Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

2 Biaya Masuk Pondok Pesantren Al Bahjah 2022 : Putra & Putri

Biaya Masuk Pondok Pesantren Al Bahjah

Biaya Masuk Pondok Pesantren Al Bahjah – Pondok Pesantren Tahfidz Al Bahjah Cirebon belakangan ini menjadi cukup populer di kalangan masyarakat Indonesia. Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya salah satu alasan mengapa Pondok Pesantren Al Bahjah menjadi fenomenal yaitu karena sosok Buya Yahya sebagai pengasuh yang sudah dikenal luas di seluruh Indonesia.

Pondok Pesantren yang terletak di Jl. Pangeran Cakrabuana No. 179 Blok Gudang Air, Kelurahan Sendang, Kecamatan Sumber, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat ini sudah mengasuh sekitar 80 santri putra dan putri. Menariknya lagi, pengajar di Ponpes Al Bahjah juga diambil dari para alumni lembaga pendidikan dalam serta luar negeri sehingga sangat berkualitas.

Seperti halnya pondok pesantren pada umumnya, tentunya Ponpes Al Bahjah setiap tahun membuka pendaftaran bagi calon santri yang ingin melanjutkan jenjang pendidikannya. Akan tetapi, pastinya setiap calon santri tersebut wajib memenuhi beberapa syarat dan ketentuan pendaftarannya, salah satunya yaitu mengenai biaya administrasi ataupun pendidikannya.

Maka dari itu, jika kalian berencana masuk ke Pondok Pesantren Al Bahjah, ada baiknya cari tahu terlebih dahulu besaran biayanya. Nah, untuk membantunya pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai biaya masuk Pondok Pesantren Al Bahjah untuk semua jenjang pendidikan dilengkapi syarat hingga tata cara pendaftarannya.

Jenjang Pendidikan Pondok Pesantren Al Bahjah

Jenjang Pendidikan Pondok Pesantren Al Bahjah

Sebelum membahas biaya masuk Pondok Pesantren Al Bahjah lebih lanjut, ada baiknya pahami terlebih dahulu beberapa jenjang pendidikannya. Hingga saat ini, Pondok Pesantren Al Bahjah sendiri sudah menyediakan beberapa pilihan jenjang pendidikan kepada calon santri, mulai dari pendidikan formal hingga non formal.

Kesehatan

Pondok Pesantren Al Bahjah juga kerap mengadakan lomba antar santri dalam aspek tahfidz Quran sehingga hafalan Quran tumbuh dalam miliu yang sangat edukatif. Adapun beberapa jenjang pendidikan di Pondok Pesantren Al Bahjah tersebut diantaranya yaitu seperti di bawah ini.

  • Pendidikan Non Formal
    • Tahfidz
    • Tafaqquh
  • Pendidikan Formal
    • SDIQU
    • SMPIQU
    • SMAIQU
    • STAIBA

Syarat Masuk Pondok Pesantren Al Bahjah

Ketika seseorang hendak mendaftarkan diri di Pondok Pesantren Al Bahjah, tentunya mereka perlu memenuhi beberapa syarat serta ketentuannya. Secara garis besar, syarat masuk Pondok Pesantren Al Bahjah sendiri tergolong cukup ringan. Daripada penasaran, berikut adalah sejumlah syarat dan ketentuan masuk Pondok Pesantren Al Bahjah.

  • Usia calon santri mulai dari 8 tahun hingga 12 tahun.
  • Melampirkan fotokopi KTP orang tua atau wali.
  • Menyerahkan fotokopi rapor selama sekolah.
  • Melampirkan fotokopi akta kelahiran.
  • Melampirkan foto berwarna ukuran 3×4 sebanyak 2 lembar.
  • Mengikuti seleksi mabit atau menginap selama 3 hari dengan materi tes :
    • Bacaan Alquran.
    • Bacaan Shalat.
    • Akhlak.
    • Kemandirian dan kesungguhan.
  • Wawancara bersama orang tua atau wali santri (bersamaan ketika seleksi awal mabit dan tidak boleh diwakilkan).
  • Membayar biaya administrasi pendaftaran Pondok Pesantren Al Bahjah.

Cara Daftar Pondok Pesantren Al Bahjah

Perlu diketahui, Pondok Pesantren Al Bahjah tidak membuka pendaftaran santri baru secara online layaknya Pondok Pesantren Al Andalus Jonggol. Pasalnya untuk saat ini, pendaftaran santri baru hanya dapat dilakukan secara offline di Pondok Pesantren Al Bahjah sesuai dengan jenjang pendidikannya, entah pendidikan formal maupun non formal.

Ketika hendak mendaftarkan diri menempuh jenjang pendidikan di Pondok Pesantren Al Bahjah, saran kami sebaiknya penuhi semua syarat dan ketentuannya di atas. Hal ini dikarenakan syarat dan ketentuan tersebut merupakan hal utama supaya santri putra dan putri dapat diterima di Pondok Pesantren Al Bahjah Cirebon.

Biaya Masuk Pondok Pesantren Al Bahjah

Setelah mengetahui beberapa syarat dan ketentuan hingga cara masuk Pondok Pesantren Al Bahjah, selanjutnya kalian juga harus mengerti berapa besar biaya pendidikannya. Seperti dijelaskan sebelumnya, Pondok Pesantren Al Bahjah memiliki 2 jenis jenjang pendidikan, yaitu formal serta non formal.

Ketika pertama kali mendaftarkan diri, calon santri akan dikenai biaya administrasi pendaftaran sebesar Rp 400.000, hampir sama seperti saat mendaftar di Pondok Pesantren Daar el Qolam. Agar lebih jelasnya, berikut akan kami bahas secara lengkap mengenai biaya masuk Pondok Pesantren Al Bahjah untuk semua jenjang pendidikan, entah itu santri putra maupun putri.

1. Pendidikan Non Formal

Hingga kini, Pondok Pesantren Al Bahjah menyediakan 2 pilihan program pendidikan non formal kepada calon santri, yakni Tahfidz dan Tafaqquh. Dimana kedua program tersebut memang dikhususkan untuk menghafal Quran. Berikut adalah rincian biaya pendidikannya.

KeteranganBiaya
TahfidzBiaya Awal Masuk : Rp 3.445.000
Biaya SPP Bulanan : Rp 510.000
TafaqquhBiaya Awal Masuk : Rp 5.500.000
Biaya SPP Bulanan : Rp 1.000.000

2. Pendidikan Formal

Selain menghadirkan program pendidikan non formal, Pondok Pesantren Al Bahjah juga memiliki pembelajaran pendidikan formal, mulai dari tingkat SD, SMP, SMA hingga Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI). Besaran biaya masuk pendidikan formal di Pondok Pesantren Al Bahjah lebih tinggi ketimbang non formal.

KeteranganBiaya
SDIQUBiaya Pendaftaran : Rp 400.000
SMPIQUBiaya Administrasi Awal Tes : Rp 400.000
Biaya Masuk Awal : Rp 12.000.000
Biaya SPP Bulanan : Rp 975.000
SMAIQUBiaya Masuk Awal : Rp 14.000.000
Biaya SPP Bulanan : Rp 1.050.000

Pihak Pondok Pesantren Al Bahjah untuk saat ini belum memberikan informasi mengenai biaya pendidikan untuk jenjang STAIB.

Call Center Pondok Pesantren Al Bahjah

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap mengenai besaran biaya masuk Pondok Pesantren Al Bahjah untuk semua jenjang pendidikannya, entah itu bagi santri putra maupun putri. Apabila masih bingung, saran kami sebaiknya tanyakan secara langsung kepada pihak customer service Ponpes Al Bahjah secara langsung melalui beberapa contact center berikut ini.

  • Telepon : 091222722164 / 0231 830 9149
  • Facebook : @albahjahtv
  • Twitter : @albahjahtv
  • Instagram : @albahjahtv

Kesimpulan

Demikian sekiranya penjelasan dari Biayatarif seputar biaya masuk Pondok Pesantren Al Bahjah untuk semua jenjang pendidikannya, entah itu bagi santri putra maupun putri. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika hendak mendaftarkan diri di Pondok Pesantren Al Bahjah.

Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.