Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

10 Biaya Pondok Pesantren di Jawa Timur 2021 (Putra & Putri)

Biaya Pondok Pesantren di Jawa Timur

Biaya Pondok Pesantren di Jawa Timur – Seperti diketahui, terdapat berbagai macam fasilitas pendidikan yang bisa orang tua pilih untuk menunjang proses pembelajaran anak-anaknya. Sebab, di Indonesia sendiri saat ini sudah tersedia cukup banyak jenis pendidikan, mulai dari sekolah formal, homeschooling hingga pondok pesantren.

Sekolah formal ataupun homeschooling mungkin sudah cukup populer serta banyak informasi yang bisa didapat dengan mudah oleh masyarakat. Lain halnya dengan pondok pesantren atau ponpes. Dimana pendidikan non-formal berbasis agama Islam tersebut biasanya lebih diminati oleh masyarakat daerah.

Salah satu daerah di Indonesia yang sudah cukup terkenal dengan gudangnya pondok pesantren berkualitas dengan prestasi mentereng yaitu Jawa Timur. Pasalnya, di Jawa Timur sendiri saat ini sudah tersedia berbagai macam pilihan pondok pesantren yang dapat dipilih sesuai kebutuhan serta keinginan masyarakat.

Nah, jika diantara kalian ada yang berminat untuk melanjutkan pendidikan di salah satu pondok pesantren di Jawa Timur, ada baiknya cari tahu terlebih dahulu besaran biaya administrasinya. Untuk membantunya, pada kesempatan kali ini kami akan membahas secara lengkap rincian biaya pondok pesantren di Jawa Timur murah namun berkualitas.

Daftar Pondok Pesantren Berkualitas di Jawa Timur

Daftar Pondok Pesantren Berkualitas di Jawa Timur

Sebelum pembahasan utama mengenai rincian biaya pondok pesantren di Jawa Timur lebih lanjut, ada baiknya pahami terlebih dahulu beberapa daftarnya. Di bawah ini akan kami berikan kumpulan daftar pondok pesantren berkualitas di Jawa Timur yang menawarkan uang pendidikan murah kepada para calon santri, baik itu pondok pesantren putra ataupun putri.

  1. Ponpes Modern Darussalam Gontor
  2. Ponpes Sidogiri
  3. Ponpes Langitan
  4. Ponpes Lirboyo
  5. Ponpes Tebuireng
  6. Ponpes Mambaul Ulum Bata-Bata
  7. Ponpes Al Amien Prenduan
  8. Ponpes Darul Ulum
  9. Ponpes Mambaus Shalihin Suci
  10. Ponpes Salafiyah Salafiyah Syafi’iyah

Biaya Pondok Pesantren di Jawa Timur

Setelah mengetahui daftar pondok pesantren berkualitas di Kabupaten Jawa Timur, selanjutnya kalian juga harus mengerti berapa besar biaya administrasinya. Daripada penasaran, langsung saja perhatikan baik-baik besaran biaya Pondok Pesantren di Jawa Timur berikut ini.

1. Pondok Pesantren Modern Darussalam Gontor

Biaya Pondok Pesantren Modern Darussalam Gontor

Pondok pesantren berkualitas pertama di Jawa Timur yaitu Pondok Pesantren Modern Darussalam Gontor. PONDOK PESANTREN DARUSSALAM GONTOR memiliki ketentuan biaya administrasi terbilang cukup murah kepada calon santrinya, yaitu kurang lebih sekitar Rp 6.142.000 untuk putra serta Rp 6.297.000 untuk putri.

Dimana di dalam biaya Pondok Pesantren Gontor tersebut sudah termasuk uang pangkal masuk KMI, uang penambahan bangunan baru, uang sumbangan pembangunan gedung dan lain sebagainya. Jadi, biaya masuk Ponpes Gontor tersebut sudah mencakup semua hal yang nantinya akan didapatkan oleh santri.

2. Pondok Pesantren Sidogiri

Biaya Pondok Pesantren Sidogiri

Selanjutnya yaitu ada Pondok Pesantren Sidogiri. Pondok pesantren tersebut terletak di Sidogiri, Kecamatan Kraton, Pasuruan, Jawa Timur. Perlu diketahui, Ponpes Sidogiri masih menggunakan sistem pendidikan salaf dan tidak mendirikan sekolah formal kepada para santrinya. Untuk masuk ke Ponpes Sidogiri, kalian perlu mempersiapkan biaya sebesar Rp 2.320.000.

3. Pondok Pesantren Langitan

Biaya Pondok Pesantren Langitan

Pondok Pesantren Langitan yang terletak di Dusun Mandungan, Desan Widang, Kecamatan Widang, Tuban, Jawa Timur merupakan salah satu lembaga Islam tertua di Indonesia. Untuk besaran biaya masuk salah satu pondok pesantren terbaik di Jawa Timur ini sendiri sebenarnya cukup murah, yaitu sebesar Rp 600.000 sampai Rp 700.000 saja, tergantung pada jenjang pendidikannya.

4. Pondok Pesantren Lirboyo

Biaya Pondok Pesantren Lirboyo

Sebagian besar warga kota Jawa Timur pasti sudah tidak asing lagi dengan Pondok Pesantren Lirboyo. Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya Ponpes Lirboyo sudah berkembang menjadi pusat studi Islam sejak puluhan tahun, bahkan sebelum kemerdekaan Republik Indonesia. Agar bisa menempuh pendidikan di PONDOK PESANTREN LIRBOYO, kalian perlu mempersiapkan biaya sebesar Rp 800.000 sampai Rp 900.000.

5. Pondok Pesantren Tebuireng

Pondok Pesantren Tebuireng

Rekomendasi pondok pesantren berkualitas di Jawa Timur selanjutnya yaitu Tebuireng. Pondok pesantren yang terletak di Jombang Jawa Timur memberikan pembelajaran mengenai ilmu syari’at, Bahasa Arab dan Agama Islam serta pelajaran umum lainnya. Karena kualitasnya tersebut membuat biaya masuk Pondok Pesantren Tebuireng Jawa Timur sedikit lebih mahal dari ponpes lainnya, yaitu sekitar Rp 9.200.000 hingga Rp 9.900.000.

6. Pondok Pesantren Mambaul Ulum Bata-Bata

Pondok Pesantren Mambaul Ulum Bata Bata

Pondok Pesantren Mambaul Ulum Bata-Bata sudah terkenal menjadi salah satu Ponpes terbaik di Jawa Timur yang menjadi incaran banyak orang. Hal ini dikarenakan pondok pesantren tersebut memberikan pengajaran berkualitas dengan fasilitas memadai. Biaya pendaftaran Ponpes Mambaul Ulum Bata-Bata juga tergolong cukup terjangkau, yaitu hanya sekitar Rp 1.200.000 saja.

7. Pondok Pesantren Al Amien Prenduan

Pondok Pesantren Al Amien Prenduan

Pondok pesantren terbaik lainnya di daerah Jawa Timur yaitu Ponpes Al Amin Prenduan. Agar bisa menempuh jenjang pendidikan di ponpes tersebut, para calon santri perlu membayar biaya administrasi pendaftaran sebesar Rp 5.100.000 sampai Rp 5.700.000, tergantung dengan jenjang pendidikannya. Perlu diketahui, Pondok Pesantren Al Amien Prenduan Jawa Timur menyediakan fasilitas pendidikan baik itu untuk santri putra maupun putri.

8. Pondok Pesantren Darul Ulum

Pondok Pesantren Darul Ulum

Pondok Pesantren Darul Ulum termasuk ke dalam daftar Ponpes berkualitas dengan biaya murah selanjutnya di Jawa Timur. Dimana pondok pesantren tersebut menyediakan beberapa jenjang pendidikan seperti Sekolah Formal Negeri, Madrasah Plus, Sekolah Unggulan,Sekolah Kejuruan serta Madrasah Khusus Al Quran. Untuk besaran biaya masuk Pondok Pesantren Darul Ulum sendiri berada di kisaran Rp 1.900.000 hingga Rp 2.600.000, tergantung jenjang pendidikannya.

9. Pondok Pesantren Mambaus Shalihin Suci

Pondok Pesantren Mambaus Shalihin Suci

Tidak jauh berbeda dengan Ponpes Darul Ulum, Ponpes Mambaus Shalihin Suci juga menyediakan beberapa jenjang pendidikan kepada para santri. Maka dari itu, besaran uang pendaftaran Pondok Pesantren Mambaus Shalihin Suci Jawa Timur juga cukup bervariasi, mulai dari Rp 600.000 hingga Rp 3.200.000.

10. Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’iyah

Pondok Pesantren Salafiyah Syafiiyah

Rekomendasi pondok pesantren berkualitas tapi murah terakhir yaitu Ponpes Salafiyah Syafi’iyah. Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’iyah membebankan santrinya untuk membayar beberapa biaya administrasi seperti Uang Tahunan Pesantren (UTAP), biaya seragam santri serta biaya kitab. Untuk besaran biaya administrasinya sendiri berada di kisaran Rp 1.400.000 sampai Rp 2.000.000.

Tips Memilih Pondok Pesantren

Tips Memilih Pondok Pesantren

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap mengenai daftar pondok pesantren berkualitas di Jawa Timur dilengkapi besaran biaya administrasinya. Selanjutnya di bawah ini juga akan dijelaskan beberapa tips dalam memilih pondok pesantren untuk anak-anak.

  • Tentukan model pendidikan pondok pesantren.
  • Cermati pola pangasuhan santri.
  • Pelajari proses pembelajaran pondok pesantren.
  • Pilihlah pondok pesantren yang strategis.
  • Pilihlah pesantren indah serta nyaman.

Kesimpulan

Dari pembahasan di atas dapat disimpulkan bahwa beberapa pondok pesantren di Jawa Timur memiliki sejumlah keunggulan serta kelemahannya masing-masing. Selain itu, untuk besaran biaya administrasinya sendiri sebenarnya tergantung dari jenjang pendidikannya.

Itulah sekiranya pembahasan dari Biayatarif seputar besaran biaya pondok pesantren di Jawa Timur untuk semua jenjang pendidikannya. Semoga informasi di atas bisa dijadikan sebagai bahan pertimbangan ketika hendak memilih salah satu pondok pesantren berkualitas di Jawa Timur.

Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

Biaya Perpanjangan SIM C 2021

Sofyan
3 min read

Biaya UTBK 2021

Sofyan
3 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *