Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

Biaya Rontgen Thorax di Pramita Lab

Biaya Rontgen Thorax di Pramita Lab

Biaya Rontgen Thorax di Pramita Lab – Rontgen thorax atau juga biasa disebut rontgen dada merupakan sebuah prosedur pemeriksaan menggunakan teknologi radiasi gelombang elektromagnetik. Melalui rontgen thorax, dokter bisa melihat gambaran bagian ataupun organ di dalam dada pasien.

Dimana tujuan utama dilakukannya rontgen thorax yaitu untuk mengevaluasi atau mengidentifikasi kondisi paru-paru, jantung serta dinding dada seseorang. Dengan begitu, risiko terserang penyakit ataupun gangguan medis lainnya pada bagian dada pasien bisa dicegah sedini mungkin.

Di Indonesia sendiri saat ini sudah tersedia cuku banyak beberapa pusat pelayanan kesehatan yang menyediakan jasa rontgen thorax, salah satunya yaitu Klinik Laboratorium Pramita. Seperti halnya kegiatan MEDICAL CHECK UP, rontgen dada di Pramita Lab juga memiliki ketentuan terkait tarif atau harga jasa pelayanannya.

Oleh sebab itu, sebelum mengunjungi Klinik Laboratorium Pramita terdekat untuk melakukan rontgen thorax, alangkah baiknya ketahui terlebih dahulu besaran biayanya. Nah, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai rincian biaya rontgen thorax di Pramita Lab semua cabang di Indonesia.

Manfaat Rontgen Thorax

Manfaat Rontgen Thorax

Seperti dijelaskan di atas, tujuan melakukan rontgen thorax yaitu untuk mengetahui kondisi kesehatan tubuh seseorang, terutama pada bagian dada. Adapun beberapa manfaat lainnya dalam prosedur rontgen thorax di Pramita Lab diantaranya yaitu seperti berikut ini.

  • Mengidentifikasi masalah paru-paru seperti kanker, infeksi, penggumpalan darah serta kondisi kronis paru lainnya.
  • Mengidentifikasi masalah jantung terkait dengan paru-paru.
  • Mengindikasikan perubahan ukuran dan bentuk jantung.
  • Mengindikasikan masalah pembuluh darah.
  • Mengindikasikan penyakit jantung bawaan.
  • Mendeteksi adanya kalsium dalam jantung maupun pembuluh darah.
  • Mendeteksi patah tulang rusuk ataupun tulang belakang.
  • Memantau proses penyembuhan pasien setelah melakukan operasi pada dada.
  • Memantau kondisi peralatan medis di dalam tubuh seperti alat pacu jantung, defibrilator hingga kateter.

Waktu Ideal Rontgen Thorax

Waktu Ideal Rontgen Thorax

Perlu diketahui, rontgen thorax merupakan prosedur pertama yang akan dilakukan oleh seseorang apabila diduga memiliki penyakit jantung atau paru-paru. Rontgen dada juga dapat digunakan untuk memeriksa respons pasien terhadap tindakan pengobatan.

Selain itu, rontgen thorax juga akan disarankan oleh dokter apabila pasien memiliki beberapa gejala. Sebelum membahas biaya rontgen thorax di Pramita Lab lebih lanjut, sebaiknya pahami terlebih dahulu beberapa gejalanya di bawah ini.

  • Batuk berkepanjangan dan tidak kunjung sembuh.
  • Nyeri pada dada karena pernah mengalami cedera seperti patah tulang rusuk ataupun komplikasi paru.
  • Batuk berdarah.
  • Sesak napas.
  • Demam tinggi.

Prosedur Rontgen Thorax di Pramita Lab

Prosedur Rontgen Thorax di Pramita Lab

Selain harus membayar biaya rontgen thorax di Pramita Lab, pasien juga diwajibkan mengikuti seluruh rangkaian prosedur pelaksanaannya. Ada beberapa tahapan yang harus dilalui oleh pasien, yaitu tahap persiapan, proses rontgen hingga tahap akhir.

Secara garis besar, rontgen thorax tidak membutuhkan persiapan khusus dari pasien. Agar lebih jelasnya, berikut akan kami jelaskan prosedur atau tahapan rontgen thorax di Klinik Laboratorium Prodia.

Persiapan

Pertama-tama, pasien biasanya akan diminta menanggalkan beberapa atau seluruh pakaian, perhiasan serta aksesoris yang dikenakan. Kemudian pasien juga diminta mengenakan pakaian khusus yang sudah disediakan oleh pihak Klinik Lab Pramita.

Proses Rontgen Thorax

Setelah itu, pasien akan diposisikan berbaring, duduk ataupun berdiri, tergantung pada kebutuhan pengambilan gambar rontgen thorax. Lalu, pasien diminta mendorong bahu ke depan, mengambil napas panjang lalu menahannya sampai rontgen thorax dilakukan.

Apabila pasien tidak mampu menahan napas terlalu lama, petugas medis biasanya akan mengambil gambar sambil memperhatikan gerakan napas pasien. Selama proses berlangsung, usahakan tidak melakukan gerakan sekecil apapin agar kualitas gambar bisa lebih detail.

Tahap Akhir

Setelah gambar kondisi bagian dada didapatkan, kemudian pasien diminta mengenakan kembali pakaian mereka. Setelah itu, tunggulah sampai dokter selesai menganalisis hasil gambar rontgen thorax pasien. Jika memang diperlukan tindakan lanjutan, dokter umumnya akan menjelaskan bagaimana langkah lanjutannya.

Biaya Rontgen Thorax di Pramita Lab

Biaya Rontgen Thorax di Pramita Lab Semua Cabang

Mungkin biaya rontgen thorax di Pramita Lab hampir sama seperti kegiatan RONTGEN DADA DI KLINIK PRODIA. Sebab, prosedur yang digunakan untuk mengambil gambar atau kondisi dada pasien oleh kedua klinik tersebut tidak berbeda jauh.

Saat ini, rata-rata cabang Klinik Laboratorium Pramita mematok tarif atau harga jasa pelayanan rontgen thorax mulai dari Rp 190.000 sampai Rp 400.000. Besaran biaya rontgen thorax di Pramita Lab tersebut biasanya dipengaruhi oleh kelengkapan peralatan medis, tingkat penyulit serta risiko pemeriksaannya.

Apabila hasil rontgen dada mengharuskan pasien melakukan tindakan medis lanjutan, maka pasien tersebut juga harus membayar biaya tambahan. Oleh sebab itu, sebaiknya siapkan dana melebihi perkiraan di atas untuk berjaga-jaga apabila terjadi hal-hal di luar dugaan.

Risiko Rontgen Thorax di Pramita Lab

Risiko Rontgen Thorax di Pramita Lab

Di atas sudah kami jelaskan secara lengkap mengenai rincian biaya rontgen thorax di Pramita Lab semua cabang di Indonesia. Meskipun rontgen dada di Klinik Pramita merupakan prosedur aman dilakukan, namun tidak menutup kemungkinan akan timbul beberapa efek samping atau risiko kepada para pasiennya.

Sebenarnya prosedur rontgen thorax menggunakan x-ray hanya mengeluarkan sedikit radiasi saja sehingga jumlah ekspos sinar masih dianggap aman untuk sebagian orang dewasa. Mungkin pasien hanya merasakan sedikit tidak nyaman pada saat prosedur pengambilan gambar dilakukan.

Di sisi lain, jika prosedur rontgen thorax memerlukan penelanan ataupun penyuntikkan zat kontras, maka beberapa pasien bisa mengalami alergi. Reaksi alergi yang bisa dialami oleh pasien yaitu seperti timbul kemerahan pada kulit, gatal serta mual-mual.

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa besaran tarif pelayanan rontgen thorax di Pramita Lab tergantung pada kelengkapan peralatan medis, tingkat penyulit serta risiko pemeriksaannya. Selain itu, biaya di atas bisa berubah sewaktu-waktu sesuai kebijakan dari Laboratorium Klinik Pramita.

Demikian penjelasan dari Biayatarif seputar rincian biaya rontgen thorax di Pramita Lab untuk semua cabang di Indonesia. Semoga informasi di atas bermanfaat serta dapat dijadikan gambaran ketika hendak melakukan rontgen thorax di Klinik Pramita terdekat.

Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

Biaya Tes HIV di Prodia

Sofyan
2 min read

Biaya Medical Check Up

Sofyan
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *