD, SLTP dan SMA tidaklah berbeda, hanya saja untuk biaya yang dibutuhkan akan berbeda. Dimana perbedaan biaya yang paling terlihat yaitu tentang biaya gedung apabila dipindahkan pada sekolahan swasta.

Namun, apabila kalian tetap memasukkan siswa pada sekolah negeri, maka biaya yang nantinya akan dikeluarkan tidaklah banyak. Seperti halnya biaya masuk SMA Al Azhar Jakarta, cara belajar juga nantinya akan menentukan biaya karena pada sekolah baru biasanya berbeda buku panduan belajar sehingga kalian harus mempersiapkan anggaran dana untuk beli buku.

Kemudian dari segi seragam olahraga dan batik juga harus dibeli yang baru karena setiap sekolah SMA mempunyai ciri khas tersendiri. Jadi, pada intinya besaran biaya pindah sekolah SMA di semua daerah Indonesia nantinya akan bergantung pada kebijakan sekolah itu sendiri.

Kesimpulan

Demikian sekiranya penjelasan dari Biayatarif seputar besaran biaya pindah sekolah SMA di semua wilayah Indonesia dilengkapi dengan syarat dan ketentuan beserta tata caranya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika ingin pindah sekolah SMA, entah itu sekolah negeri maupun swasta.

Sumber gambar : sman56.sch.id

Tinggalkan komentar